Ibu adalah ibarat seorang Srikandi di dalam keluarga. Yang dilakoninya tak hanya menyusui dan merawat anak-anaknya saja, namun juga memastikan keutuhan keluarga. Namun karena ini, menjadi ibu bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Butuh teknik serta pelajaran khusus agar kamu bisa mengurus anak-anak dan keluargamu nantinya.

Meski sederhana, beberapa hal berikut ini akan bisa membuatmu menjadi wanita paling hebat di mata anak-anak dan keluargamu nanti. Mereka akan betah berada selalu di dekatmu, karena kamu pun sukarela setia menemani.

1. Dengan kepandaianmu mendongeng, kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke bioskop

Pandai mendongeng

Pandai mendongeng via www.sheknows.com

Advertisement

Kepiawaianmu menceritakan dongeng kepada anak-anak akan membuat mereka selalu menanti-nanti untuk dibacakan dongeng olehmu di tempat tidur. Cerita-cerita yang keluar dari bibirmu terdengar lebih indah daripada serial televisi. Apalagi jika kamu menceritakan cerita yang sarat akan filosofi dan pendidikan.

2. Meski tak harus ahli mendesain membuat baju, kamu yang memiliki keterampilan menjahit bisa membetulkan pakaian anak-anakmu yang sobek

Menjahit untuk memperbaiki pakaian yang berlubang

Menjahit untuk memperbaiki pakaian yang berlubang via www.cloverandviolet.com

Anak kecil memang penuh dengan kejutan. Berlari kesana kemari, makan es dengan belepotan, dan main petak umpet adalah kegiatan yang sering mereka mainkan. Jangan heran jika pakaian anak-anak seringkali sobek maupun berlubang di beberapa bagian. Oleh karenanya, keterampilan menjahit perlu sekali dipelajari oleh kamu para calon ibu.

Keterampilan menjahit sesungguhnya tak begitu susah untuk dipelajari. Tak perlu berpikir bahwa kamu akan membuatkan baju anak-anakmu nanti. Kamu hanya perlu memperbaiki kancing yang terlepas maupun pakaian yang berlubang. Daripada baju yang rusak didiamkan begitu saja di lemari, karena kamu malas membawanya ke tukang jahit, bukankah lebih baik dan hemat jika kamu bisa memperbaikinya sendiri?

3. Humoris dan pandai menghibur akan membuat anak-anakmu nyaman berada di dekatmu

Cewek humoris

Cewek humoris via utiser.com

Advertisement

Tak pelak lagi bahwa menjadi orang yang menyenangkan adalah impian setiap orang. Sifat galak dan terkesan menyeramkan sungguh bukanlah sifat yang baik untuk perkembangan anakmu nanti. Dengan sifatmu yang humoris, kamu akan bisa menenangkan anak-anakmu dan lebih bisa menghibur mereka jika mereka menangis nantinya. Tak perlu berdandan ala badut ancol maupun bertingkah seperti tukang sulap.

4. Pengetahuanmu tak hanya digunakan di lingkungan kerja saja. Lebih dari itu, anak-anakmu butuh ibu cerdas

Calon ibu cerdas

Calon ibu cerdas via www.thoughtpursuits.com

Sekarang ini bukan jamannya lagi seorang ibu hanya berkutat pada masalah dapur dan mengurus pekerjaan rumah. Seorang ibu juga harus cerdas dan pandai agar kamu bisa mendidik anak-anakmu dengan cara yang baik. Bukankah pendidikan yang sebenarnya tak berada di sekolah, namun ada di dalam lingkungan rumah?

Mendidik anak bukan hanya mengajari membaca serta berhitung, namun lebih dari itu kita juga mesti bisa mengajari pendidikan moral agar anak-anak kita nanti bisa menjadi pribadi yang sadar bahwa dia tak hidup sendiri, sehingga diharapkan mereka akan peduli dengan keadaan sekitarnya nanti.

5. Keterampilan mengatur keuangan penting untuk dimiliki agar kamu bisa menanamkan sikap hemat kepada anak-anakmu

Pintar berbelanja dan mengatur keuangan

Pintar berbelanja dan mengatur keuangan via www.designbuzz.com

Tak dipungkiri lagi bahwa cewek lebih bisa mengatur keuangan daripada cowok. Meski kebutuhan bulanannya banyak, namun para cewek tetap bisa mempertahankan keuangannya hingga akhir bulan. Beruntunglah bagi kamu yang memiliki keterampilan ini. Pasalnya, kamu akan bisa mengajarkan anak-anakmu untuk dapat mengatur keuangan nantinya.

6. Keterampilan membuat kerajinan adalah investasi untuk mengajarkan kreativitas kepada anak-anakmu

Kreatif membuat kerajinan tangan

Kreatif membuat kerajinan tangan via coolmomtech.com

Ibu yang kreatif adalah sosok yang paling didamba oleh anak-anaknya. Beruntunglah kamu yang memiliki sifat kreatif dan suka membuat berbagai macam pernik serta kerajinan tangan dari barang-barang tak terpakai di sekitarmu. Dengan keterampilanmu ini, kamu hampir dapat membuat berbagai barang tak berguna menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Kamu juga bisa mengajari anak-anakmu membuat beragam kerajinan tangan. Selain menyenangkan bagi anak-anak, membuat kerjinan tangan bersama juga bisa melatih otak anak-anakmu nanti menjadi pribadi yang lebih kreatif. Siapa tahu nanti mereka menjadi Michaelangelo di masa depan?

7. Berkebun organik adalah kebiasaan yang secara tak langsung bisa membuat keluargamu menyantap makanan bergizi tanpa pestisida

Berkebun organik

Berkebun organik via www.gardenguides.com

Menyajikan hidangan yang lezat serta sehat adalah sesuatu yang paling diidamkan oleh semua calon ibu. Namun sayangnya bahan makanan yang ada di pasar telah banyak terkontaminasi zat pestisida yang bisa berbahaya bagi tubuh manusia. Tentu kamu tak ingin zat-zat tersebut meracuni anakmu bukan?

Apalagi harga sayuran organik tergolong cukup mahal di pasaran. Beruntunglah kamu yang memiliki hobi berkebun organik. Selain dapat menyalurkan hobi dan menghilangkan stres, kamu juga dapat menghidangkan sayuran segar nan sehat kepada keluargamu nanti.

8. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kepiawaian memasak mutlak dimiliki oleh kamu para calon ibu

Masak bersama anak

Masak bersama anak via urbancultivator.net

Santapan lezat nan sehat buatan bunda adalah hal yang paling ditunggu oleh sang buah hati waktu makan malam tiba. Dengan memasak makanan sendiri, itu artinya kamu peduli dengan kesehatan keluarga. Kebersihan dan sumber bahan baku sudah pasti terjaga kualitasnya. Nggak kebayang ‘kan jika setiap makan kamu harus membeli lauk pauk di warung? Selain karena harganya yang mahal, bukankah gizi di warung-warung tersebut biasanya justru tak seimbang?

Itulah beberapa keterampilan sederhana yang bisa membuatmu para cewek bisa menjadi ibu-ibu keren di masa depan nanti. Yang mana nih yang mau kamu latih dari sekarang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya