Kamu yang Sering Tidur Menjelang Magrib Bakal Tertimpa 5 Kesialan ini. Masih Ngeyel Juga?

tidur saat magrib

Kebanyakan orang tua seringkali melarang anaknya untuk nggak tidur di sore hari, apalagi menjelang magrib. Selain kerap dikaitkan dengan hal mistis atau masalah agama, tidur saat magrib juga disebut-sebut dapat membuat kita mengalami gangguan suasana hati. Bahkan pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa tidur terlalu sore ternyata memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Waduh!

Advertisement

Jika kamu masih saja ngeyel dan tetap melanjutkan kebiasaan tidur menjelang magrib, baca dulu nih beberapa kerugian yang dirasakan tubuh saat kamu kerap tidur di sore hari atau menjelang magrib. Semoga menyadarkanmu, ya!

1. Orang yang tidur menjelang magrib dipercaya memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi daripada mereka yang nggak tidur di waktu tersebut

kolesterol lebih tinggi via www.healthline.com

Tubuh akan melakukan proses metabolisme yang optimal pada sore hari. Nah, ketika kamu justru dalam kondisi tidur, maka akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan keseimbangan hormon yang akhirnya bikin jumlah kolesterol jahat meningkat. Itulah sebabnya orang yang tidur di sore hari atau menjelang magrib rentan berisiko penyakit kolesterol.

2. Metabolisme tubuh yang terganggu juga menyebabkan seseorang yang tidur pada sore hari mengalami penurunan daya tahan tubuh

Penurunan daya tahan tubuh via hellosehat.com

Di jam-jam sore hari menjelang magrib, tubuh sedang berada di puncak kebugarannya. Otak secara otomatis akan memberikan instruksi kepada seluruh organ tubuh agar tetap aktif. Tapi kalau kamu justru tidur, tubuh jadi tidak tanggap dengan cepat, maka kondisi badan pun akan terasa kurang sehat dan segar. Hal ini pengaruh juga ke daya tahan tubuhmu.

Advertisement

3. Tidur menjelang magrib juga dapat membuatmu hilang ingatan dalam sesaat. Jangan disepelekan, rupanya pengaruh ke ingatan jangka panjang juga lo!

Seringkali orang akan mengalami disorientasi waktu ketika baru saja bangun tidur hingga melewati magrib. Kebanyakan mengira bahwa hari sudah pagi. Hal ini disebabkan karena tubuh nggak menyadari perubahan terang menjadi gelap sehingga memicu kebingungan dan gangguan daya ingat. Nggak jarang kamu pun jadi gelisah dan uring-uringan.

4. Bukannya makin segar dan berenergi, bangun dari tidur yang melewati magrib justru bikin badan jadi kaku dan pegal-pegal

badan lemas via ahbeard.com

Karena sore hingga petang adalah waktu terbaik untuk beraktivitas fisik, jika kamu memaksakan diri untuk tidur, badanmu akan berusaha menyesuaikan diri terhadap perubahan yang mendadak. Otot dan paru-paru yang lagi kuat-kuatnya jadi terpaksa melemas. Karena ini bukan ritme sirkadian alias program harian tubuhmu, ketika bangun tidur selepas magrib, tubuhmu malah jadi pegal-pegal dan nggak nyaman.

5. Ini yang paling ngeri. Tidur menjelang magrib juga menyebabkanmu rentan terserang penyakit diabetes lo!

rentan diabetes via www.theladders.com

Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga akan mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin. Ujung-ujungnya jadi diabetes, kan?

Tidur menjelang magrib yang katanya banyak nggak bagusnya itu memang benar adanya. Bukan karena mistis, selain memang mengganggu jam ibadah (khusus kamu yang muslim), tidur yang terlalu sore ini menganggu kesehatanmu banget ke depannya. Lagipula, jam tidur malammu jadi makin molor lagi. Dobel-dobel deh ruginya 🙁

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE