Mudik dan berkumpul bersama keluarga besar adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan saat momen lebaran tiba. Hal itu menjadi sebuah kebahagiaan dan momen hangat tersendiri bagi mereka yang merayakannya. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat bertemu dengan keluarga besar untuk merayakan kebersamaan, salah satunya adalah piknik.

Apalagi buat kalian yang baru saja kecapekan setelah melakukan perjalanan mudik, piknik menjadi agenda yang menyenangkan. Nah, mumpung momennya mudik lebaran, kali ini Hipwee mau membagikan 10 destinasi wisata yang berada di kota Kebumen nih, siapa tahu kalian hendak ke sini atau sekedar lewat dan bisa mampir. Simak ya!

1. Goa Jatijajar, goa yang paling terkenal di Kebumen

Goa Jatijajar via tempatwisatapilihan.com

Advertisement

Berada di desa Jatijajar, kecamatan Ayah yang berjarak sekitar 42 km di arah barat daya pusat kota Kebumen, goa Jatijajar ini memiliki daya tarik tersendiri. Memiliki panjang sekitar 250 meter, bagian dalam goa ini telah dibangun jalan setapak lengkap dengan pagar pembatas yang memudahkan pengunjung menikmati pemandangan goa.

2. Tak jauh dari Goa Jatijajar, terdapat Goa Petruk yang nggak kalah indahnya

Goa Petruk Kebumen via www.pariwisatakebumen.com

Hanya berjarak sekitar 4,5 km dari Goa Jatijajar, Goa Petruk yang terletak di kawasan wisata eko-karst Gombong Selatan, tepatnya di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah ini juga tak kalah menarik. Goa ini terkenal dengan 3 lantai yang menyusunnya.

3. Benteng Van Der Wijk, salah satu peninggalan masa kolonial Belanda yang masih utuh sampai saat ini

Benteng Van Der Wijk via www.inibaru.id

Kalau kalian suka dengan hal-hal bersejarah, Benteng Van Der Wijk adalah salah satu pilihannya. Terletak di kawasan Sidayu, Gombong, benteng yang dibangun sejak abad 18 adalah bekas bangunan pertahanan Hindia Belanda. Buat yang suka foto vintage bisa nih ke sini.

4. Pengen datengin spot kekinian, ada Hud Hill yang punya pemandangan spektakuler

hud hill via www.instagram.com

Advertisement

Nggak cuma pantai, Kebumen juga punya spot yang instagramable lho. Di sebuah bukit di Karang Bolong, ada satu destinasi bernama Hud Hill yang menyajikan pemandangan pantai nan aduhai. Sunrise dan sunsetan di sini oke juga nih.

5. Pantai Karang Bolong, salah satu pantai paling populer di Kebumen

Pantai Karang Bolong via commons.wikimedia.org

Tak cuma Pantai Ayah, pantai Karang Bolong ini juga salah satu pantai terkenal di Kebumen karena pasirnya yang berwarna abu-abu ditambah dengan perpaduan batu-batu karang yang menjulang. Pantai ini terletak di Kecamatan Buayan, Kebumen.

6. Pantai Menganti, salah satu pantai yang hits di kalangan anak muda

Pantai menganti via zonekebumen.blogspot.com

Kalau kalian ingin ke pantai tapi bosan dengan hanya bermain pasir, pantai Menganti adalah pilihan tepat. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah ini selain memiliki pasir putih, juga terdapat perbukitan dan mercusuar setinggi 20 meter untuk menikmati pemandangan pantai.

7. Kalau nggak suka pantai, ada juga nih Waduk Sempor yang bisa kamu pake ngabuburit

Waduk Sempor via chipsang-kebumen.com

Dibangun sejak tahun 1958, selain sebagai sumber air masyarakat sekitar, Waduk Sempor juga menyuguhkan pemandangan alam dengan bentangan hijau yang sungguh elok. Destinasi ini terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor yang berjarak kurang lebih 4 km dari Gombong.

8. Sunrise di Bukit Pranji seru juga lho

Bukit Pranji via twitter.com

Ingin melihat kecantikan detik-detik matahari terbit? Bukit Pranji adalah tempat yang cocok. Terlihat biasa saat siang hari, namun ketika malam hari kita juga bisa melihat pendar lampu rumah penduduk yang berada di bawahnya. Bukti ini terletak di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejaguan yang berbatasan dengan Desa Watulawang.

9. Di Kebumen juga ada hutan mangrove lho, namanya Hutan Mangrove Logending

Hutan Mangrove Logending

Terletak di jalan Ayah – Karangbolong, Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, hutan mangrove ini berada di areal perbukitan karst yang juga menjadi daya tarik utama dari destinasi ini. Terdapat juga gardu pandang bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen dari atas ketinggian bukit.

10. Waduk Wadaslintang punya pemandangan alam yang memesona

Waduk Wadaslintang via ksmtour.com

Perpaduan antara pemandangan alam berupa waduk yang luas dan udara yang dingin nan sejuk ini membuat waduk Wadaslintang yang terletak di perbatasan Kebumen dan Wonosobo ini memiliki nilai lebih untuk dijadikan destinasi keluarga. Tak hanya menikmati waduk, kalian juga bisa menyaksikan pegunungan yang membentang mengitarinya.

Itu tadi adalah 10 destinasi wisata yang ada di Kebumen. Pesona alam Indonesia memang tak ada habisnya bukan? Selamat berlibur ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya