Teratur Lakukan Sikap Lilin Saat Olahraga Ringan Sejenak, 7 Khasiatnya ini Bikin Badan Enak

Sikap lilin

Zaman sekolah dulu, tentu kamu ingat serunya gerakan senam lantai saat pelajaran olahraga. Selain sikap kayang, salah satu pose yang sering dipraktikkan dan dianggap cukup menantang adalah sikap lilin. Sikap lilin adalah gerakan senam lantai yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot tubuh secara keseluruhan. Sikap lilin dilakukan dengan mengangkat kaki, bokong, dan punggung, sehingga siku menopang tubuh bawah. Sikap lilin yang benar kedua tungkai harus lurus sejajar dengan bokong dan punggung, bahu menyokong, sedangkan leher tetap rileks.

Advertisement

Dalam yoga, sikap lilin juga disebut shoulder stand atau sarvangasana yang dalam bahasa Sansekerta berarti ‘pose seluruh tubuh’, karena manfaatnya yang bagus untuk seluruh tubuh. Sikap lilin atau sarvangasana ini juga dikenal sebagai ‘ratunya pose yoga’ lo! Karena memang khasiatnya yang luar biasa buat tubuh kita. Memangnya seberapa hebat sih manfaat sikap lilin?

1. Melancarkan sirkulasi darah ke tubuh bagian atas termasuk otak secara signifikan

melancarkan peredaran darah | credit: tonodiaz via id.depositphotos.com

Kekuatan gravitasi saat melakukan pose inversi atau pembalikan posisi seperti sikap lilin, akan mengirimkan lebih banyak aliran darah ke bagian kepala — yang berada di bawah saat melakukan pose. Artinya, lebih banyak pula oksigen dan nutrisi dalam darah yang tersirkulasi menuju kepala dan juga otak. Sehingga ketika kembali ke posisi semula, pikiran akan terasa lebih segar, tajam, dan fokus karena suplai darah yang meningkat ke area kepala dan otak. Dan otomatis, sikap lilin ini membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

2. Membangun kekuatan otot inti dan fleksibilitas tubuh

menguatkan otot | credit: Dusanpetkovic via www.freepik.com

Mengangkat sebagian besar bagian tubuh seperti tungkai, bokong, dan punggung dan menahannya dengan bahu membutuhkan banyak kekuatan otot inti. Melatih sikap lilin yang benar akan meningkatkan jangkauan gerakan dan kelenturan pada leher dan bahu. Pose ini juga memperkuat otot punggung dan kaki selama kamu benar-benar menahannya tetap di sejajar di atas dengan baik. Sehingga kamu yang punya keluhan di bagian leher, bahu, punggung, atau tulang belakang, sikap lilin bagus untuk dipraktikkan.

Advertisement

3. Sikap lilin akan membantu usus bergerak bebas sehingga melancarkan sistem pencernaan

meningkatkan pencernaan | credit: Volianskyiphoto via www.freepik.com

Menurut para ahli, pose inversi akan menyesuaikan kembali organ internal seperti usus. Hal ini akan membantu merangsang pergerakan sisa-sisa makanan yang terjebak, meredakan nyeri gas, dan mendorong efek restoratif secara keseluruhan pada pencernaan. Makanya, pose ini cocok untukmu yang sembelit atau mengalami masalah pencernaan lainnya. Baiknya, lakukan sebelum makan atau minimal 3 jam setelah makan untuk menghindari naiknya asam lambung.

4. Meningkatkan kinerja sistem limfatik yang dapat memperkuat kekebalan tubuh

meningkatkan fungsi limfatik | credit: fizkes via id.depositphotos.com

Sistem limfatik berisi cairan getah bening yang menyerupai plasma darah dan mengandung sel darah putih, fungsinya adalah untuk melawan infeksi, peradangan, dan penyakit metabolik. Berbeda dengan sistem peredaran darah yang pergerakannya digenjot oleh jantung, getah bening yang berada dalam sistem limfatik pergerakannya tergantung pada gravitasi sehingga perlu dipicu agar mengalir dengan baik ke organ lain. Salah satu caranya adalah berolahraga, terlebih melakukan pose inversi seperti sikap lilin. Hal ini juga akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita.

5. Meredakan sakit kepala karena efek gravitasi yang mengubah tekanan darah

mengurangi sakit kepala | credit: Krakenimages.com via id.depositphotos.com

Membalikkan efek gravitasi dapat membantu mengubah tekanan darah. Jika kamu menderita sakit kepala atau tegang di bagian kepala, sikap lilin akan membantu mengalirkan darah ke kepala dan mengubah tekanannya sehingga akan menghentikan rasa sakitnya. Sambil melakukan pose ini, ambil napas berirama untuk mempercepat efek penyembuhannya.

Advertisement

6. Kamu yang sedang bengkak kakinya karena terlalu keras bekerja atau kelelahan, melakukan sikap lilin bisa mengobatinya

hilangkan kaki bengkak | credit: koldunov via id.depositphotos.com

Sikap lilin digunakan untuk melatih kekuatan otot dan merangsang gravitasi dari kepala kaki menuju kepala. Ketika tungkai berada di atas, maka gravitasi akan bekerja untuk menarik kelebihan cairan dari tungkai juga di pergelangan kaki. Sikap lilin ini juga akan membantu mengendurkan otot-otot di kaki bagian atas. Jika kaki atau pergelangan kakimu sedang bengkak, melakukan pose ini adalah salah satu solusi terbaik.

7. Tak hanya mengurangi kelelahan, sikap lilin juga bsia melepaskan stres dan kecemasan

atasi stres dan kelelahan | credit: yanalya via www.freepik.com

Berada dalam posisi ini akan menenangkan sistem saraf parasimpatis yang membantu tubuh dan pikiran merasa jauh lebih rileks. Studi menunjukkan bahwa orang yang melakukan yoga selama dua jam termasuk di dalamnya sikap lilin tiap minggunya, dalam lima minggu ia akan mengalami penurunan yang signifikan pada gejala depresi dan kecemasan. Pose apa pun yang mengarahkan kepala menuju dada akan mengembangkan energi yang terfokus ke dalam sehingga menenangkan pikiran yang berpacu.

Kalau sudah tahu khasiat sikap lilin sekeren ini, masih mau ogah-ogahan berlatih biar kakinya bisa lurus ke atas sejajar dengan bokong dan punggungmu? Yuk, bisa bisa!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE