Kalau dikasih pilihan, kamu mau punya adik cowok atau cewek?

Kebanyakan cewek bakal pilih punya adik cewek juga. Kenapa? Karena sesama cewek, kalian bisa melakukan hal-hal apa saja yang berbau kecewekan seperti mulai dari dandan, masak sampai saling tukar menukar baju.

Tapi punya adik laki-laki juga nggak kalah seru, kok. Mungkin kamu akan merasa kesulitan untuk berhubungan baik karena ada saja hal-hal yang diributkan. Tenang, beberapa cara ini bisa kamu terapkan agar kamu bisa menjadi kakak adik yang kompak dan selalu akur. Penasaran apa saja?

1. Ketahui dulu bagaimana karakter adik cowokmu. Jangan cuma bisa nge-judge, kalau kamu belum mencari tahu

ketahui karakternya via teresaburkephotography.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui bagaimana karakter adik cowokmu. Tujuannya adalah supaya kamu bisa menyikapi segala perilakunya dengan benar. Cobalah memperhatikan cara dia berpikir, mengeluarkan pendapat dan mengatasi masalah. Dari sana, kamu akan tahu karakter yang dimiliki adikmu.

2. Sebagai kakak, kamu wajib beri mereka perhatian, tapi bukan berarti protektif dan berlebihan

Advertisement

beri perhatian seperlunya via upload.wikimedia.org

“Kamu lagi dimana, dek? Kok nggak pulang-pulang?”

“Hayo kamu sama siapa tadi? nggak boleh pacaran kamu masih kecil!”

Wajar kok kalau kamu punya naluri untuk melindungi adikmu, meski dia cowok. Perhatian yang kamu berikan ke adik kamu ini memang baik, tapi kadang perhatian kamu itu itu terlalu berlebihan tanpa kamu sadari. Ini salah satu yang bikin adikmu jadi kesal karena merasa nggak dipercaya.

Apalagi kalau kamu gemes-gemesin dia di depan teman-temannya, adikmu nggak akan suka karena dia merasa dimanja dan hal ini memalukan menurutnya. So, kamu cukup beri dia perhatian sewajarnya saja, ya!

3. Namanya juga cowok, wajar saja kalau nakal. Berikan dia arahan, bukan bentakan apalagi makian

jangan kasar deh sama adik cowokmu via liefiekindphotography.co.za

Apa yang akan kamu lakukan kalau mendapati adik cowokmu merokok, padahal dia masih sekolah? Marah dan kesal sudah pasti. Tapi, kamu nggak perlu memarahi dia habis-habisan, karena hal itu nggak memberikan pengaruh yang signifikan untuk adikmu bisa mengerti.

Cukup kamu nasehati dengan halus, paling nggak adikmu mengerti kalau kamu sayang padanya. Kalau adikmu sampai keluar batas, barulah kamu ambil tindakan yang lebiih keras. Yah, namanya juga cowok.

4. Cerewet memang lekat dengan diri cewek. Kenyataannya, nggak ada orang yang suka dicerewetin, termasuk adikmu sendiri

Salah satu yang jadi pemicu pertengkaran dengan adikmu adalah kamu yang terlalu cerewet. Sifat kamu sebagai kakak yang cenderung mendominasi karena kamu cerewet membuat adikmu jadi nggak nyaman dan pusing.

Jangan seenaknya sendiri, pilih kalimat dan situasi yang tepat untuk ngobrol dengan adikmu. Hindari menasihati dia di depan orang banyak, karena itu akan membuat adikmu malu dan nggak nyaman denganmu.

5. Semua orang butuh privasi, sesekali berilah adik cowokmu ruang untuk menyendiri

sesekali tinggalkan dia sendiri via i.huffpost.com

Meskipun mereka adikmu, kamu juga harus menghargai privasi yang dia miliki. Jangan masuk kamarnya sesuka hati tanpa mengetuk pintu terlebih dahulu. Hal itu sama aja kamu melenggar privasi mereka. Buatlah dia merasa dihargai dengan perlakuanmu yang tetap menjaga privasinya.

Seiring berjalannya waktu, adikmu akan bertumbuh dewasa. Kamu harus memahaminya ketika dia sedang asyik dengan kesibukannya sendiri. Mereka yang sudah dewasa punya hak untuk memiliki ruang geraknya sendiri.

6. Pelajari hobi dan hal-hal yang dia suka. Selain bisa mengakrabkan diri, kalian juga bisa saling berbagi di sini

amati hal yang dia suka lakukan via www.brynmawr.edu

Nggak ada salahnya lho untuk mempelajari  hobi dan kesukaan adikmu. Misalnya dia hobi main game, bolehlah kamu sekali-kali duel main game bareng adikmu. Dengan ini, otomatis kamu akan lebih dekat dengannya.

Selain itu, coba perhatikan apa yang biasanya sering dilakukan adikmu, misal dia suka menggambar, suka mendengarkan musik, atau yang lainnya. Dengan memperhatikan hal-hal kecil ini, kamu bisa mengarahkan minat dan kesukaannya untuk dapat dikembangkan. Ini bisa kamu lakukan sementara orang tuamu nggak bisa melakukannya.

7. Nggak ada salahnya untuk melakukan hal gila bersama, biarkan adikmu tahu kalau kamu cukup asyik untuk diajak bercanda

lakukan hal gila bersama via www.todayonline.com

Lakukan hal-hal gila atau aneh bareng adikmu bisa membuat adik cowokmu makin nyaman untuk dekatmu. Tunjukan bahwa sebagai kakak kamu juga suka melakukan hal-hal gila dan itu wajar. Asal tetap pada koridor yang ada, jangan sampai kamu justru mengajarkan hal-hal yang ‘kelewatan’ pada adikmu.

8. Bukan cuma nasehat biasa, sebagai kakak kamu juga wajib memberinya petuah seputar cinta. Ingat, cepat atau lambat dia akan tumbuh dewasa

ajarkan dia menghormati wanita via i.huffpost.com

Sebagai kakak cewek, jangan lupa ajarkan adik cowokmu bagaimana caranya bertanggung jawab pada ceweknya kelak. Tunjukkan dengan memperlakukan kamu dan ibumu sebagai contoh. Jika sudah terbiasa, ke depannya dia akan merasa punya tanggung jawab untuk menjaga perempuan di sekelilingnya.

9. Bimbinglah adik cowokmu untuk berjuang mendapatkan apa yang mereka mau

ajarkan dia untuk mandiri via familycenter.geminisbs.com

Sebaiknya, kamu jangan terlalu sering kamu menuruti semua yang adikmu mau. Ajarkan mereka untuk hidup mandiri dan mau berjuang untuk sesuatu yang mereka inginkan. Lakukan hal ini supaya adikmu nggak jadi anak yang manja dan terlatih untuk mendapatkan sesuatu dengan usahanya.

10. Terakhir, jadilah sahabat dan pendengar yang baik bagi adik cowokmu. Otomatis, dia akan senantiasa menghargai dan menghormatimu

jadilah panutan untuknya via media.faluninfo.net

Seberapapun akrabnya kamu dan adikmu, kamu tetap harus punya wibawa di depannya. Kamu harus berikan contoh yang baik untuk bersikap kepada orang tua. termasuk pola pikir dalam menjalani hidup. Dia akan banyak belajar dari kamu, jadi bersiaplah!

Nggak susah ‘kan menelateni adik cowok? Yang penting mah, be a good sister ya, Ladies!