4 Syarat Lolos Chevening Scholarship, Beasiswa yang Katanya Paling Sulit Ditembus

“Banyak orang yang mengatakan bahwa beasiswa Chevening merupakan salah satu beasiswa tersulit untuk diraih… Menurutku, banyak orang yang kurang memahami materi pertanyaan essays yang diberikan….,” ungkap Putri Kanesia.

Ketika membicarakan beasiswa Chevening, anggapan sulit ditembus biasanya langsung terbayang. Nggak sedikit orang yang pengin studi dengan beasiswa ini pun minder duluan dan akhirnya mundur pelan-pelan. Namun, penerima beasiswa Chevening ini memiliki sudut pandang yang lain, SoHip.

Putri Kanesia, 37 tahun, merupakan seorang pengacara sekaligus peneliti yang bekerja sebagai Regional Advocacy Associate di lembaga HAM regional, Asia Justice and Rights/AJAR. Ia membocorkan hidden tips agar lolos seleksi beasiswa Chevening. Ssst… menurut Putri, kalau bisa menerapkan 4 trik ini, sebenarnya beasiswa Chevening nggak sesulit itu, lo.

Apa aja yang 4 trik yang dimaksud Putri?

Simak, yuk, ulasannya! Wajib dicatat, ya, terutama untuk kamu yang punya impian studi di Inggris~

Langkah pertama, perhatikan dulu persyaratan yang dibutuhkan untuk daftar beasiswa Chevening

Juni 2021, Putri mendapatkan kabar bahagia. Dirinya dinyatakan lolos beasiswa Chevening, padahal sebelumnya ia sempat merasa nggak mungkin lolos karena pengumuman yang mundur beberapa minggu dari timeline awal.

“Saya mengambil program studi LLM International Human Rights Law di University of Essex,” terang Putri.

Sebelum akhirnya lolos, Putri harus menyiapkan dan memenuhi persyaratan dulu. Syarat yang pasti, kandidat harus menyelesaikan studi S1 dan memiliki pekerjaan, baik kerja full time, part time, atau volunteer, selama minimal 2 tahun atau setara 2,800 jam. Kabar terbaru yang cukup melegakan adalah pihak Chevening nggak lagi menetapkan skor IELTS sebagai salah satu persyaratan.

Kemudian, kandidat harus mengisi formulir secara online. Kandidat akan diminta menuliskan data diri hingga pertanyaan esai seputar seputar kepemimpinan, networking, pilihan studi, dan rencana karier.

Berbeda dari beasiswa lain, ini dia tahapan beasiswa Chevening yang harus dilalui

Dibutuhkan kesabaran dan keuletan ketika mendaftar beasiswa, tapi sepertinya kamu harus menyiapkan lebih besar energi saat mendaftar beasiswa Chevening. Mengapa? Soalnya, proses pendaftaran sampai pengumuman beasiswa ini cukup panjang. Biasanya, pendaftaran dibuka pada Agustus dan ditutup pada awal November.

Tim Dalam Artikel Ini