Sering Diremehkan, 8 Makanan Ini Sebaiknya Tetap Kamu Cuci Sebelum Dikonsumsi

Makanan yang wajib dicuci dulu sebelum memasaknya.

Kadang, kita suka menganggap beberapa bahan makanan dan minuman nggak perlu dicuci karena sudah yakin bersih. Padahal sebelum memasak atau mengonsumsi, nggak ada salahnya kita cuci dulu biar kotoran-kotoran hilang semua. Karena apa pun yang dikonsumsi sangat memengaruhi kesehatan, jangan sepelekan untuk tidak mencucinya dulu.

Advertisement

Berikut ini Hipwee Tips berikan daftar makanan yang perlu dicuci sebelum memasak atau mengonsumsinya. Ingat, demi kesehatan dilarang tawar menawar ya!

1. Sebelum mencucui apa pun, kamu pastikan untuk mencuci tangan dulu

cuci tangan dulu via www.thestar.com

Menjaga kebersihan tangan itu wajib, terutama saat mau memasak atau mengonsumsi makanan. Cucilah tangan dengan sabun pembersih tangan karena bagian tubuh ini bisa dibilang menjadi sarang dan tempat transisi kuman.

2. Bukan cuma saat akan mengonsumsi, tapi kulit luar alpukat, semangka, dan buah-buahan lainnya juga menyimpan banyak bakteri

cuci alpukat via www.healthiguide.com

Tak hanya saat akan memakannya, alpukat wajib kamu cuci bahkan sebelum memotongnya. Hal ini karena di kulit alpukat terdapat banyak bakteri, jadi ketika kita ingin memotongnya pun, tangan yang semula bersih bisa kotor lagi. Bakteri, pestisida, dan kuman lainnya yang diambil selama pemrosesan, pengepakan, dan pengiriman bisa menempel lo. Jangan mentang-mentang yang dimakan dalamnya saja, lalu menyepelekan kebersihan kulit luarnya.

Advertisement
3. Pernah mengalami nasi yang cepat bau? Salah satunya disebabkan pencucian beras yang tidak bersih

cuci berasmu via www.mashed.com

Beras wajib kamu cuci dulu sebelum dimasak. Ini penting supaya kotoran-kotorannya hilang dan tidak menyebabkan nasi menjadi cepat bau. Kadang, beras yang sudah dicuci saja masih bisa bau kalau tidak dibersihkan secara menyeluruh.

4. Makanan dan minuman yang dikemas dalam kaleng dan botol jangan sampai terlupa untuk mencucinya ya

cuci dulu kalengnya via www.pkc.gov.uk

Kita suka berpikir makanan dan minuman kaleng atau botol pasti terjaga kebersihannya. Padahal dalam proses sampai ke tanganmu untuk dikonsumsi, itu sudah melalui dari tangan ke tangan yang berbeda-beda. Jadi, tak ada salahnya untuk mencuci wadahnya dulu sebelum kamu masak atau konsumsi. Pun demikian dengan makanan yang ada di dalam toples.

5. Penyuka seafood juga wajib tahu kalau kerang harus dibersihkan dulu

sebelum dimasak baiknya dicuci menyeluruh dulu via www.kingsfordcharcoal.com.au

Para penyuka seafood tentu tak ingin melewatkan kezelatan makan kerang. Sayangnya, bagian kerang yang dapat dimakan sering bersembunyi di bawah cangkang. Meski kamu nggak akan mengunyah cangkang kerang, bakteri yang hidup di sana bisa bercampur dengan bagian yang kamu makan. Karena itu, kamu perlu mencuci kerang di air yang mengalir untuk menyingkirkan sisa-sisa pasir dan kotoran sebelum memasak atau memakan. Lalu, lemparkan kerang ke dalam panci berisi air dingin dengan garam. Kemudian, masukkan panci ke kulkas selama setengah jam. Aduk kerang dan supaya makin bersih kamu gosok-sgosokkan di bawah air yang mengalir.

Advertisement

6. Seledri yang suka dipakai untuk makanan sayur berkuah ini akan semakin nikmat dan terjamin manfaatnya kalau kamu cuci dulu

seledri juga perlu dicuci via www.wikihow.com

Sayuran hijau ini sering dipakai untuk masak sup, bubur, atau soto. FYI, seledri ini adalah salah satu makanan yang paling kotor di dunia. Hal ini karena seledri sangat sensitif terhadap air, sehingga cepat berlendir dan tidak pernah mendapat pencucian sampai menyeuruh. Penting untukmu mencuci lagi sampai bersih ya.

7. Karena jamur dapat menyerap kotoran ketika tumbuh, maka kamu harus mencucinya

jamur dibersihkan via tastessence.com

Sepert dilansir dari Reader’s Digets, jamur itu menyerap kotoran saat tumbuh, sehingga wajib kamu cuci dulu. Cara membersihkannya pun cukup dengan isi baskom, lalu masukkan jamur ke dalamnya supaya kotoran yang ada di dalam bisa keluar.

8. Selain seledri, daun bawang juga tak boleh terlewat untuk dicuci dulu ya

daun bawang via toriavey.com

Tak hanya seledri, daun bawang juga memiliki kotoran-kotoran yang kerap masih ada ketika sudah dibersihkan. Entah menempel di bagian batang atau daunnya, kamu sebaiknya pastikan saat mencuci kalau memang benar-benar sudah tak ada lagi kotorannya. Ini supaya terjaga kebersihannya ketika kamu ingin masak atau kosumsi.

Jadi, nggak ada lagi alasan kamu masih melewatkan mencuci makanan dan minuman sebelum dimasak atau dikonsumsi. Meskipun dikemas dalam kaleng dan terkesan ‘aman’. Yuk, biasakan cara ini supaya kesehatan terjaga.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE