9 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu Praktikan di Rumah dengan Mudah

gerakan yoga

Masa pandemi menuntut banyak orang untuk hidup sehat. Kita harus memperhatikan asupan makanan, mengatur jam tidur sampai menghindari hal-hal yang bisa membuat kita stres. Semua hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan imunitas supaya nggak mudah sakit. Salah satu cara paling ampuh untuk membuat badan kita sehat adalah berolahraga.

Advertisement

Berhubung kita diharuskan beraktivitas dalam rumah, nggak banyak olahraga yang bisa kita lakukan. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan dan efektif menjaga kesehatan tubuh adalah yoga. Nggak seperti kelihatannya, ternyata ada lo gerakan yoga bagi kamu yang baru mulai memulainya.  Ada banyak sekali manfaat senam yoga. Dari mulai meredakan nyeri persendian, membuat tubuh rileks sampai meredakan stress. Nah dari pada berlama-lama lagi yuk simak gerakan senam yoga di bawah ini!

1. Tree pose adalah pose yang mengharuskan kita menjaga keseimbangan, fokus dan belajar mengatur pernafasan

gerakan yoga

Photo by Katee Lue via Unsplash.com

Tree pose adalah gerakan yoga untuk pemula bagi pria dan wanita. Gerakan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan dan fokus kita. Kita juga diharuskan untuk belajar mengatur pernafasan sambil menahan badan tetap seimbang sementara kita berdiri dengan satu kaki. Cara meniru gerakan ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu merapatkan kaki lalu mengangkat salah satunya. Lalu rapatkan kedua tangan di dada dan tahan sampai 8-10 kali pernafasan dan lakukan secara bergantian

2. Mountain pose adalah gerakan yoga dasar yang bertujuan untuk melatih pose. Selain itu gerakan ini juga mengajarkan kita untuk merasakan bumi yang kita pijak

Photo by Cliff Booth via Pexels.com

Lalu ada mountain pose. Sebenarnya gerakan ini merupakan gerakan pemanasan untuk pemula. Meski terlihat sederhana, sebenarnya pose ini adalah dasar yang bertujuan untuk melatih kamu mengatur pose. Ada beragam manfaat yang disajikan dari gerakan ini. Salah satunya adalah mountain pose yang mengajarkan kita merasakan bumi yang ada di bawah kita.

Advertisement

3. Warrior pose adalah gerakan yoga dasar yang memiliki banyak manfaat. Dari mulai meregangkan kaki, meningkatkan stamina dan mengobati sakit punggung. Cocok nih buat pekerja kantoran~

Warrior Pose/Credit: Pixabay

Gerakan yoga selanjutnya adalah warrior pose. Sebenarnya ada banyak jenis warrior pose. Namun semua gerakan tersebut memiliki tujuan yang hampir sama, yakni memperkuat dan meregangkan kaki, meregangkan selangkangan, dada, paru-paru dan merangsang organ perut. Pose ini juga berguna untuk meningkatkan stamina dan meredakan sakit punggung.

4. Triangle pose adalah gerakan untuk mengecilkan paha. Pada dasarnya pose ini adalah adalah lanjutan dari warrior pose

gerakan yoga untuk pemula

Triangle Pose/Credit: Wikimedia Commons

Selanjutnya ada Triangle Pose. Pada dasarnya pose ini merupakan pose lanjutan dari warrior pose. Maka dari itu untuk memulai gerakan ini kita harus menguasai pose warrior terlebih dahulu. Pose ini mengharuskan kamu mengarahkan satu tangan ke tanah dan satu tangan ke udara secara sejajar. Fungsi dari pose ini adalah menguatkan kaki, membuka paru-paru, meredakan sakit pinggang dan mengencangkan tubuh.

5. Seated yoga pose adalah gerakan dasar duduk. Gerakan ini berguna untuk melatih otot, fokus dan membuat tubuh lebih rileks. Gerakan ini juga sering juga disebut gerakan meditasi

Seated Yoga Pose/Credit: Pixabay

Buat kamu yang baru mencoba yoga, sebaiknya perhatikan durasi dan istirahat. Durasi yoga pemula 1 jam adalah yang paling aman. Nah setelah melakukan gerakan-gerakan yang bertumpu pada pose berdiri, kamu juga bisa mencoba gerakan dasar duduk yakni seated yoga pose. Gerakan ini berguna untuk melatih otot dan membuat tubuh rileks. Untuk melakukan gerakan ini kamu cukup duduk bersila dengan tubuh yang tegap dan dada membusung ke depan.

Advertisement

6. Seated forward bend adalah gerakan yoga yang memiliki banyak manfaat. Salah duanya adalah menenangkan otak dan mengurangi depresi

Photo by Alexy Almond via Pexels.com

Setelah melakukan gerakan dasar duduk, kamu bisa melanjutkan dengan gerakan yang disebut seated forward bend. Gerakan ini memiliki banyak manfaat. Dari mulai menenangkan otak, mengurangi depresi, meregangkan tulang belakang, bahu dan paha belakang, merangsang hati, ginjal, ovarium dan rahim, memperbaiki pencernaan dan merupakan yoga untuk pemula mengecilkan perut.

Cara melakukan gerakan ini cukup mudah. Kamu cukup duduk di lantai dengan kaki terlentang ke depan. Lenturkan kaki dan duduk tegak dengan punggung lurus, membungkuk dan raih telapak kaki dengan dua tangan. Jika sudah bisa kamu harus tahan gerakan ini selama 1-3 menit. Jika sulit, kamu bisa memulainya dengan sebelah kaki saja.

7. Cat-cow pose adalah gerakan paling penting dalam yoga terutama untuk mereka yang punya masalah dengan pinggang dan punggung. Pose ini berguna untuk meregangkan dan menyehatkan tulang belakang

Cat Cow Pose/Credit: Workout Trends

Kalau kamu memiliki masalah nyeri punggung, maka pose cat-cow adalah gerakan paling penting dan berguna. Melakukan gerakan ini secara rutin bisa memberikan peregangan dan sangat sehat untuk kesehatan tulang belakang. Gerakan ini juga nggak sulit untuk diikuti. Kamu cukup meletakan telapak tangan dan lutut pada alas, regangkan tulang punggung dengan menekuk dan meluruskan tubuh secara berulang-ulang.

8. Cobra pose berguna untuk mengencangkan bokong, mengurangi sakit pinggul dan banyak dilakukan untuk terapi asma

gerakan-gerakan yoga

Cobra Pose/Credit: Pixabay

Lalu ada cobra pose. Sama seperti namanya, gerakan yoga yang satu ini mirip dengan pose ular cobra. Banyak manfaat yang bisa diambil dari gerakan ini. Manfaat-manfaat tersebut antara lain meregangkan bahu, dada dan perut. Cobra pose juga berguna untuk mengencangkan boong, menyembuhkan pinggul linu, terapi asma dan menghilangkan stress.

Langkah-langkah untuk melakukan gerakan ini juga cukup mudah. Kamu hanya harus tengkurap di lantai dan regangkan kaki ke belakang. Posisikan tangan di lantai, tarik napas dan luruskan lengan agar dada terangkat dari lantai. Agar manfaatnya terasa, tahan posisi ini selama 15-30 detik. Lakukan sampai kamu merasa cukup.

9. Child Pose adalah gerakan yang berguna untuk menutup sesi yoga

Photo by Burst

Terakhir ada child pose. Ini adalah gerakan paling rileks dan paling menenangkan dalam yoga. Atas alasan itu gerakan ini biasanya dilakukan untuk menutup sesi yoga. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah yakni turunkan bokong, tempelkan lutut dan punggung telapak kaki lalu hadapkan kepala ke lantai. Luruskan tangan ke depan sejauh mungkin.

Nah itu dia 9 gerakan yoga untuk pemula yang bisa kamu lakukan di rumah. Banyak orang yang sering bertanya, apa sih pakaian yoga untuk pemula? Sebenarnya nggak ada batasan atau pakaian khusus untuk melakukan yoga, apalagi untuk pemula. Gunakan pakaian yang sekiranya nyaman kamu gunakan. Selamat mencoba ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE