Kuliah, bekerja, belajar, hingga mengerjakan skripsi seringkali memaksamu harus berlama-lama duduk di kursi. Gak jarang kelamaan duduk malah bikin punggungmu pegal dan gak nyaman. Bahkan kalau kamu tak mengimbanginya dengan olahraga bisa-bisa efek buruk keseringan duduk seperti penyakit jantung, depresi, dan penuaan dini bisa mengancam.

Nah, jika kamu ingin tetap sehat hingga tua, gak ada salahnya kamu coba olahraga yoga yang tak perlu panas-panasan di luar. Sembari tetap bekerja atau belajar, kamu bisa latihan yoga dekat meja kerja. Simak baik-baik ya gerakannya.

1. Punggungmu bisa terhindar dari rasa sakit dan pegal kalau kamu melakukan gerakan mountain pose disela-sela kerja. 

yoga untuk yang sering duduk

yoga untuk yang sering duduk via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Secara gak sadar duduk lama di depan laptop bisa meningkatkan resiko berbagai macam penyakit lho. Maka sangat disarankan untuk melakukan kegiatan kecil agar otot tubuhmu tetap bergerak aktif. Salah satunya melakukan yoga disela-sela kerja, gerakan mountain pose. Caranya berdiri tegak lurus dengan tangan menyatu ke atas seperti lilin. Ambil nafas lalu tarik badanmu keatas sembari kebelakang seperti pada gambar. Tahan selama30-60 detik. Nah, gerakan ini bisa mencegah punggungmu dari rasa sakit dan otot dada juga jadi membaik.

2. Ototmu yang kaku karena seharian duduk di kursi bisa segera membaik dengan gerakan downward dog seperti huruf V terbalik.

Yoga buat kamu yang sering duduk

Yoga buat kamu yang sering duduk via www.finerminds.com

Kamu  sering bekerja menggunakan laptop di meja? Atau kamu sedang sibuk-sibuknya berkutat dengan skripsi di meja belajar? Pasti kamu akan merasakan letih dan lesu. Selain itu semua otot tubuh juga jadi kaku dan bikin tenagamu ambrug. Nah, untuk mengatasi hal itu, lakukanlah gerakan yoga downward-facing dog yang ringan di sela-sela menyelesaikan tugas.

Caranya, pertama-tama posisikan tubuhmu ala binatang berkaki empat – telapak, siku, dan lutut tertempel di lantai. Punggung di atas -. Perlahan-lahan angkat punggungmu keatas hingga membentuk huruf V terbalik seperti pada gambar. Renggangkan kaki dan tangan. Tahan hingga 30-60 detik. Sembari menghela nafas, rasakan aliran darah yang mengalir di tubuhmu. Gerakan ini bisa memperkuat otot tubuhmu. Selain itu juga bisa membantu melemaskan otot, mengurangi tegangan pada bahu, dan aliran darah ke otak jadi lebih lancar. Gerakan ini sangat cocok buat kamu yang sering berhubungan dengan laptop atau komputer.

3. Pikiran yang tegang bisa segera sirna dengan gerakan yoga uttanasana. Pastikan kamu melakukannya rutin di sela-sela kerjaan ya. 

Gerakan yoga untuk yang sering duduk

Gerakan yoga untuk yang sering duduk via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Terlalu sering duduk bukan hanya bikin sakit punggung, kejenuhan pikiran juga bisa menerpa sekali waktu. Atasi segera dengan gerakan yoga uttanasana yang mudah. Caranya, pertama-tama kamu berdiri tegak dengan kaki menapak. Tarik nafas dan bungkukkan punggung perlahan hingga tanganmu bisa menyentuh kaki. Tahan 30-60 detik dan hembuskan nafas.

Nah, gerakan ini bisa melatih otot menjadi aktif lagi  dan menghilangkan pikiran yang tegang karena tekanan tugas. Selain itu, oksigen bisa mengalir lagi ke otak. Jadi gak heran pikiranmu bisa makin jernih dan segar.

4. Rasa jenuh dan suntu tak lagi menghalangi agenda skripsian, asalkan kamu melakukan gerakan cat and cow pose ini. 

Yoga pose kucing untuk yang sering duduk

Yoga pose kucing untuk yang sering duduk via www.popsugar.com

Rasa jenuh dan suntuk seringkali datang tiba-tiba saat kamu sudah kelamaan duduk dan berkutat dengan tugas. Bahkan sakit kepala juga bisa saja menyerang. Kalau kamu tetap memaksakan diri, bahaya lebih parah justru bisa mengancam. Tapi tenang, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan aktifitas kecil di sela-sela kesibukan. Misalnya melakukan gerakan yoga cat and cow pose. 

Caranya, kamu letakkan telapak tangan dan lutut di atas matras. Lalu tarik nafas dan cekungkan punggung hingga seperti sapi. Tahan selama 8 detik. Kemudian keluarkan nafas dan cembungkan punggungmu seperti kucing. Tahan selama 8 detik. Ulangi rangkaian ini sebanyak 5 kali. Nah, jika kamu rajin melakukannya, tubuhmu bisa tetap fit dan sakit kepala karena jenuh juga bisa menghilang. Jadi mengerjakan skripsi dan tugas bisa tetap lancar tanpa halangan.

5. Terlalu sering duduk dan berkutat dengan tugas bisa bikin pikiranmu jadi tegang, saatnya kamu tenangkan dengan child’s pose yoga.

Yoga untuk kamu yang sering duduk

Yoga untuk kamu yang sering duduk via www.popsugar.com

Salah satu gerakan yoga yang bisa membantumu mengatasi ketegangan saat keseringan bekerja duduk adalah child’s pose atau balasana. Caranya, duduk di atas kaki terlipat ke belakang. Tarik nafas, letakkan dua tanganmu ke depan, dan tarik tubuhmu secara maksimal. Pastikan kepalamu juga ikut tertunduk ke lantai ya. Lalu hembuskan nafas dan rasakan setiap otot yang meregang.

Nah, gerakan ini bisa membantu pikian lebih relaks. Selain itu, otot punggung dan bahu juga bisa lebih nyaman dan terhindar dari kaku.

6.  Setelah seharian duduk bekerja di depan laptop, kembalikan tenagamu dengan mountain pose. 

Yoga untuk kamu yang sering duduk

Yoga untuk kamu yang sering duduk via lenasfitness.wordpress.com

Kamu keseringan duduk menggunakan gadget dalam bekerja? Gak ada salahnya kamu lebih waspada, karena hal ini bisa mengancam kesehatanmu dimasa depan. Jadi cobalah untuk lebih rajin olahraga di sela-sela kerja. Gak harus joging atau latihan berat, lakukan saja yoga ringan mountain pose. 

Caranya mudah kok, letakkan tangan kanan di belakang punggung dan gelengkan kepala ke kiri lalu tarik dengan tangan kirimu. Tahan selama 8 detik. Setelah itu, lakukan juga untuk sebelah kanan. Ulangi rangkaian ini hingga 5 kali. Nah, praktis ‘kan? Gerakan ini bisa membuatnya lehermu terhindar dari cedera. Dan aliran darah ke kepala kembali lancar.

7. Bekerja sambil duduk memang bikin betah, tapi kamu patut waspada. Agar penyakit tak mudah menyerang, latihan yoga saja dengan bound angle pose. 

Pose yoga untuk yang sering duduk

Pose yoga untuk yang sering duduk via liverungrow.com

Kamu sering mudah encok saat kenyakan duduk? Tenang, latihan saja dengan yoga yang tak perlu panas-panasan. Salah satu gerakan yang bisa kamu terapkan adalah bound angle pose atau Baddha Konasana. Caranya, kamu cukup duduk bersila dengan telapak kaki yang saling menempel. Lalu pegangi kakimu dengan tangan. Pastikan punggungmu tegak ya. Kemudian pejamkan mata dan ambil nafas perlahan. Tahan 10 detik. Kemudian kamu tundukkan kepala dan badanmu. Ulangi hingga 4 kali.

Gerakan ini bisa membantu menghilangkan pegal-pegal di kaki akibat terlalu lama duduk. Selain itu, dengan rajin yoga seperti ini juga bikin punggungmu terhindar dari cedera lho.

8. Tuntutan kerja dan tugas sering bikin kamu tak bisa mengelak dari duduk berlama-lama. Tapi kamu berhak untuk membuat badanmu kembali sehat dengan fish pose yoga.

Yoga buat yang sering duduk

Yoga buat yang sering duduk via yogaandmudraforhealth.blogspot.com

Kamu mahasiswa akhir semester yang sedang sibuk skripsian? Atau karyawan yang setiap hari bekerja di depan laptop? Nah, agar kesibukan ini tak bikin kesehatanmu terancam, kamu bisa olahraga yoga. Salah satu gerakan yang bisa kamu andalkan adalah gerakan fish pose. Pertama-tama tidurlah terlentang dengan tangan lurus disamping badan. Pastikan telapak kakimu juga ikut lurus ya. Ambil nafas lalu angkat bagian dada dan topang dengan siku tangan. Tahan hingga 10 detik. Lalu turunkan. Dan ulangi lagi hingga 5 kali.

Gerakan ini bisa mengurangi tekanan darah dan mengalirkan oksigen ke otak. Gak mustahil rasa sakit dan pusing bisa segera sirna saat kamu kelamaan duduk. Selain itu, otot dan tulang tubuh juga lebih kuat dan kembali sehat.

Bekerja sembari duduk tenang memang bikin kamu betah. Namun, jika kamu tak menyisipinya dengan olahraga, otot yang seharusnya aktif bisa “mati” dan memicu banyak penyakit. Tanpa perlu panas-panasan atau jogging diluar, kamu bisa mengandalkan 8 gerakan yoga ini untuk menyelamatkan kesehatan di masa depan.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya