Dulu, cowok yang menghabiskan lebih dari 15 menit di kamar mandi bakal langsung dihakimi dengan tuduhan yang macam-macam. Tapi waktu sudah berubah. Kini cowok nggak lagi segan memperhatikan kebersihan tubuh dan kerapian penampilannya. Bahkan perawatan ke salon atau percobaan dengan berbagai krim dan gel pun dijabani oleh mereka.

Tapi trik buat jadi ganteng itu nggak terletak pada krim atau gel yang kamu pakai. Tidak pula pada apa yang kamu lakukan selama 2 jam di kamar mandi. Cara terbaik untuk jadi ganteng adalah membangun kebiasaan sehari-hari yang cepat dan sederhana di bawah ini. Dijamin, kamu gak perlu ngeluarin ratusan ribu hanya untuk beli pelembab yang akhirnya cuma bikin kulitmu perih kemerah-merahan.

1. Rutin Ke Barber Shop

Bulan depan datang lagi ya via manual.co.id

Mencari tukang pangkas rambut yang cocok emang susah. Bila kamu udah menemukan barber shop yang pas dan menegerti kamu, teruslah datang ke barber shop yang itu. Menjadi pelanggan di satu tempat pangkas akan mengurangi secara drastis risiko salah potong atau salah gaya rambut.

Jadwalkan kedatanganmu ke sana — kalau perlu bikin janji ketemu tiap 3-4 minggu sekali. Kebanyakan cowok menunggu hingga rambutnya berantakan sebelum akhirnya memangkasnya, tapi kamu harus lebih baik daripada itu. Kuncinya ialah proaktif (bukan reaktif) terhadap kerapian rambut.

2. Gunakan Produk Rambut Yang Sesuai

Advertisement

Gunakan produk yang tepat via realguyswearties.com

Jenis produk rambut saat ini jauh lebih rumit dibanding era brylcreem kakek kita dulu. Kini ada gel, spray, wax, pomade, dan yang cair seperti tonik dan serum. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Rambut yang tebal dan bervolume bisa ditata dengan wax atau pomade, sementara rambut tipis sebaiknya diolesi produk yang lebih ringan — seperti tonik atau spray. Kalau kamu gak ngerti jenis rambut yang kamu punya, tanya pada tukang pangkas rambutmu. Tuh ‘kan, satu lagi alasan kenapa kamu harus setia sama tukang pangkas rambut yang sama.

3. Tentukan Aroma Khas Tubuhmu

Gak perlu wangi menusuk, yang penting khas via www.becomegorgeous.com

Aroma tubuh cowok bisa tercipta dari perpaduan parfum, lotionafter-shave dan aroma tubuhnya sendiri. Kamu tentunya gak mau aroma yang kamu hasilkan terlalu tajam hingga membuat pengendara motor di belakangmu pingsan. Aroma yang baik adalah aroma yang lembut dan punya ciri khas. Daripada gonta-ganti parfum, mending kamu tentukan maksimal 2 merek yang menurutmu sesuai dengan karaktermu. Ketika parfum udah berpadu dengan aroma asli tubuh, kamu bakal mampu menciptakan ciri khasmu sendiri.

4. Perawatan Ekstra Buat Gigi Kamu

Investasi di teknologi gak pernah salah via www.nabawia.com

Dua hal yang pertama kali dilihat cewek dari seorang cewek: sepatu dan senyumanmu. Mungkin sepatu kamu udah paling mahal di kelasnya, jadi sekarang kenapa nggak mengeluarkan duit ekstra buat keindahan gigimu? Gunakan sikat gigi elektrik karena selain praktis, sikat ini juga menghancurkan lebih banyak plak dibanding sikat gigi biasa. Gusi kamu juga gak bakal gampang luka dengan sikat elektrik.

Oh ya, berkumurlah penyegar mulut setelah sikat gigi di pagi hari. Selain terlihat bersih, mulut juga harus wangi.

5. Cukur Bulu Yang Berlebihan

Gak mau terlihat gini kan? via news.toyark.com

Sebagian orang menganggap itu seksi. Tapi jika bulu di sekujur tubuh udah tumbuh gak karuan, mending langsung dicukur aja deh. Kamu mau dikira Kera Sakti?

Kadang bulu juga tumbuh di tempat yang jarang kamu lihat, seperti punggung dan (sorry) bokong. Jadi kamu harus lebih perhatian pada “daerah” ini. Satu hal yang wajib kamu ingat kalau mau mencukur bulu tubuh: JANGAN gunakan cukuran buat kumis/janggut!

6. Scrub Wajah Secara Rutin

Scrub DIY via www.mintspa.org

Lakukan ini minimal seminggu sekali. Misalkan, tiap hari Senin pagi. Bisa aja ‘kan wajah kamu kotor akibat kebanyakan main di akhir pekan? Tapi kalau mau, kamu juga bisa melakukannya tiap wajahmu terasa kusam dan kotor.

Banyak produk wajah yang menggunakan rekayasa ilmiah untuk menciptakan sensasi scrub yang kasar — seperti misalnya micro-beads. Padahal, scrubs yang baik bukan sekedar krim yang terasa kasar di wajah, melainkan pencuci muka bertekstur yang mengangkat sel kulit mati. Kamu harus bisa memilih produk yang beneran face scrubs, bukan cuma yang butirannya terasa kasar aja. Kamu juga bisa bikin scrub-mu sendiri dari bahan dasar gula merah, garam, atau oatmeal.

7. Rapikan Janggutmu

Choky butuh perawatan janggut besar-besaran via www.bintang.co.id

Terserah mau mau setebal dan sepanjang apa, janggut harus selalu dirawat dan dijaga kerapiannya. Kalau nggak, janggutmu bakal terlihat seperti semak-semak yang menempel di wajah. Gunakan gunting kecil atau pemotong khusus janggut sekalian untuk merapikan janggutmu, dan biasakan melakukannya seminggu sekali. Pertahankan panjang dan tebalnya agar tetap rapi. Oleskan minyak atau lotion jika menurutmu perlu.

8. Untuk Yang Suka Tampil Tanpa Brewok…

Mungkin kamu butuh tangan profesional via danywhere.com

Bagi cowok yang suka tampil clean-shaved, perdalam lagi skill bercukurmu. Mungkin akan memakan waktu yang agak lama, tapi menguasai teknik dasar bercukur itu sangat penting. Sebelum bercukur, lakukan perisapan untuk kulit dengan mengoleskan krim/minyak cukur agar mata pisau bisa meluncur dengan mulus di kulit wajah. Untuk mengurangi iritasi, rendam dulu alat cukur kamu dalam air hangat. Pisau yang hangat akan melebarkan pori-pori, sehingga mengurangi risiko iritasi. Jika kamu belum juga becus cukuran, mintalah tolong ke kakekmu tukang pangkas rambut langgananmu.

9. Kaki Juga Perlu Perhatian, Lho

Batu apung untuk kaki via www.bintang.co.id

Bertelanjang kaki di pantai jadi lebih memungkinkan kalau kakimu bersih, sehat, dan terawat. Biasakan membersihkan kaki dengan menggunakan batu apung. Batu apung akan mengangkat kotoran dan kulit mati di telapak kakimu. Lakukan ini ketika atau setelah kamu mandi, karena kulitmu akan terasa lebih halus. Setelah mandi, usapkan krim kaki untuk memberinya nutrisi yang dibutuhkan.

10. Hapus Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Perawatan buat mata via www.thegroomingclinic.com

Kita semua mengerti betapa sibuknya kamu tiap hari kerja, atau betapa nikmatnya rasa begadang tiap akhir pekan. Tapi kamu nggak perlu mengumbar semua itu lewat kantung mata yang tebal dan gelap. Mata panda bikin kamu tampak tua dan sakit.

Jangan ragu-ragu buat membeli produk perawatan khusus mata. Pelembab wajah memang baik, namun tidak cocok untuk kulit di bawah mata yang tipis dan rapuh. Kamu butuh roll on khusus buat mata.

11. Jangan Biarkan Alismu Menyatu

Alis tebal bukan masalah. Tapi alis yang menyatu di atas batang hidung bakal bikin kamu terlihat konyol seperti meme di internet. Perhatikan daerah di atas batang hidung. Alis yang keluar dari garisnya juga mestinya kamu rapikan.

Mencabutnya satu-satu akan sakit dan makan waktu, sementara menggunakan pisau tajam dengan tangan sendiri hanya akan membuatnya tumbuh lebih lebat lagi. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Minta tolong dong dengan tukang pangkas andalanmu.

12. Jangan Lupakan Hal Remeh Seperti Kuku

Bersih rapi via www.pamperedprince.co.uk

Kuku yang panjang dan kotor gak bakal enak dipandang mata. Pastikan kamu memotong kuku seminggu sekali. Lakukan ini setelah mandi, karena kuku akan lebih mudah dipotong saat lembut. Gosokkan hand lotion untuk menyiasati kutikula dan kulit kering di sekitar kuku. Simpel aja, ‘kan?

Tuh, menjadi ganteng bukan berarti kamu harus ikut perawatan di pusat kecantikan yang mahal. Perawatan bisa kamu mulai sesaat setelah kamu bangun, dan sesaat sebelum kamu tidur. Selayaknya bahagia, menjadi ganteng itu sederhana.