Godaan makanan memang dapat memuaskan rasa lapar yang menggerayangi kamu sesaat. Entah itu makanan berat maupun cemilan, selalu saja sukses memberi lidahmu kenikmatan-kenikmatan tak tertandingi. Apalagi kalau kuliner itu termasuk kesukaanmu – tentu nggak cukup sekali atau dua kali memakannya.

Namun, jika kamu konsumsi secara berlebih, beberapa makanan justru bisa berbahaya untuk kulitmu. Bukan cuma bikin kusam, tapi cepat keriput juga. Serem!

Oleh karena itu, Hipwee Tips telah merangkum makanan-makanan dan minuman yang berpotensi merusak kulit. Meski sekarang kamu merasa kulitmu sudah mulus dan sehat, informasi ini tetap layak untuk kamu simak!

1. Kandungan gula yang ada pada nasi putih bisa memicu keriput. Bahkan, bisa menimbulkan jerawat

nasi putih via livestrong.com

Kebiasaan orang Indonesia kalau belum makan nasi berarti belum makan. Padahal sebelumnya telah mengonsumsi berbagai cemilan berat seperti roti, gorengan, dan lontong sayur. Oleh karena itu, bisa dibilang masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi nasi putih memang cukup sering – meski sebenarnya kurang baik bagi kesehatan kulit.

Advertisement

Hal ini karena kandungan gula pada nasi putih bisa memicu keriput. Ketika mengonsumsi nasi putih, tubuhmu otomastis akan memetabolisme karbohidrat sederhana dengan mengonversinya menjadi glukosa. Konversi yang terjadi ini bisa merusak jaringan kolagen kulit, sehingga kulitmu tak lagi sekencang dulu.

“Gula juga menyebabkan peradangan yang membuat kulit jadi berjerawat.” – jelas Ava Shamban, assistant clinical professor of dermatology di UCLA.

seperti dikutip dari liputan6.com

2. Lezatnya makanan cepat saji memang menggirukan. Namun kandungan lemaknya bisa membuat wajahmu mudah berjerawat

junk food via rd.com

Meski lezat dan cepat saji, junk food dengan bentuk apapun tetap tidak baik untuk kesehatan. Namun, makanan yang biasanya digemari oleh anak-anak, remaja, hingga kamu yang berusia dewasa awal ini sebetulnya kurang baik untuk kesehatan kulit.

Dalam studi Journal of The American Academy of Dermatology, dikatakan bahwa kandungan lemak dan tinggi indeks glikemik pada makanan cepat saji bisa memengaruhi produksi minyak berlebih. Hal ini membuat kulit wajah kamu jadi mudah berjerawat.

3. Permen memang lezat dan menggiurkan, tapi sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kulit dan kesehatan

permen via playbuzz.com

Rasa permen yang manis dan menyegarkan mulut adalah dua alasan kamu menyenanginya, walau sekarang tak sesering dulu mengonsumsi. Meski begitu, kamu wajib tahu kalau kandungan gula dalam permen bisa menimbulkan jerawat. Kadar gulanya dapat berpotensi merusak jaringan kolagen dan elastin. Padahal, kolagen dan elastin sendiri memiliki tugas untuk mengenyalkan dan melembutkan kulit. Kurang-kurangin deh, ya…

4. Rasanya yang gurih bikin kamu nggak bisa lepas makan keripik. Padahal bisa bikin kulitmu berkeriput, lho

keripik via todayfoundou.com

Keripik adalah cemilan wajib saat kamu lagi nggak begitu lapar, namun mulut ingin mengunyah terus. Rasanya yang gurih (kadang pedas juga) bikin kamu betah mengonsumsinya selalu. Sayangnya, kebiasaan ini nggak baik untuk kesehatan kulitmu karena keripik merupakan cemilan dengan karbohidrat olahan yang tinggi.

FYI, jenis karbohidrat olahan ini bisa menyebabkan inflamasi – yakni bisa menimbulkan stres oksidatif DNA dan kolagen. Dengan begitu, kulitmu akan berkeriput dan hal ini sangat mengganggu penampilanmu.

“Salah satu cara untuk mengurangi garam tanpa membuat makanan hambar adalah dengan menggunakan bumbu-bumbu dan herba” ujar Ava

seperti dikutip dari liputan6.com

5. Susu memang baik untuk kesehatan. Namun kalau terlalu sering mengonsumsinya, jerawat dan komedo bakal bersarang di wajahmu

susu memang baik, tapi jangan berlebihan juga minumnya via khurki.net

Sejak kecil, kamu memang terbiasa minum susu untuk kesehatan tubuh. Bahkan, hingga kini masih kamu melakukannya demi menjaga stamina karena kesibukan yang mendera. Namun, terlalu sering minum susu sebetulnya dapat menimbulkan jerawat dan komedo. Kok bisa?

Adanya hormon pada susu dapat merangsang produksi sel-sel kulit penyumbat pori – inilah yang memicu dua hal itu. Oleh karenanya, bagimu yang berkulit sensitif sebaiknya membatasi minum susu. Ini demi kulit wajahmu yang terjaga kemulusannya.

6. Setiap hari minum kopi itu nggak cuma berisiko buat kesehatan, tapi juga menyebabkan kulit kusam

minum kopi via firstforwomen.com

Saat ini, minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup – terutama masyarakat di kota-kota besar. Seringkali terlihat orang-orang nongkrong di kafe sambil menyeduh salah satu jenis racikan kopi. Jika dulu kopi diminum untuk mengusir rasa kantuk, sekarang telah berbeda. Kopi memang bertransformasi sebagai bagian dari gaya hidup masa kini.

Sayangnya gaya hidup memang tak selalu baik. Kulit wajahmu akan terlihat kusam jika mengonsumsi kopi secara berlebih. Hal ini karena kopi adalah bahan diuretik – yakni dapat mengeluarkan air dari tubuh, padahal sel-sel kulitmu terdiri dari air.

Dengan demikian, kulitmu akan kering dan mengerut, sehingga terlihat kusam tak bergairah. Kamu yang memang menggemari kopi harus sering diselingi minum air mineral.

Menuruti keinginan perut dan lidah untuk menikmati makanan dan minuman memang sulit ditahan. Tapi jika saat mengonsumsinya sambil mengingat dampak negatif bagi kesehatan kulit, tentu bisa kamu jaga dengan baik tingkat asupannya. Kurangi yuk dari sekarang! Dengan begitu kulit wajahmu terjaga kesehatannya.

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!