5 Trik Sukses Ujian Tanpa Sistem Kebut Semalam. Nggak Instan, Sampai Wisuda pun Masih Paham

Tips sukses ujian semester

Musim ujian semakin dekat, kamu pun harus segera mempersiapkan diri. Saat ingin belajar, tiba-tiba kamu sadar bahwa selama satu semester ini kerjaanmu hanya ‘haha-hihi’. Nggak jarang, mahasiswa sering menghalalkan sistem kebut semalam. Mungkin bagi beberapa orang cara ini akan berhasil, apalagi jika orang tersebut punya kapasitas otak seperti Einstein. Tapi apa kamu yakin sanggup?

Advertisement

Jangan khawatir, buat kamu yang ingin sukses mengerjakan ujian, 6 cara ini bisa kamu lakukan. Ingat, sukses itu butuh proses dan tidak bisa instan!

1. Pastikan untuk mempelajari materi ujian yang akan diujikan. Jangan sampai apa yang kamu pelajari tidak keluar di ujian!

pelajari materi yang diujikan via www.freepik.com

Sebelum mulai belajar, pastikan dulu materi apa saja yang keluar saat ujian. Kamu bisa bertanya pada temanmu atau langsung pada dosen. Jangan sampai kamu belajar materi yang tidak diujikan. Bukannya melarangmu untuk belajar banyak hal, tapi hal ini akan membantumu untuk fokus pada materi tertentu sehingga yang kamu pelajari akan tepat sasaran.

2. Pahami metode belajar ala kamu! Buat atmosfer belajarmu sendiri supaya lebih nyaman

belajar dengan caramu via www.freepik.com

Seringnya kita belajar terus-terusan pagi-siang-malam agar hasilnya bagus saat ujian. Tapi, ternyata belakangan kamu menyadari bahwa kamu bukan orang yang bisa belajar terus menerus.

Makanya, sebelum belajar, kamu harus memahami model belajar seperti apa yang cocok denganmu. Mungkin kamu orang yang harus mendengarkan musik saat belajar, atau harus dalam keadaan sunyi. Kalau kamu sudah tahu, maka kamu bisa membangun atmosfer belajarmu supaya lebih nyaman.

3. Cari referensi materi sebanyak mungkin. Semakin banyak yang kamu serap, semakin banyak yang kamu pahami

mencari referensi via www.freepik.com

Selain belajar dari buku catatan, mencari referensi tambahan adalah hal yang bisa kamu lakukan supaya sukses saat ujian kelak. Kamu bisa mencari buku-buku di perpustakaan, meminjam catatan kakak tingkat, atau mencari jurnal dan e-book di internet. Semakin banyak yang kamu pelajari tentu kamu akan semakin paham. Selangkah lebih dekat dengan kesuksesan!

4. Mengonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi. Say good bye untuk mi instan dan makanan cepat saji lainnya

makan makanan bergizi via www.freepik.com

Selain belajar, menjaga kesehatan adalah hal yang penting. Bayangkan jika kamu sudah belajar dengan giat, saat hari H ujian kamu malah jatuh sakit. Selama masa ujian, kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Perbanyak sayur dan buah-buahan, minum vitamin bila perlu, dan yang utama, kalian perlu berpisah dulu pada mi instan dan kawan-kawannya.

Advertisement

5. Beri dirimu waktu untuk belajar dan beristirahat. Jangan memaksa otakmu untuk mengingat semua materi

istirahat via menafn.com

Selain belajar dan menjaga kesehatan, beristirahat adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Kamu perlu membagi waktumu dengan baik. Selalu seimbangkan waktu belajar dan waktu beristirahat. Ketika kamu sudah jenuh kamu bisa beristirahat dulu degan bermain game atau berbaring di kasur. Tapi jangan sampai terlena dengan waktu istirahatmu, ya!

Semua ini akan berhasil jika ada niat dalam dirimu. Pupuk semangatmu dan persiapkan dirimu selama masa ujian. Ingat, segala sesuatu butuh proses.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE