Menikah adalah sebuah keputusan final, kamu sudah mantap untuk menjalani sisa hidupmu bersama orang yang terbaik. Kamu juga harus sudah mempersiapkan biaya untuk menghelat acara spesial buatmu dan pasangan ini. Hampir sebagian besar orang bilang….

Biaya nikah itu besar. Harus nabung mulai dari sekarang.

Iya, biaya yang harus disiapkan untuk menikah harus kamu cicil mulai dari sekarang. Banyak sekali yang harus diurus mulai dari undangan, katering, souvenir, baju pernikahan, dan masih banyak lainnya. Tapi, sebenernya biaya nikah itu nggak mahal-mahal banget kok. Yang bikin mahal dan menguras tabunganmu adalah beberapa hal kecil yang nggak kamu sadari. Apa aja nih printilan-printilan yang tak terduga ini?

1. Dana buat makan kerabat yang membantu di rumah. Kalau nggak hati-hati katering membengkak!

Biasanya rempong masak di dapur via damai18a.blogspot.co.id

Sebelum hari-H pernikahanmu, keluarga dari kedua belah pihak akan menyelenggarakan acara syukuran di kediaman masing-masing. Untuk mempersiapkan rangkaian acara ini, kamu pasti butuh banyak bantuan dari
kerabat dan tetangga. Misalnya saja untuk membantu memasak hingga proses penataan makanan.

Advertisement

Sebagai tuan rumah, memang sudah kewajibannya untuk memberikan suguhan makanan sebagai ungkapan terima kasih. Hati-hati, kadang kamu nggak memikirkan hal ini. Maka dari itu, kamu juga harus mempersiapkan persediaan lebih untuk anggaran kateringmu. Biar kamu nggak kaget nantinya.

2. Panganan untuk oleh-oleh tamu yang datang sebelum acara. Seringkali belum kita siapkan dananya.

Jajanannya Bu via kueajah.blogspot.co.id

Para tamu hadir berdatangan ke acara syukuranmu untuk memberika doa supaya acara pernikahanmu nantinya bisa lancar. Biasanya, selalu ada tamu yang datang lebih awal. Masa iya kamu membiarkan tamumu diam saja tanpa ada suguhan makanan apa-apa? Kamu harus masukkan juga dalam budget kateringmu, untuk menyiapkan panganan untuk cemilan. Mumpung ingat, segera masukkan ke dalam list-mu ya.

3. Dekorasi dan bunga juga harus disiapkan jauh-jauh hari. Maka dari itu, segera sepakati konsepnya bareng keluarga dan pasangan.

Dekorasi mewah via www.glitzmedia.co

Dekorasi venue resepsi pernikahan juga sudah harus kamu mantapkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Supaya perencanaannya lebih matang, tertata, dan terkonsep dengan baik. Untuk hal ini, sebaiknya konsep dan dekorasinya disepakati oleh kedua keluarga. Agar kamu bisa segera memutuskan bunga apa yang akan kamu untuk memperindah venue-mu.

Jangan memesan terlalu mendadak, karena dari pihak dekorasi sendiri juga butuh waktu untuk mempersiapkan semuanya. Kalau terlalu tergesa-gesa, mereka juga akan meminta bayaran yang semakin mahal juga.

4. Meski udah kasih honor, tapi kamu suka ngga tegaan kalau nggak kasih tip ke mereka yang bikin dekor.

Tip buat Abangnya via dkwek.com

Mendekorasi venue pernikahan memang dibutuhkan banyak persiapan dan tenaga. Nggak menutup kemungkinan kalo untuk perihal dekorasi saja bisa menghabiskan sebagian besar dari budget nikahanmu. Semuanya sudah termasuk honor untuk mereka yang memasang dekorasinya.

Walaupun udah dikasih honor, kamu suka nggak tega liat mereka bersusah payah memasang hiasan demi acaramu. Pada akhirnya, kamu akan kasih tip tambahan buat mereka. Nah, hal-hal ini yang nggak kamu sadari ternyata membuat budgetmu melampaui batas.

5. Keperluan administrasi jangan dilupakan. Untuk urusan surat nikah dan Penghulu bisa merogoh kocek yang cukup dalam.

Menjadi sah dan halal memang banyak pengorbanannya. Untuk menikah saja, ada banyak tahap yang harus kamu lewati. Salah satunya adalah mengurus administrasi. Mau sah harus ada surat nikah kan, guys. Kamu harus siap untuk mengurus ke RT, RW, Kelurahan, dan ke KUA. Surat nikahnya saja kamu harus menyiapkan Rp 600.000. Biaya itu sekaligus untuk mendatangkan bapak Penghulu yang akan mengesahkan kamu dan calon pasanganmu.

Nah, yang kamu pikirkan adalah untuk antar jemput dan konsumsi untuk menjamu pak Penghulu. Jangan sampai kamu kelewatan menghitung keperluan tak terduga ini ya. Penting tapi sering terlupakan.

6. Transportasi buat saudaramu juga harus dipikir. Apalagi kalau jumlah keluarga besarmu banyak banget.

Hayo transportasinya gimana? via onlineoboz.ru

Untuk berbagi kebahagiaan ini, kamu juga akan mengundang saudara-saudaramu. Seperti Oom, Tante, Kakek, Nenek, dan sepupumu. Selain untuk memeriahkan suasana, mereka juga bisa kamu mintai tolong untuk sedikit membantu selama prosesi berlangsung. Tapi, jangan lupakan satu hal. Kamu juga harus berpikir mengenai mobilitas mereka.

Paling tidak, kamu juga ikut ambil bagian dalam transportasinya. Mungkin, kamu sudah menyiapkan mobil beserta supirnya. Atau barangkali kamulah yang harus menyiapkan tiket perjalanan mereka. Apalagi kalau kamu punya keluarga besar yang banyak banget, harus benar- benar disiapin nih. Karena akan menguras tabungan nikahan kamu.

7. Kain seragam buat keluarga kadang jatuhnya bisa lebih mahal dari harga gaun pengantinmu sendiri. Hmm hati-hati ya!

Wah banyaaak via www.infospesial.net

Memang bukan sebuah keharusan, tapi menyediakan kain untuk dijadikan seragam buat keluarga besar sudah menjadi hukum wajib tidak tertulis. Apalagi, sekarang lagi rame-ramenya dengan konsep bridesmaid dan bestmen. Semakin banyak nih kocek yang harus kamu rogoh.

Misalnya saja satu orang membutuhkan kain sepanjang 2 meter, lalu kamu akan memberikannya kepada 20 orang. Sudah habis berapa meter tuh kainnya? Coba kamu hitung lagi. Biasanya, lebih mahal kain seragam buat keluarga lho daripada harga baju pengantinmu sendiri.

8. Make-up buat sanak saudara jangan sampai ketinggalan. Menyewa make up artis bisa melipat gandakan anggaran

Make-up adalah hal yang tidak boleh ketinggalan untuk acara penting seperti ini. Tidak ada satu pengantin pun yang tidak ingin terlihat cantik dan gagah di hari spesial ini. Yang harus mendapatkan polesan make up adalah orang tua beserta pengantin dari kedua keluarga.

Terkadang, yang sering terjadi di sini adalah, kamu lupa bahwa saudara-saudaramu juga butuh polesan make-up. Jadi, biaya untuk make-up-mu juga akan bertambah banyak. Mending segera kamu siapkan jauh-jauh hari ya.

Nah, untuk mencegah budget pernikahanmu yang membengkak, lebih baik kamu lebih jeli dalam memasukkan keperluan pernikahan. 8 printilan tak terduga di atas adalah sebagian kecilnya. Supaya di akhir acara, kamu nggak kaget ya, guys.