Bagi seorang wanita, berdandan adalah salah satu kegiatan yang nggak bisa dihindari. Bersolek di depan kaca dengan bedak dan gincu di tangan, bisa bikin penampilan lebih sedap dipandang mata. Namun, untuk sebagian cewek, dandan itu menghabiskan banyak waktu dan ribet karena harus pakai produk ini-itu yang kadang bikin bingung.

Kalau sebelumnya Hipwee menelurkan artikel Perjuangan Cewek-Cewek yang Nggak Doyan Dandan, artikel kali ini akan menambah wawasan kamu soal dandanan. Semoga bisa membantu kalian yang sedang berjuang untuk bisa dandan dan mendorongmu yang nggak doyan dandan untuk mulai menjajal.

1. Selalu bersihkan wajah sebelum kamu dandan

bersihkan wajah sebelum dandan via www.girlsgonesporty.com

Girls, harus dicamkan bahwa membersihkan wajah sebelum berdandan itu wajib dilakukan. Selain membuat wajahmu kelihatan segar, wajah yang bersih lebih mudah didandani. Selain itu, membersihkan wajah juga mencegah kotoran dan minyak berlebihan menumpuk di kulitmu.

Membilas dengan air atau gunakan susu pembersih dan penyegar dapat menambah kesegaran wajah sebelum didandani.

2. Jadikan pelembab sebagai sahabatmu

Advertisement

Pelembab itu penting buat wajahmu via healthysake.com

Buat yang nggak doyan dandan, ingatlah: jadikan pelembab sebagai sahabat wajahmu. Secuek-cueknya kamu, kulit wajahmu butuh perhatian. Salah satu caranya dengan menggunakan pelembab. Pelembab inilah yang menolong kulit wajahmu supaya terlihat segar, tidak kering, dan juga menjaga kelembaban kulit wajah.

Bagaikan pondasi bangunan, pelembab inilah yang menjadi dasar riasanmu. Pelembab akan membuat bedak dan riasanmu bertahan lebih lama di wajah. Sebaiknya, pilih produk pelembab yang juga mengandung SPF 30 untuk melindungi kulitmu dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa memilih produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya!

3. Dandan itu gak selamanya harus pakai BB cream atau alas bedak (foundation) 

pakai bedak saja cukup kok via makeupandbeauty.com

Bagi cewek-cewek yang nggak doyan dandan, penggunaan BB Cream atau foundation agaknya membuat proses dandan itu kelihatan ribet. Tenang, hanya bermodalkan bedak, kamu bisa kok kelihatan menawan. Yang terpenting adalah oleskan pelembab sebelum menggunakan bedak. Pilih warna bedak yang sesuai warna kulit wajahmu ya. Gunakan secukupnya saja, kalau berlebihan nanti kamu bisa terlihat seperti ini:

selebriti aja melakukan kesalahan di warna bedak loh via www.mirror.co.uk

Kalau kamu memilih menggunakan BB cream atau foundation juga nggak masalah kok. Ingat: gunakan alas bedak yang sesuai dengan warna dan jenis kulit wajahmu. Salah-salah, nanti wajahmu bisa terlihat aneh, palsu, dan seperti topeng.

Kalau kamu bingung, jangan khawatir! Sekarang banyak produk kecantikan yang menyediakan beragam warna sesuai jenis kulitmu. Jadi, buat kamu yang sedang belajar dandan, jangan ragu untuk bertanya ke petugas di toko, atau biasanya disebut beauty advisor (BA). Mereka akan dengan senang hati membantu memilihkan alas bedak yang pas untuk kulitmu.

pilih alas bedak sesuai warna kulitmu via aboutsomethingpretty.blogspot.com

warna alas bedak yang pas membuat wajahmu terlihat lebih natural via www.beautyscribbler.com

4. Alis yang rapi akan membuat auramu berbeda

Alis mata yang rapi via www.kandeej.com

Bagi seorang wanita, alis merupakan bingkai wajah yang akan membuat dia terlihat makin indah dipandang mata. Alis yang kurang rapi bisa membuat wajahmu terlihat kurang menawan. Tidak ada salahnya kok untuk kamu merapikan alis. Alis yang rapi bisa bikin auramu berbeda. Kalau kamu takut untuk merapikan alis sendiri, kamu bisa pergi ke salon dan meminta bantuan mbak/mas di salon merapikan alismu.

Bagi mereka yang pintar bersolek, alis itu harta karun yang harus dijaga keberadaannya. Mereka sudah tahu bentuk alis dan dengan gampang membentuk alis sendiri.

5. Pensil alis bisa jadi pahlawan untuk wajahmu

pensil alis jadi pahlawan alismu via www.kandeej.com

Salah satu cara mensiasati bentuk alis adalah dengan menggambarnya menggunakan pensil alis. Kamu punya alis tipis? Pensil alis menolong alismu terlihat tebal. Buat kamu yang masih belajar dandan, membentuk alis memerlukan waktu yang nggak sebentar. Ada baiknya kamu belajar dari temanmu yang pintar bersolek.

Ingat, selalu sesuaikan bentuk alis dengan bentuk wajahmu. Kalau ketebelan atau tidak seimbang, wajahmu bisa terlihat sangat galak atau malah bisa terlihat aneh. Alis memang terlihat remeh, tapi jangan pernah anggap enteng keberadaan alis bagi maksimalnya penampilanmu ya, girls!

GAGAL BANGET! via justsomething.co

 6. Menggunakan eyeliner bisa membuat matamu lebih cantik dan bersinar

Eyeiner membuat matamu lebih bersinar via www.seventeen.com

Buat yang masih dalam tahap belajar dandan atau yang nggak doyan dandan, coba deh sesekali menggunakan eyeliner. Menggoreskan eyeliner di kelopak mata bisa membantu penampilan kamu jadi lebih beda dan akan mempertegas pancaran sinar mata.

Eyeliner pun jadi penyelamat si mata sipit. Mata yang awalnya terlihat kecil, bisa terlihat lebih lebar berkat pertolongan eyeliner. Oh iya, bagi pemula Hipwee sarankan kamu pilih eyeliner yang berbentuk pensil atau spidol saja. Dua jenis eyeliner ini lebih mudah untuk digunakan.

Eyeliner bisa membuat matamu lebih bersinar via blog.artistrhi.com

7. Eyeshadow dan maskara itu nggak wajib kamu pakai untuk riasan kok, kecuali untuk acara tertentu

Ini loh eyeshadow via www.allurabeauty.com

Mendandani bagian mata memang butuh kesabaran. Nggak heran banyak cewek-cewek yang menganggap dandan itu ribet dan susah. Tapi, sesekali kita perlu juga mempercantik mata dengan eyeshadow dan maskara.

Wajib kamu tahu, mengaplikasikan eyeshadow itu ada triknya. Pertama gunakan warna gelap, yang kedua warna yang sedang, dan diakhiri warna yang paling terang. Barangkali di kali pertama kamu akan merasa kesulitan. Tapi seiring dengan waktu, kamu nanti juga terbiasa. Kalau sudah mahir, nanti kamu bisa bereksperimen dengan berbagai macam warna yang ada palette eyeshadow.

tata cara menggunakan eye shadow via girlinpinkstilettos.blogspot.com

Kalau untuk riasan sehari-hari, dua benda ini nggak wajib kamu pakai kok, kecuali kamu berniat datang ke acara yang sangat formal dan kamu harus full make up.

Selain eyeliner dan eyeshadow, ada lagi nih teman untuk si mata, namanya maskara. Maskara bisa membantu kamu menebalkan bulu mata yang tipis supaya terlihat lebih tebal dan lentik.

ini mascara via www.samantha-davis.com

Lihat bedanya kan? via www.samantha-davis.com

8. Gunakan perona pipi agar penampilanmu lebih cerah

ini loh blush on via ori-beauty.blogspot.com

Fungsi utama perona pipi adalah menonjolkan tulang pipimu dan mencerahkan wajah. Perona pipi dengan warna yang natural (merah muda, orange, dan peach) dapat membuat tampilanmu lebih girly. Poleskan mulai dari tulang pipi hingga bagian telinga tipis saja. Lihat saja bedanya, wajahmu terlihat lebih segar dan kecantikanmu akan terpancar.

Nah, sekarang ada produk yang bisa digunakan untuk perona pipi dan pewarna bibir. Sebutannya lip and cheek stain. Buat kamu yang nggak mau ribet dandan, kamu bisa menggunakkan produk ini biar wajahmu jadi lebih cerah. Kamu juga nggak repot bawa pewarna bibir kemana-mana karena sudah ada dalam satu paket.

Perona bibir dan perona pipi dalam satu benda via www.blushingloves.com

bisa untuk pipi dan bibirmu via blog.ecoetsy.com

9. Banyak pilihan untuk teman bibirmu: lip butter, lip balm, lip gloss, lipstick dan lip tint. Pilih saja sesuai kebutuhan.

lip butter, lip balm, lip gloss, lipstick, lip tint via www.meredone.com

Kamu bingung dengan banyaknya produk untuk bibir? Ada lip balm, lip gloss, lipstick dan lip tint. Bedanya apa?

  • Lip balm: melembapkan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah.
  • Lip gloss: membuat bibir lebih berkilap.
  • Lipstick: pewarna bibir yang lebih tahan lama warnanya. Sedikit “tebal”.
  • Lip tint: Pelembap bibir yang warnya tahan lama dan bentuknya cair

Jangan bingung! Semuanya tergantung kebutuhanmu mau pakai yang mana. Yang penting bibirmu terlihat menawan dan cerah, jadi saat senyum pun kamu terlihat cantik.

10. Nggak semua produk kecantikan cocok untuk kulit wajahmu. Jadi, kenali jenis kulit wajah dan warna kulitmu supaya saat membeli produk kecantikan kamu nggak bingung.

pilih yang pas untuk wajahmu via www.tumblr.com

dandan itu perlu loh via www.evepearl.com

Untuk yang malas bersolek, dandan itu kadang terlihat ribet dan menghabiskan waktu. Tapi tidak ada salahnya dicoba! Mempercantik diri dengan riasan simpel dan sederhana cukup kok. Lewat jalan ini penampilanmu bisa terlihat lebih menawan dan kecantikanmu juga akan lebih terpancar.

Setelah tahu tips bersolek sederhana ini, kamu yang gak bisa dandan jadi makin percaya diri dong untuk tampil cantik?