6 Cara Benar Minum Teh Hijau Agar Khasiatnya Tak Berkurang, Terutama Menurunkan Berat Badan

Teh hijau

Sudah sejak lama teh hijau dijadikan sebagai alternatif minuman diet. Minuman ini memang kaya akan manfaat, karena nggak diolah melalui proses fermentasi. Nah, karena pengolahannya yang dikukus dan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, rasa teh hijau cenderung lebih ringan dengan perpaduan asam dan pahit yang pas. Tentunya ini berbeda dengan rasa teh hijau matcha yang lebih creamy. Selain untuk dikonsumsi, manfaat teh hijau untuk wajah juga kerap diaplikasikan khususnya untuk meredakan wajah berjerawat.

Advertisement

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur bisa saja berkurang atau bahkan nggak didapat sama sekali jika keliru cara mengonsumsinya. Begini cara benar minum teh hijau lengkap dengan kapan waktu yang tepat untuk minum teh hijau.

Manfaat teh hijau untuk diet memang sudah terbukti, tapi minuman ini juga punya banyak khasiat lainnya

manfaat teh hijau via www.everydayhealth.com

  1. Berkat polifenol dan katekin di dalamnya, teh hijau dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat serta mencegah tanda penuaan. Tak jarang teh hijau juga dipakai sebagai toner yang bisa menghidrasi kulit.
  2. Antioksidan dalam teh hijau dapat memblokir oksidasi kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik di dalamnya. Jadi, secara nggak langsung teh hijau bisa meningkatkan fungsi arteri yang bagus untuk kesehatan jantungmu.
  3. Dalam teh hijau, terdapat senyawa yang bisa memperlancar proses pemindahan lemak dari sel lemak, sehingga penurunan berat badan bisa dilakukan lebih cepat.
  4. Kandungan antioksidan yang tinggi dari teh hijau juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker tertentu. Bahkan bahan aktif di dalamnya bisa meningkatkan kinerja otak lo!

Sebenarnya apa saja sih kandungan teh hijau? Kok bisa punya manfaat sebanyak itu~

kandungan teh hijau via www.healthline.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh hijau mengandung polifenol dan katekin bernama EGCG yang bagus untuk kesehatan tubuh. Walau nggak banyak, teh hijau juga mengandung kalium yang sering digunakan sebagai zat antiinflamasi. Dibandingkan teh hitam, kafein dalam teh hijau pun jauh lebih rendah, yakni sekitar 25 – 29 miligram per cangkirnya.

Advertisement

Begini cara benar minum teh hijau sesuai anjuran agar khasiatnya tak berkurang

1. Pertama, hindari mencampur teh hijau dengan bahan lain di seduhannya

jangan dicampur via www.everydayeileen.com

Tambahan bahan justru bisa mengurangi khasiat teh hijau. Meski ada yang bilang kalau manfaat teh hijau dan lemon justru lebih banyak ketimbang hanya menyeduh teh hijau saja, namun kedua campuran ini malah tak direkomendasikan karena bisa meningkatkan asam lambung.

Advertisement

2. Kantong teh hijau juga nggak boleh diseduh dua kali

seduh sekali via www.goodhousekeeping.com

Selain rentan terkena bakteri, seduhan kedua teh hijau juga berpotensi meningkatkan kadar kafein di dalamnya. Tentunya, hal ini akan berpengaruh pada proses pencernaan dan bisa menyebabkan diare.

3. Baiknya, minumlah teh hijau selagi hangat

minum saat hangat via en.tempo.co

Sebenarnya teh hijau boleh diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin. Tapi jika khasiat yang ingin didapat adalah menurunkan berat badan, baiknya nikmati teh hijau selagi hangat. Untuk mempertahankan manfaatnya, daun teh bisa diseduh dengan air panas bersuhu 80 – 90 derajat Celcius.

4. Sebisa mungkin hindari minum teh hijau saat perut kosong atau langsung diteguk setelah makan

perut kosong via www.boldsky.com

Bukan meluruhkan lemak, minum teh hijau di pagi hari saat perut kosong justru bisa meningkatkan asam lambung. Baiknya, teh hijau diminum 30 – 45 menit setelah makan agar protein dan zat besi yang sudah dikonsumsi sebelumnya bisa diserap oleh tubuh terlebih dulu. Kandungan dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi, itulah kenapa kamu jangan minum teh langsung setelah makan.

5. Menurut anjuran, teh hijau boleh diminum 2 – 3 cangkir sehari

dua cangkir saja via www.webmd.com

Karena kaya antioksidan, minum teh hijau terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan hati. Makanya, disarankan untuk minum 2 – 3 cangkir saja per harinya. Cangkir pertama, diminum setelah sarapan, kedua diminum siang hari untuk mengembalikan kesegaran tubuh, dan ketiga minumlah setelah pulang kerja atau sore hari.

6. Setelah meminumnya, usahakan untuk memperbanyak asupan air putih 

minum air putih via www.healthline.com

Nah, karena mengandung kafein yang bersifat diuretik, teh hijau bisa membuatmu buang air kecil terus-terusan. Tapi hal ini bisa disiasati dengan memperbanyak konsumsi air putih setelah meminumnya untuk mengurangi efek diuretik.

Efek samping teh hijau jika dikonsumsi berlebihan atau digunakan nggak sesuai aturan

1. Kelebihan kafein

overdosis kafein via www.chikitea.com

Terlalu banyak mengonsumsi teh hijau bakal membuatmu ketergantungan kafein. Akibatnya, akan muncul masalah kesehatan lain seperti sakit kepala, gangguan tidur, dan kecemasan.

2. Gangguan penyerapan zat besi 

penyerapan zat besi via www.cnnindonesia.com

Inilah alasan kenapa kamu harus meminum teh hijau sesuai waktu anjuran. Sebab, sembarang minum teh hijau apalagi langsung setelah makan bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 70 persen yang nantinya berpengaruh pada kesehatan.

3. Menyebabkan dehidrasi

risiko dehidrasi via www.healthline.com

Teh hijau memiliki sifat diuretik alami yang secara nggak langsung akan membuatmu lebih cepat kehilangan cairan tubuh. Jika diminum terlalu banyak, kamu akan mengalami dehidrasi ringan hingga berat yang dapat memicu sakit kepala, kelelahan, dan tubuh lesu.

4. Berisiko meningkatkan komplikasi medis

komplikasi medis via www.alodokter.com

Meski bermanfaat dan aman dikonsumsi, teh hijau justru bisa memperburuk kondisi kesehatan sebagian orang. Misalnya, mereka yang menderita gangguan kecemasan dan diare. Teh hijau juga nggak aman dikonsumi penderita anemia, glaukoma, dan penyakit jantung. Khusus orang-orang dengan gangguan ini, baiknya konsultasi dulu ke dokter.

Berikut beberapa merek teh hijau yang bagus dan aman dikonsumsi

1. Teh hijau Kepala Jenggot

teh hijau Kepala Jenggot via www.tokopedia.com

Teh hijau diet ini cukup mudah ditemui di pasaran. Berkat kandungan senyawa katekinnya yang lebih besar, teh ini mampu menghambat radikal bebas yang terjadi dalam sel-sel tubuh. Meski disebut-sebut sebagai teh hijau terbaik, harga teh hijau ini cenderung terjangkau, yakni sekitar 16 ribu. Kalau mau mencoba, kalian bisa beli produknya di sini.

2. Teh hijau Tong Tji

teh hijau Tong Tji via www.bukalapak.com

Teh hijau celup ini kaya akan kandungan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, celup kantong teh ke dalam gelas yang sudah berisi air panas bersuhu 80 derajat Celcius dan biarkan selama 2 – 3 menit. Teh hijau harga 20-an ribu ini bisa dibeli di sini.

3. Teh hijau Sariwangi

teh hijau Sariwangi via www.tryandreview.com

Buatmu yang sedang mencari teh hijau di Indomaret, merek Sariwangi ini bisa jadi rekomendasi. Aroma dan rasa teh hijau ini cukup khas, karena dibuat dari perpaduan pucuk daun teh hijau pilihan. Jika penasaran ingin mencobanya, bisa beli produknya di sini.

4. Teh hijau Cap Botol

teh hijau Cap Botol via www.tokopedia.com

Meski harganya murah, tapi rasanya tak kalah dengan merek teh hijau terkenal lainnya. Jika kamu ingin merasakan seduhan teh hijau dengan rasa pahit yang agak dominan, merek ini bisa dijadikan pilihan. Teh hijau ini bisa dibeli di sini.

Selain seduhan, ada juga produk teh hijau gelas, tapi biasanya minuman ini sudah dicampur dengan gula sehingga tak direkomendasikan bagi pelaku diet. Meski manfaatnya segudang, baiknya benar-benar perhatikan cara minum teh hijau agar kamu tak mengalami masalah kesehatan lainnya, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE