Siapa sih cowok yang nggak pengen punya perut six pack atau berotot? Pasti semuanya pengen ‘kan? Untuk mewujudkannya tentu bukan hal yang mudah, terutama buat kamu para cowok yang terlalu kurus dan cenderung sulit menambah berat badan meski sudah makan banyak. Cowok-cowok yang berat badannya berlebih pun akan sama sulitnya, kalau tetap tidak bisa mengontrol porsi makanan yang masuk dalam tubuhnya. Padahal badan yang berotot selalu terlihat lebih menarik, nggak cuma di mata cewek saja, penampilanmu juga jadi makin kece karena pakaian apapun akan pantas kamu kenakan.

Membentuk badan yang berotot nggak hanya soal makanan saja, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut, Hipwee Tips akan membocorkan beberapa rahasianya untukmu!

1. Makan makanan yang mengandung protein, zat yang akan membuat otot tubuhmu lebih terbentuk

Konsumsi protein yang cukup via leanmeat.london

Semakin banyak protein yang masuk ke tubuhmu (sintesis protein) maka semakin banyak otot yang bisa kamu bentuk. Tapi, kamu harus tahu kalau tubuhmu akan terus menguras cadangan protein itu untuk pembentukan hormon. Jadi protein yang tersisa untuk pembentukan otot sangat sedikit.

Triknya adalah, kamu harus mengonsumsi protein lebih cepat dibandingkan tubuhmu memecahnya. Nggak hanya soal protein, perhitungan kalori juga penting. Kamu harus mulai membiasakan diri untuk membaca label makanan agar kamu tahu berapa kalori yang akan masuk ke dalam tubuhmu(Michael Houston – Profesor Gizi di Virginia Tech University).

2. Aktivitas utama yang harus kamu jalani demi badan yang lebih berotot adalah olahraga. Ini harga mati dan kamu harus melakukannya!

Advertisement

olahraga harga mati! via bizzfortune.com

Fokuslah pada olahraga yang bisa membesarkan otot-otot yang menonjol seperti otot dada, punggung, dan kaki. Pada dasarnya kalau kamu jarang olahraga, maka olahraga apapun sudah bisa memberikan dampak yang baik. Bisa sesederhana jogging atau olahraga yang lebih serius seperti squats, deadlifts, pullups, bent-over rows, bench presses, dips, dan military presses. Apaan tuh? googling aja gerakan-gerakannya kayak gimana 🙂

Ulangi gerakan-gerakan itu 8-12 kali setiap latihan, ya!

3. Poin pertama akan jadi percuma; kalau pola makanmu tidak teratur dan hanya sesempatnya saja

Makan teratur via yummyyummybaby.com

Paling tidak kamu harus makan 5-6 kali (bisa setiap 3 jam sekali) tapi sedikit-sedikit. Masih ingat ‘kan di poin pertama tadi disebutkan salah satu trik. Agar protein yang digunakan untuk membentuk tulang cukup banyak kamu harus mengonsumsi protein lebih cepat sebelum tubuh memecahnya.

Nah, aplikasinya adalah dengan makan sedikit-sedikit tapi berkali-kali.

Makanan yang kamu makan harus mengandung banyak protein dan karbohidrat. Kamu butuh banyak kalori untuk membentuk otot dan melancarkan metabolisme untuk menghilangkan lemak.

4. Tidurmu pun harus cukup, paling tidak sesuai ketentuan tidur normal untuk orang dewasa yaitu 8 jam sehari

Tidur cukup via huffingtonpost.ca

Jangan kebanyakan lembur dan tidur larut. Jam tidurmu harus benar-benar terjaga karena ototmu terbentuk saat kamu sedang beristirahat. Bukan tepat disaat kamu sedang berolahraga.

5. Jangan sampai dehidrasi, karena itu kamu harus minum yang banyak setiap hari, FYI 70% ototmu itu isinya air

Minum air banyak via homegymr.com

Tubuh kita memang terdiri dari lebih banyak air ‘kan ya? Jadi, nggak heran kalau otot kita pun 70%nya berisi air. So, banyak-banyakin deh minum air dari sekarang. Tapi jangan sampai kembung juga.

6. Setelah berolahraga, makan es krim ternyata banyak manfaatnya!

Makan es krim via youtube.com

Menurut sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition, es krim memicu lonjakan insulin yang lebih baik daripada makanan lain yang mampu melakukan hal serupa. Lonajkan insulin akan mampu meredam pemecahan protein pasca kamu berolahraga.

7. Kembali ke masa kecil, minum susu sebelum tidur jangan sampai terlupa demi pembentukan otot yang lebih sempurna

Minum susu sebelum tidur via scoopempire.com

Makanlah kombinasi karbohidrat dan protein 30 menit sebelum kamu tidur. Kenapa? Karena saat tidur, pemecahan protein akan berkurang sehingga cadangan protein untuk pembentukan otot akan lebih banyak jumlahnya. Kamu bisa minum susu juga untuk memenuhinya, lalu minum segelas lagi esok paginya.

Semoga bisa segera berotot ya Mz badannya, nggak ada lagi tulang-belulang yang hidup di badan, nggak ada juga perut buncit yang menonjol di balik bajumu. Love You, Mz!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya