Ketika lagi makan di warung makan, kebanyakan orang terbiasa memesan teh sebagai pelengkap makanannya. Setelah makanan habis, apalagi kalau makanannya pedas, rasanya nikmat banget kalau minumnya pakai es teh atau pun teh hangat. Meski teh itu termasuk minuman sehat, tapi ternyata efeknya nggak baik kalau teh langsung diminum setelah makan lo.

Serius, ini penting banget buat kamu perhatikan. Kalau nggak, kerugian-kerugian ini yang bakal kamu dapatkan.

1. Langsung minum teh setelah makan bisa mengganggu pencernaan dan menghambat penyerapan protein dan zat besi

zat besi dalam bayam nggak guna lagi via quantumbio.com.br

Advertisement

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan asam tanin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi, seperti dilansir dari Hello Sehat. Protein dan zat besi dari makanan yang harusnya bisa diserap tubuh malah terikat oleh asam tanin dan polifenol teh di dalam usus.

Padahal, kedua nutrisi ini penting banget lo buat menjalankan berbagai fungsi tubuh, seperti membentuk jaringan dan sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

2. Bukan cuma gizi pada makanannya aja yang nggak terserap dengan baik, senyawa antioksidan pada teh juga jadi berkurang

kandungan antioksidan dalam teh juga nggak maksimal via www.beliefnet.com

Minum teh tepat setelah makan memang menyegarkan sih. Tapi sayang, efeknya nggak cuma mengikat protein dan zat besi, kandungan antioksidan baik yang ada di dalam teh juga jadi berkurang. Padahal yang tadinya antioksidan ini bisa memelihara kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah dan mencegah kanker, malah jadi menurun ketersediaannya ketika udah masuk ke tubuh dan bercampur dengan makanan yang belum tercerna sempurna. Kan sayang~

3. Aktivitas ini juga bisa memicu animea karena tubuh kekurangan zat besi

picu animea via www.youtube.com

Advertisement

Kalau zat besi yang masuk ke tubuhmu terus-terusan terblokir oleh kandungan asam dalam teh, kamu bisa saja terkena anemia. Penyakit akibat kekurangan sel darah merah ini jangan dianggap sepele karena bisa merusak jantung, otak, dan organ lain dalam tubuhmu. Anemia yang udah parah banget bahkan dapat menyebabkan kematian lo!

4. Efek bahayanya bisa lebih parah kalau diderita oleh ibu hamil. Tahu sendiri kan ibu hamil itu butuh banyak asupan zat besi?

nggak baik untuk ibu hamil via www.todaysparent.com

Saat hamil, calon ibu butuh asupan zat besi yang lebih banyak untuk menunjang ketersediaan darah tambahan bagi tubuhnya dan bayinya. Nah, kalau calon ibu ini nggak bisa mencukupi asupan zat besi harian, maka dirinya akan mudah merasa lelah dan terserang infeksi. Selain itu, risiko bayi lahir prematur dan dengan berat badan di bawah normal akan meningkat. Belum lagi kalau sampai terkena kondisi yang namanya postpartum depression alias depresi setelah melahirkan.

Duh, minum teh juga harus tahu waktunya, ya!

5. Terasanya sih segar-segar aja, tapi tahu nggak sih kalau minum teh setelah makan itu malah bikin dehidrasi?

pengen minum terus via fouroclock.ca

Rasa segar yang ditawarkan oleh es teh atau teh hangat yang diminum setelah makan hanyalah sementara saudara-saudaraku. Minum teh setelah makan justru hanya akan meningkatkan rasa haus dan dehidrasi setelahnya. Dehidrasi ini dipicu oleh sifat diuretik atau bikin kamu pengen pipis terus yang terdapat di dalam daun teh kering. Jadi, jangan tergoda hal-hal yang fana ya!

Sampai di sini, Hipwee Tips bukannya melarangmu untuk minum teh setelah makan lo ya. Baiknya beri jeda minimal setengah jam atau paling baik 2 jam setelah makan sambil menunggu zat-zat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh tercerna dulu dengan baik. Biar nggak seret, kamu bisa minum air putih terlebih dahulu.

Kalau bisa tertib begini, nutrisi yang masuk di tubuhmu bisa terserap dengan baik, pun kandungan teh yang bermanfaat juga bisa bekerja dengan baik pula. Nggak percuma kan jadinya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya