Libur Lebaran sudah tinggal menghitung hari, itu artinya musim mudik dan libur panjang hampir tiba. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia ketika hari Lebaran tiba, orang-orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing, terlebih mereka yang merantau. Sebagian menggunakan trasportasi umum sebagai pilihan untuk melakukan perjalanan, sebagian lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, bagi mereka yang menggunakan transportasi umum, sudah pasti kendaraan pribadinya akan ditinggal di rumah dong, ya. Terus gimana ya, nasib kendaraan yang ditinggal itu? Hipwee punya tips menarik yang bisa kalian lakukan nih, simak yuk!

1. Pertama, tentunya simpan kendaraanmu di tempat yang aman, jangan lupa tambah kunci pengaman pintu garasi atau gerbang, ya!

Amankan pintu gerbang dan garasi via www.google.com

Advertisement

Sebelum membahas yang lain, pastikan dulu bahwa kendaraan kalian disimpan di tempat yang aman, dan jika memang diperlukan, tambah kunci pengaman untuk pintu garasi atau gerbang. Perlu diingat ya, ini adalah salah satu langkah utama yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan sehingga kalian dapat bepergian dengan aman.

2. Cuci kendaraan terlebih dahulu, selain agar ketika balik kalian nggak kesusahan untuk membersihkan, kendaraan yang bersih akan dihindari tikus

Cuci kendaraan sebelum mudik via www.beyourcar.com

Cara ini tergolong penting apalagi untuk kalian yang berniat meninggalkan rumah dan kendaraan pribadi lebih dari 5 hari lamanya. Dengan mencuci kendaraan terlebih dahulu, langkah itu akan meminimalisir tumbuhnya noda jamur pada kendaraan ketika ditinggal beberapa hari, apalagi bagian dalam mobil. Penting banget!

3. Kalau udah dicuci, jangan lupa untuk kasih sarung atau cover kendaraan, percuma dong habis dicuci tapi dibiarkan terbuka gitu aja~

Cover kendaraan via www.elevenia.co.id

Penggunaan sarung atau cover kendaraan ini penting banget agar kendaraan kalian terhindar dari debu saat ditinggalkan. Tapi perlu diperhatikan lo, jangan asal pilih cover yang sembarangan, karena alih-alih akan melindungi dari debu, cover yang terbuat dari material yang tidak baik hanya akan membuat kendaraan kalian menjadi lembab dan akhirnya malah tumbuh jamur.

4. Penuhi bahan bakar dulu meski kendaraanmu hendak ditinggal, agar nanti ruang bahan bakar dan pembakarannya nggak berkarat

Penuhi bahan bakar terlebih dahulu via texaco.co.uk

Advertisement

Langkah ini biasanya seringkali dilupakan karena sebagian orang berpikiran bahwa kendaraan yang tidak dipakai tidak perlu diisi bahan bakar. Tapi hal itu rupanya fatal lo, apalagi hendak ditinggalkan berhari-hari. Tangki bahan bakar yang tidak terisi secara penuh akan terkontaminasi karena terdapat ruang kosong yang akan menimbulkan terciptanya bulir air. Kalau udah berkarat susah lo bersihinnya!

5. Untuk menahan agar mobil tidak menggelinding karena garasi kalian lantainya miring, jangan gunakan handrem, ya!

Penggunaan hand rem sangat tidak dianjurkan untuk waktu yang lama via fastnlow.net

Penggunaan handrem dalam waktu yang lumayan lama akan membuat rem itu sendiri lengket dengan roda mobil, hal itu akan berakibat korosi yang terjadi pada bagian roda. Apalagi kita nggak tahu juga kan, bagaimana kondisi kepingan besi pada rem tersebut, apakah bersih atau kotor. Sebagai gantinya, penggunaan pengganjal roda sangat dianjurkan.

6. Titip kunci kendaraan pada anggota keluarga ataupun tetangga yang tinggal di dekat rumah

Memasrahkan kepada tetangga rumah via www.rd.com

Bagi kalian pemilik kendaraan dengan mesin berkapasitas besar, menitipkan kunci pada orang terdekat itu juga sangat dianjurkan. Sebab ketika ditinggal mudik, kendaraan kalian akan tetap bisa dipanaskan mesinnya oleh orang yang dititipi kunci tadi. Dan yang lebih penting lagi, jika sewaktu-waktu rumah kalian mengalami kecelakaan misalnya, kebakaran atau semacamnya, kendaraan kalian akan tetap bisa diselamatkan.

Nah, itu tadi beberapa hal simpel yang bisa kalian lakukan saat akan meninggalkan kendaraan kalian di rumah ketika ditinggal mudik. Semoga selamat sampai tujuan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya