8 Manfaat Terong Belanda yang Sering Dijadikan Minuman Segar. Cegah Anemia, Bikin Awet Muda

Terong Belanda

Di negara kita, terong dikenal sebagai sayuran berwarna ungu dan kehijauan yang rasanya lezat jika diolah menjadi sayur, sambal goreng, hingga lalapan. Tapi tahukah kamu, ada jenis buah mirip terong yang disebut sebagai terong belanda? Terong Belanda ini berasal dari Peru, Amerika Selatan, namun pertama kali diperkenalkan dan dibudidayakan oleh warga negara Belanda. Bentuknya bulat memanjang mirip telur ayam berwarna cokelat keunguan. Daging buahnya berwarna kuning kehitaman, teksturnya lunak, dan rasanya asam manis. Terong belanda ini kerap diolah menjadi minuman segar, selai, sirup, atau sebagai campuran salad.

Advertisement

Melansir Kompas, terong belanda kaya akan kandungan zat gizi seperti vitamin C, pro vitamin, juga senyawa fenolik yang sangat baik sebagai sumber antioksidan alami untuk mencegah penyakit kronis, termasuk kanker. Sedangkan kandungan seratnya sangat baik untuk mengontrol kadar lemak darah dan mengatasi sembelit. Berikut beberapa manfaat terong belanda bagi tubuh jika dikonsumsi rutin, mulai dari cegah anemia hingga bikin awet muda.

1. Manfaat terong belanda untuk menurunkan kadar gula darah

stabilkan gula darah | credit: anna.pustinnikova via id.depositphotos.com

Kamu dapat mengonsumsi terong belanda ungu yang kaya akan asam klorogenik. Asam inilah yang dapat mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Di dalam terong belanda juga terkandung antioksidan tinggi yang berpotensi mengurangi stres oksidatif pada organ pankreas dan hati.

2. Terong belanda juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan jantung

pelihara kesehatan jantung | credit: ammmit via id.depositphotos.com

Kalium merupakan nutrisi yang berperan menyeimbangkan kadar natrium berlebih pada jantung. Kamu bisa mendapatkan kalium ini dari terong belanda. Selain itu, terdapat juga magnesium pada terong belanda yang optimal menjaga kesehatan jantung.

Advertisement

3. Kandungan vitamin A pada terong belanda bisa dijadikan alternatif asupan untuk kesehatan mata

untuk kesehatan mata | credit: kajaNi via id.depositphotos.com

Vitamin A yang terkandung pada terong belanda juga tak kalah besarnya dengan wortel dan tomat. Cukup rutin konsumsi 1 buah atau sekitar 50 gram terong belanda setiap hari. Jika ingin membuat jus terong belanda, jangan tambahkan gula di dalamnya agar nutrisi yang kamu dapatkan lebih optimal.

4. Vitamin B kompleks di dalam terong belanda berfungsi sebagai nutrisi bagi organ serta jaringan sel tubuh yang bisa memaksimalkan kekebalan tubuh

memelihara kekebalan tubuh | credit: OlegDoroshenko via id.depositphotos.com

Di dalam terong belanda terkandung vitamin B kompleks yang bermanfaat mengatur metabolisme tubuh. Jika kamu sering kelelahan, buah terong belanda dapat menjadi alternatif bahan makanan untuk menguatkan kekebalan tubuh. Kamu bisa langsung mengonsumsinya atau dibuat menjadi jus.

5. Minimnya kalori dalam terong belanda juga bagus untuk mengurangi kelebihan berat badan

untuk diet | credit: fotografiartedigital via id.depositphotos.com

Terong belanda kalorinya hanya 24 kalori, sedang serat dan kadar airnya tinggi. Kamu yang sedang diet bakal cepat kenyang jika mengonsumsi terong belanda dalam waktu beberapa jam. Tak hanya itu, terong belanda juga bisa melawan sel-sel lemak.

Advertisement

6. Kadar vitamin C yang tinggi dalam terong belanda ampuh menangkal radikal bebas

tangkal radikal bebas | credit: CHROMORANGE via id.depositphotos.com

Kadar vitamin C pada terong belanda tergolong cukup tinggi. Vitamin yang dapat larut dalam air ini berperan penting dalam membersihkan radikal bebas plasma serta mencegah masuknya partikel LDL dalam darah. Karena dapat larut dalam air, sebaiknya konsumsi terong belanda dalam keadaan utuh, tanpa dimasak atau diolah lebih lanjut agar vitamin C di dalamnya dapat lebih optimal diserap.

7. Terong belanda juga dipercaya jadi salah satu buah yang baik untuk tambah darah berkat adanya kandungan zat besi di dalamnya

tambah darah | credit: dalomo84 via id.depositphotos.com

Terong belanda yang kaya akan vitamin C yang berperan besar dalam melawan penyakit. Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi yang ditemukan di dalam buah ini. Hal ini juga penting dalam pembuatan sel baru dan pembersihan radikal bebas dalam darah yang dapat merusak sel.

8. Terong belanda menawarkan berbagai vitamin A, C, dan E yang juga penting untuk memastikan kulit tetap sehat dan bercahaya

bagus untuk kulit | credit: ildi_papp via id.depositphotos.com

Selain multivitamin, ada juga kandungan antosianin, fenol, dan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari stres oksidatif dan polusi akibat radikal bebas. Terong belanda juga bermanfaat sebagai agen antipenuaan. Sama seperti tomat biasa, buah ini dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk berbagai masalah kulit dengan cara dibuat menjadi masker alami.

Cara membuatnya mudah: haluskan dua sendok teh oatmeal, satu buah terong belanda, dan perasan 1 buah lemon. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas masker ini dengan air hangat.

Demikian beberapa manfaat baik terong belanda bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Jadi, jangan ragu lagi mencoba terong belanda yang tersedia di gerai jus langgananmu, ya!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE