Bahaya Menaruh Stopkontak Dinding Terlalu Dekat dengan Tempat Tidur

Saat ini, bermain ponsel sebelum tidur merupakan salah satu kegiatan favorit banyak orang, mungkin sobat Hipwee adalah salah satu dari mereka.

Advertisement

Setelah baterai ponsel habis, sobat Hipwee pasti akan mencari stopkontak untuk mengisi daya.

Karena saat ini kita semakin bergantung pada stop kontak, ada beberapa orang yang menaruh stopkontak dinding di dekat tempat tidurnya.

Namun, ternyata hal ini tidak direkomendasikan karena memiliki dampak negatif bagi manusia. Hal ini dijelaskan oleh Health Digest di situsnya. Berikut alasannya.

Advertisement

Radiasi perangkat elektronik

stopkonak dekat tempat tidur

Photo by Neven Krcmarek

Perlu sobat Hipwee ketahui, bahwa setiap benda elektronik memancarkan energi berbentuk radiasi, atau juga disebut electric anda magnetic fields atau  EMF (medan listrik dan magnet).

Peralatan elektronik rumah tangga seperti kulkas, komputer, ponsel, dan televisi memancarkan radiasi non pengion (noo-ionizing radiation) dalam jumlah yang rendah, sehingga tidak menimbulkan risiko yang signifikan bagi kesehatan manusia.

Stopkontak dinding juga mengeluarkan EMF dengan jumlah yang kecil dan tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Namun, jika sobat Hipwee tidur di dekat stopkontak, mungkin saja lama-kelamaan akan timbul efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Advertisement

Mencolokkan banyak benda elektronik

stopkonak dekat tempat tidur

Photo by Claudio Schwarz

Karena terdapat stopkontak di dekat tempat tidur, biasanya orang akan menaruh berbagai benda elektronik seperti lampu tidur, ponsel, laptop, dan lain sebagainya.

Menurut ahli dari Manufactured Home Parts and Acceessories mengatakan bahwa, semakin banyak benda elektronik yang ditancapkan ke stopkontak dinding, maka akan semakin tinggi tingkat EMF yang dikeluarkan.

Nah, hal inilah yang akhirnya bisa menimbulkan dampak bagi tubuh, karena terpapar EMF yang cukup tinggi selama berjam-jam.

Menurut sebuah studi dari University of Washington Amerika Serikat pada tahun 2004, paparan EMF dengan tingkat rendah selama dua hari menyebabkan kerusakan sel otak tikus secara permanen.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping dari radiasi, sebaiknya sobat Hipwee mulai mengurangi paparan EMF.

Salah satunya adalah dengan tidak tidur di dekat stopkontak dinding, atau sebaliknya, jangan menaruh stopkontak di dekat tempat tidur.

Itulah pembahasan mengenai bahaya tidur di dekat stopkontak dinding.

Jangan lupa baca informasi penting lainnya di Hipwee!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE