Tips Tetap Semangat dan Sehat Berpuasa di Tengah Social Distancing

Tips jalani puasa saat social distancing

Mengatur menu makanan saat sahur dan buka puasa serta olahraga ringan sudah pasti adalah anjuran yang harus dilakukan saat berpuasa biar badan tetap sehat. Tapi bulan Ramadan kali ini agak berbeda karena kita tengah melakukan social distancing. Jadi kamu harus esktra hati-hati menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. Dengan kata lain, kamu harus jaga diri lebih baik lagi.

Nggak cuma rajin cuci tangan, jaga kebersihan, dan hindari kumpul-kumpul. Kamu juga harus perhatikan kebiasaan sehari-hari yang sering disepelekan. Selama berpuasa #dirumahaja, kita jadi sering lebih scrolling media sosial buat cari hiburan. Tapi terkadang kegiatan ini jadi bikin kita panik sendiri karena banyak berita yang justru membuat kita panik. Pikiran jadi kemana-mana dan bikin diri makin panik, ujung-ujungnya berpengaruh ke kesehatan. Ini tips yang bisa kamu lakukan biar bisa jalani puasa lebih semangat dan sehat. Jangan patah semangat ya!

1. Hindari overthinking akibat baca informasi di media sosial atau nonton TV

Tetap berpikir jernih ya saat menerima informasi tentang pandemi Covid-19 (Foto: iStock)

Di tengah social distancing, orang-orang cenderung gampang panik. Nah di saat kayak gini, kamu harus mencerna berita tersebut dengan baik dan nggak overthinking. Kamu harus punya mindset bahwa berita tersebut memberikan informasi yang bermanfaat dan nggak usah panik, lakukan saja imbauan yang dianjurkan lembaga terpercaya. Coba camkan dalam diri kamu “Semua baik-baik saja asal aku ikutin imbauan pemerintah dan selalu jaga kesehatan”. Kalau kamu terlalu gampang panik, kurangi waktu scrolling media sosial dan lakukan kegiatan yang produktif biar nggak terus-terusan terpapar informasi negatif.

2. #TahanTahan diri #dirumahaja. Usahakan kalau nggak ada kepentingan keluar rumah ya nggak usah keluar

Tahan-tahan di rumah aja, kalo kangen sama temen ya video call (Foto: iStock)

Pemerintah aja udah mengimbau kalau nggak boleh mudik, pastinya Ramadan ini juga harus jaga jarak dulu dengan orang lain. Usahakan kalau kamu nggak ada keperluan yang penting banget, nggak usah keluar rumah dulu deh. Tahan-tahan berburu takjil di jalan atau buka puasa bareng teman-teman. Misalnya nih kamu bandel masih ngeyel pengen keluar rumah untuk hal yang nggak penting. Terus (amit-amit) pas ke pulang ke rumah dan baca berita, ternyata tempat yang kamu datangi adalah zona merah. Pasti langsung panik pas mengetahui hal itu. Ketika kamu panik, suhu tubuh kamu akan naik. Bahkan bikin tensi kamu naik. Yah ujung-ujungnya tubuh jadi drop dan bisa berpengaruh ke kesehatan kamu. Kalau udah kangen sama teman, video call aja ya!

3. Minum VIT saat sahur dan berbuka puasa untuk memastikan tubuh tetap sehat selama Ramadan dan di tengah social distancing

Bikin tubuh tetap adem dengan minum VIT (Foto: dok. VIT)

Kalau pikiran udah ke mana-mana, jangan panik. Ademin dulu dengan minum VIT. Selain menghilangkan rasa haus, VIT bisa membantu kamu untuk membuat tubuh tetap adem dan pikiran lebih rileks saat panik melanda. Di bulan Ramadan ini, pastikan kamu minum VIT saat sahur dan berbuka puasa serta menjelang tidur ya. Soalnya berpuasa sambil beraktivitas bisa membuat kita dehidrasi dan kekurangan mineral. Makanya kamu harus mencukupi asupan cairan pada tubuh yang hilang ketika nggak minum saat berpuasa. Dengan minum VIT, air mineral berkualitas terpercaya sejak 1984, badan tetap sehat dan pikiran tetep adem selama menjalankan ibadah puasa.

4. Atur pola makan dengan baik. Melakukan social distancing di bulan Ramadan ternyata ada hikmahnya~

Ada hikmahnya juga puasa #dirumahaja, jadi bisa atur menu makanan yang lebih sehat (Foto: iStock)

Selain minum VIT, kamu juga harus atur pola makan dengan baik. Misalnya Ramadan tahun lalu kamu suka beli takjil sembarangan. Bahkan kadang nggak memerhatikan kebersihan tempat makan dan malas cuci tangan saat menyiapkan dan menyantap makanan. Nah di situasi kayak sekarang gini alias harus menomorsatukan kebersihan, kita jadi waspada terhadap asupan yang masuk ke tubuh. Dengan #dirumahaja, kamu bisa menjaga makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Bikin aja takjil yang mudah dan tentunya sehat di rumah. Ada banyak kok makanan dan minuman menyehatkan tapi rasanya pun nikmat.

5. Lakukan kegiatan ngabuburit yang berfaedah, tapi tetep #dirumahaja

Manfaatkan waktu #dirumahaja dengan kegiatan produktif (Foto: iStock)

Biasanya ngabuburit dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari kumpul-kumpul di masjid terdekat buat dapat kultum, buka puasa bersama teman-teman, sampai muter-muter komplek buat cari takjil. Nah kali ini ngabuburit harus dilakukan #dirumahaja. Tenang, nggak usah patah semangat. Ada banyak kegiatan ngabuburit berfaedah dan seru yang bisa kamu lakukan walau di rumah aja. Kamu bisa gali hobi dan bakatmu. Buat cewek-cewek bisa bikin tutorial makeup atau ikut pass the brush challenge. Atau yang cowok-cowok bisa bikin podcast dan video cover lagu. Kamu juga bisa mendapatkan ide aktivitas ngabuburit seru di Instagram VIT.

Yuk, jangan bikin Ramadan kali ini jadi nggak seru gara-gara kamu patah semangat ya!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.