6 Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Leher Karena Sering Ngadep Laptop. Nggak Sampai 5 Menit!

Sakit leher

Bekerja di depan laptop atau komputer dalam jangka waktu yang lama bikin kita jadi mudah lelah. Nggak heran kalau banyak yang mengeluh sakit leher belakang yang mengganggu kenyamanan. Nyeri leher bisa dipicu oleh postur duduk yang kurang baik, terlalu lama dengan posisi yang sama bahkan jarang bergerak juga menjadi penyebabnya. Sakit leher berkepanjangan nggak boleh dibiarkan begitu saja. Perlu penanganan yang cepat supaya efeknya bisa diminimalisir.

Advertisement

Untuk sakit leher yang ringan ternyata dapat ditangani sendiri di rumah, minim risiko dan nggak butuh waktu yang lama. Beragam cara sederhana ini bisa kamu ikuti saat sakit leher dan pundak mulai menyerang. Apa saja tahapannya? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Sakit leher sebelah kanan yang disebabkan karena duduk dengan posisi yang menyamping berjam-jam bisa dikurangi dengan gerakan otot leher secara melingkar searah jarum jam

nyeri leher bagian belakang I Credit: Karolina Grabowska via www.pexels.com

Cara mengobati sakit leher sebelah kanan yang paling praktis dengan latihan peregangan. Otot yang kaku bisa jadi penyebab nyeri yang tak tertahankan. Awali dengan posisi yang santai, kemudian putar kepala secara melingkar dari dari atas, kanan, bawah, kiri, dan kembali ke atas sesuai dengan jarum jam. Lakukan selama 5-10 kali, lalu putar kepala dengan gerakan ke arah berlawanan. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, lambat laun sakit leher kanan bisa teratasi.

2. Pijat otot leher yang sakit dengan handuk, cara ini dinilai bisa mengembalikan kelenturan otot leher yang tegang. Jangan menarik terlalu kuat, ya

sakit leher I Credit: Maria Orlova via www.pexels.com

Bisa terjadi secara bersamaan sakit leher dan kepala yang kadang datangnya tak terduga. Kejadian ini juga dipicu karena pikiran yang tegang atau terlalu banyak tekanan. Coba tenangkan selama beberapa menit, nggak sampai 5 menit kamu bisa melanjutkan pekerjaan kembali. Dikutip dari Brightside.me memijat dengan mengalungkan handuk di belakang leher bisa mengurangi rasa nyeri lo.

Advertisement

Pertama, tarik handuk ke depan dengan kedua tangan, berikan tekanan ringan pada leher. Jika yang sakit leher sebelah kiri, maka putar kepala ke kiri dan tahan posisinya selama beberapa detik. Sakit leher salah bantal disarankan jangan melakukan gerakan memutar yang kuat, sebab bisa memicu cedera yang serius.

3. Baik nyeri leher karena posisi duduk yang salah atau sakit leher salah tidur bisa diatasi dengan kompres air dingin. Jangan langsung ditempelkan ke kulit, bungkus dahulu menggunakan handuk

posisi duduk bisa menyebabkan nyeri leher I Credit: Tran Mau Tri Tam via unsplash.com

Sakit leher belakang sebelah kiri memang bikin nggak nyaman, gerakan jadi terbatas padahal banyak aktivitas. Untuk mengurangi rasa sakit leher kiri, kamu bisa mengompresnya dengan es batu. Efek dinginnya dapat merelaksasi otot-otot serta menimbulkan rasa kebas di daerah yang nyeri. Namun perlu diperhatikan penggunannya, jangan langsung tempelkan es batu ke kulit, melainkan dibungkus dulu dengan handuk atau wadah perantara lain.

4. Gunakan balsem pereda nyeri atau kamu bisa pakai koyo di leher. Jangan langsung ditempel di tengah, gunting jadi dua bagian baru letakkan di samping leher

posisi koyo yang benar I Credit: Temonggo via temonggo.com

Gunakan balsem atau koyo pada bagian leher yang sakit, kandungan bahan aktif seperti capsaicin, camphor, atau mentol bisa menekan sinyal rasa sakit ke otak. Untuk penggunaan koyo di leher, gunting dulu menjadi dua bagian lalu tempel di samping kanan dan kiri. Lepaskan koyo setelah dirasa efek panasnya hilang atau jika kulit justru iritasi, hentikan penggunaan.

Advertisement

5. Minum obat pereda nyeri jika sakit tak berkesudahan, pastikan sesuai dengan aturan pakai dan anjuran dokter

ilustrasi obat pereda nyeri I Credit: AlexLipa via id.depositphotos.com

Paracetamol atau Ibuprofen biasanya dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit pada leher. Dokter juga dapat memberikan obat pereda nyeri jenis lain saat sakit tidak tertahankan atau berkepanjangan. Misalnya obat antidepresan golongan trisiklik yang pemakaiannya harus menggunakan resep. Sebelum pemakaian obat, kamu bisa lo, perbaiki posisi tidur untuk sakit leher. Pastikan posisi kepala sudah tepat, tidak terlalu tinggi atau rendah. Gunakan bantal yang datar jenis foam atau neck roll untuk menyangga kepala.

6. Sedikit rumit tapi sebanding dengan efeknya. Gunakan larutan garam mandi untuk berendam sebab bisa melancarkan sirkulasi darah

garam mandi I Credit: Jess Vide via www.pexels.com

Larutan garam mandi dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku, mengurangi stres dan melancarkan sirkulasi darah. Selain mengurangi sakit leher, kandungan di dalamnya jika dipakai untuk berendam dapat sekaligus menenagkan pikiran. Bath salt merupakan mineral yang berasal dari laut dan mengandung Magnesium sulfat, Natrium klorida, hingga Natrium sitrat. Maka nggak heran banyak manfaat untuk kesehatan yang juga sering digunakan untuk perawatan.

Itulah 6 cara sederhana meredakan sakit leher yang kaku. Semoga permasalahan nyeri lehermu bisa teratasi ya, jangan lupa terapkan posisi tidur yang benar supaya efeknya bisa diminimalisir. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE