Anies Larang Pakai Plastik untuk Bungkus Daging Kurban, 8 Wadah Alternatif ini Bisa Digunakan

wadah daging kurban

Melalui akun Instagram @dinaslhdki yang diunggah pada Jumat (26/7/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan agar seluruh panitia kurban nggak  menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban nanti. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih juga mengatakan, Pemprov DKI nggak merekomendasikan pembungkus dari kantong plastik sekali pakai karena penguraian sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun.

Advertisement

“Menjelang Hari Raya Idul Adha tanggal 11 Agustus 2019, kita harus beralih menjadi lebih baik dan lebih berkah. Dengan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai”, tulis akun tersebut.

Tapi tenang, ada beberapa alternatif wadah selain plastik yang bisa dimanfaatkan untuk membungkus daging kurban saat perayaan akhir pekan nanti. Tentunya, benda-benda ini juga bisa dengan mudah ditemukan di sekitar rumah~

1. Agar dagingmu nggak terkontaminasi bahan kimia dari plastik sekali pakai, gunakan besek bambu untuk wadah daging kurban

besek bambu via medium.com

Besek bambu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik karena bisa digunakan berulang kali. Selain itu, sifatnya yang ramah lingkungan dan adanya rongga di antara anyaman besek bambu membuat pengemasan makanan jadi lebih segar.

Advertisement

2. Ketimbang pakai plastik, gunakan food container yang kamu punya untuk menempatkan daging kurbanmu

tepak via www.alibaba.com

Meski terkesan mahal, wadah ini bisa jadi pilihan yang efektif untuk mengganti plastik kresek. Kamu bisa mencari food container yang bahannya nggak terlalu tebal dan harganya terjangkau di toko peralatan rumah tangga. Setelah dipakai untuk menaruh daging kurban, food container bisa dibersihkan untuk dipakai ulang.

3. Alternatif lain yang bisa dicoba untuk menempatkan daging kurban ialah dengan boks kertas

kotak kertas via www.bukalapak.com

Boks kertas memiliki bentuk yang solid namun mudah terurai saat dibuang. Proses produksi boks kertas juga dinilai lebih ramah lingkungan daripada plastik sekali pakai.  Selain itu, boks kertas juga bisa didaur ulang dan dengan mudah ditemukan di pasar-pasar lo!

4. Selain beberapa pilihan wadah di atas, kamu juga bisa memanfaatkan daun pisang untuk membungkus daging kurban

daun pisang via www.tokopedia.com

Bahan makanan yang dibungkus dengan daun pisang biasanya akan bertahan lebih lama dan jauh lebih segar. Bahkan, beberapa penelitian juga menemukan bahwa daun pisang mengandung antibakteri yang bisa menghalau kuman masuk ke bahan makanan.

Advertisement

5. Tak hanya daun pisang, daun jati yang kerap digunakan untuk wadah ikan juga bisa kamu manfaatkan untuk daging kurban

daun jati via travelingyuk.com

Daun jati memiliki daya tahan kuat yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan daging kurban. Bahkan, di beberapa pasar tradisional kamu bisa menggunakan daun jati ini untuk menaruh makanan berkuah lo!

6. Selain untuk ketupat, daun kelapa yang dianyam juga dinilai cukup kuat untuk wadah daging kurban yang akan dibagikan

daun kelapa via www.youtube.com

Kamu bisa menganyam daun kelapa seperti sebuah besek untuk menempatkan daging kurban. Agak ribet memang, tapi kandungan antibakteri dari daun kelapa juga akan membuat dagingnya awet jika ditaruh di atasnya.

7. Nggak hanya kuat dijadikan wadah, daun pandan yang dibuat besek juga punya aroma wangi yang menghilangkan bau amis daging kurban

Aroma wangi pada daun pandan akan membuat bau dagingmu jadi lebih segar. Kandungan di dalam daun pandan juga ampuh menetralkan racun yang mungkin ada di dalam daging kurban.

8. Karena bentuknya yang lebar, kamu bisa memanfaatkan daun talas untuk menggantikan plastik daging kurban

daun talas via steemit.com

Di pasar tradisional, kamu mungkin akan melihat beberapa penjual yang masih menjadikan daun talas sebagai tempat penyimpanan. Selain penampangnya yang luas dan bisa muat banyak, daun ini juga akan mudah terurai oleh tanah kok!

Kalau dipikir-pikir, imbauan untuk nggak menggunakan plastik kresek sebagai wadah daging kurban ada benarnya juga. Mengingat bahan yang sulit terurai ini banyak mengandung zat karsinogen yang berbahaya untuk kesehatan.

Nah, mumpung masih beberapa hari ke depan hari raya kurbannya, coba diskusikan dengan panitia kurban di daerahmu untuk mengganti plastik kresek dengan pilihan wadah di atas. Jadi salah satu upaya sayang lingkungan juga, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE