Selain pipi tembem, kondisi yang bikin nggak pede dengan penampilan khususnya di wajah adalah double chin alias dagu berlipat. Pasalnya, lipatan di dagu ini bikin wajah jadi terlihat lebih gemuk karena leher yang nggak proporsional. Ada juga yang mengeluhkan wajahnya terlihat lebih judes gara-gara bentuk dagunya yang berlipat.

Memang sih, double chin bisa dihilangkan secara bertahap lewat gerakan-gerakan khusus di area wajah, tapi harus teratur dan nggak mudah. Nah, kalau kamu ingin bentuk wajahmu terlihat proporsional dan tirus tanpa harus menunggu lama, bisa kok disamarkan dengan trik-trik yang mudah berikut ini.

1. Pilih model kerah baju yang tepat karena pengaruhnya cukup signifikan untuk menyamarkan bentuk wajah

pilih kerah yang rendah dan lebar via id.pinterest.com

Advertisement

Apa yang kamu kenakan itu sangat berpengaruh terhadap kesan yang bakal kamu dapat dari orang yang melihat lho. Nah, kamu perlu menghindari baju yang bisa menarik perhatian ke area dagu seperti turtle neck. Sebaliknya, pilihlah baju berkerah rendah dan lebar yang akan mengalihkan perhatian ke area tulang leher. Misalnya model baju dengan kerah scoop atau V-neck. Baju model kerah ini bisa dipadukan dengan bawahan apa saja kok!

2. Atur gaya rambutmu agar bagian ujungnya nggak jatuh tepat di bagian dagu. Dikucir kuda misalnya

dikucir kuda via www.vogue.com

Selain model kerah baju, gaya rambut juga bisa menyamarkan lipatan di dagu. Kuncinya, jangan potong atau atur rambutmu di mana bagian ujungnya menggantung di area dagu. Nah, model rambut yang dikucir kuda atau model bob di atas dagu bisa dijadikan pilihan. Hindari potongan rambut yang terlalu pendek atau lurus, apalagi model rambut dengan dengan gaya keriting di bagian bawah pipi. Buat kesan rambut lebih bervolume agar bayangan dagu berlipatmu nggak terlihat.

3. Pertegas garis rahang dengan mengkonturnya dengan bronzer. Jangan lupa sesuaikan dengan warna kulitmu, ya!

kontur bagian garis rahang via shesintheglow.com

Penggunaan kontur ini cocok untukmu yang lebih suka makeup natural. Untuk menyembunyikan bentuk dagu yang berlipat, sapukan bronzer di area garis rahang, tepatnya tulang rahang bagian bawah supaya tulang rahang lebih jelas. Agar tetap terlihat natural, gunakan bronzer yang sesuai dengan warna kulitmu. Jika kamu berkulit agak gelap, gunakan bronzer dengan warna keemasan. Kalau kulitmu lebih terang, gunakan yang bernuansa pink.

4. Alihkan pandangan ke arah mata dan pipi. Caranya, riaslah kedua bagian ini lebih tegas

fokus di bagian mata dan pipi via www.glossybox.co.uk

Advertisement

Pusatkan makeup pada area mata dan pipi. Untuk area mata, kamu bisa membuat smokey eye maupun memakai eyeshadow berwarna cerah. Lalu aplikasikan blush on ke arah atas agar pipimu tampak lebih ramping. Sesuaikan warna blush dengan eyeshadow yang kamu gunakan. Sempurnakan dengan pemakaian warna bronzer dan highlighter di tulang pipi serta tulang alis yang tepat.

5. Tonjolkan bagian bibir dengan menggunakan lipstik yang warnanya bold atau glossy

pertegas bibir dengan lipstik bold via id.pinterest.com

Nggak hanya bagian mata dan pipi saja yang dipertegas makeup-nya, sebaiknya kamu juga memperhatikan warna lipstiknya juga. Hindari warna-warna lipstik yang terang seperti pink atau oranye. Lipstik bold seperti merah gelap, merah kecokelatan, atau burgundy akan sangat cocok untuk menyembunyikan double chin. Kamu bisa pilih lipstik satin ataupun yang glossy agar perhatian tertuju pada bibirmu, bukan dagumu.

Kalau kamu punya keluhan seputar dagu berlipat dan ingin penampilanmu nggak terganggu karenanya, sementara pakai trik di atas dulu ya. Selanjutnya, Hipwee bakal bikin trik untuk menghilangkannya perlahan dengan gerakan-gerakan wajah yang bisa dipraktikkan. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya