‘Social Media Optimizer’ Berbagi Tips untuk Pebisnis Online Pemula. Membuka Wawasan!

Acara sosial media optimizer

Dengan berkembangnya internet, pola konsumsi dan belanja turut bergeser. Banyk orang lebih memilih belanja di online shop yang praktis dibanding pergi ke toko fisik. Pola konsumsi yang berubah ini kemudian membawa peluang bisnis baru, yakni online shop.

Advertisement

Atas terbukanya bisnis baru ini, banyak orang yang ingin mencoba peruntungan. Tapi gimana caranya? Apa saja yang kudu dipersiapkan? Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh Fikri El Frana dalam acara seminar bertajuk Social Media Optimizer yang dilaksanakan pada Jumat (7/02/2020) di kawasan Lippo Plaza Jogjakarta.

Acara dipandu oleh Fikri El Frana, Creative Director akun Instagram @carajualan yang ahli dibidang optimalisasi sosial media untuk kepentingan bisnis. Pengen tahu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis online shop? Yuk simak!

1. Sebelum melakukan promosi, siapkan profil sosial media online shop secara maksimal. Minimal siapkan 100 konten untuk diperlihatkan pada pembeli

Cara mempersiapkan online shop sebelum memulai

Banyak orang yang memulai online shop tanpa persiapan yang matang. Ingat! membuat online shop nggak bisa asal-asalan. Menurut Fikri, jika ingin mencapai kesuksesan kita mesti mempersiapkan beberapa hal. Pertama, kita harus menyiapkan minimal 100 postingan atau konten.

Advertisement

Selain itu, untuk membuat orang-orang percaya, buatlah highlight dan Instastory. Selain mempersiapkan syarat-syarat tersebut, sebuah online shop mesti mencantumkan domisili, memasukan barang ke market place yang lebih luas dan sering-sering melakukan live Instagram. Semua hal itu dilakukan untuk membangun kepercayaan calon pembeli.

2. Berjualan di online shop membutuhkan teknik-teknik pembuatan konten. Kamu mesti menguasai konsep dasar dan hal-hal teknis

Teknik-teknik membuat konten untuk mengoptimalkan sosial media

Menurut Fikri, banyak orang yang salah sangka. Pasalnya membuat online shop adalah salah satu bentuk dari membuat konten. Mengapa? Karena sebagai orang yang menjual barang atau jasa di sosial media, pengemasan dan desain yang ditampilkan mesti maksimal. Pastikan online shop punya karakter kuat dalam setiap konten.

Fikri Berujar, Teknik membuat konten adalah sesuaikan unsur-unsur penting dalam tampilan. Contohnya, jika kamu menjual baju-baju perempuan yang berwarna cerah, background warna foto sampai caption mesti terlihat selaras. Bahkan saat bercakap-cakap dengan calon pembeli, kamu mesti mempertahankan karakter online shop.

Advertisement

3. Rumus-rumus mengiklankan online shop, barang dan meningkatkan penjualan serta followers dalam satu waktu

Cara menaikan followers dan angka penjualan

Setelah menguasai teknik membuat konten dan mempersiapkan akun online shop, selanjutnya kita perlu memasarkan dan mengenalkan online shop. Bagaimana caranya? Menurut Fikri, rumus paling sederhana adalah semakin besar modal untuk iklan maka semakin besar online shop dikenal orang.

Nggak cuman itu, Fikri juga memberi solusi bagi mereka yang baru memulai. Menurut pria asal Jakarta ini, kita bisa mengiklan di waktu-waktu yang tepat, seperti saat kebanyakan orang gajian. Atau kita juga bisa mendapatkan banyak reach dan impresi yang luas dengan mempelajari algoritma Instagram.

Nah itu dia rangkuman dari seminar Social Media Optimizer. Fikri sebagai Creative Director @carajualan membuka insight bagi mereka pebisnis-pebisnis muda yang hadir. Menurutnya, semua bisa ditembus dengan banyak belajar dari kesalahan dan terus konsisten.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE