Di era serba digital seperti sekarang ini, media sosial punya pengaruh besar bagi dunia pariwisata. Media sosial punya kekuatan super untuk mempengaruhi banyak orang. Mereka yang tadinya tidak tahu berubah jadi tahu dan punya keinginan untuk datang ke destinasi tersebut.

Nah kali ini Hipwee Travel udah mengantongi 10 destinasi yang berhasil viral gara-gara media sosial. Kira-kira mana aja ya? Yuk langsung simak aja!

Taman Amaryllis Patuk di Gunung Kidul sempat bikin netizen heboh. Sampai rusak oleh orang-orang alay

Taman Amaryllis via assets.kompas.com

Gunungkidul memang dikenal sebagai kota pariwisata. Nggak heran kalau pihak pemerintah daerah dan masyarakat sana saling bekerjasama untuk mempercantik kota tersebut. Salah satunya taman amaryllis di daerah Patuk. Awalnya taman tersebut nggak dikenal banyak orang, sebelum jadi viral di media sosial.

Akibat  kontribusi media sosial itulah taman amaryllis mendadak ramai dikunjungi orang. Namun sayang seribu sayang, kedatangan mereka malah membuat berdampak negatif. Taman menjadi rusak dan sebagian besar bunga mati terinjak-injak oleh orang yang pengen numpang foto di sana.

Instagram juga bikin Umbul Manten di Klaten jadi viral

Advertisement

Dalam bahasa Indonesia, kata manten punya arti pengantin. Lokasi ini viral berkat Instagram. Alaminya umbul tersebut bikin banyak netizen mupeng dan ingin merasakan jernihnya air. Kalau kamu punya kamera underwater, petualanganmu bisa makin mantap di sana. Lumayan ‘kan ada stok foto buat profile picture. Lagian buat masuk ke lokasi wisata yang ada di Klaten tersebut kamu nggak perlu ngeluarin duit banyak-banyak. Yok ah langsung berangkat!

Taman Bunga Sakura bikin salah satu sudut Kota Magelang jadi bernuansa Jepang 

Magelang rasa Jepang via pbs.twimg.com

Para netizen asal Magelang dan sekitarnya dibuat heboh gara-gara spot foto yang lekat dengan suasana Jepang. Bukan restoran tapi yak, melainkan taman-taman yang ditanami pohon Sakura warna-warni. Tepat di Jalan Mayjen Bambang Soegeng, bunga-bunga tersebut bertebaran. Makin lengkap deh sebutan kota sejuta bunga bagi kota Magelang.

Bukan AADC 2 yang bikin Gereja Ayam terkenal, tapi postingan di media sosial

Sebelum tenar gara-gara film AADC 2 pada 2016, Bagi warga Kembanglimus, Kabupaten Magelang, Gereja Ayam dulunya hanyalah bangunan terbengkalai. Namun pada pertengahan 2015, berbagai media internasional berhasil mencium keunikan yang dimiliki media internasional berkat kekuatan media sosial. Bangunan semacam rumah ibadah ini merupakan hasil pemikiran Daniel Alamsjah.  Bentuknya yang persis unggas inilah yang membuat bangunan tersebut dikenal Gereja Ayam.

Indahnya Bukit Jaddih dari sudut lensa kamera bikin lokasi jadi indah

Instagram memang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan perkembangan pariwisata. Salah satunya Bukit Jaddih. Lokasi tersebut merupakan bekas area penambangan kapur di Kecamatan Socah, Madura. Namun peninggalan tersebutlah yang membuatnya indah. Bukit dengan mayoritas mengandung kapur mirip sekali dengan Kapadokia di Turki. Keren ‘kan?

Bukit Batas Banjar, sebuah miniatur Raja Ampat yang sungguh memanjakan mata

Siapa bilang Kalimantan nggak punya tempat bagus? Bukit Batas Banjar di Kalimantan Selatan jadi bukti untuk mematahkan pendapat tersebut. Dari titik Bukit Batas, kita dapat melihat pemandangan pulau-pulau kecil. Pokoknya kayak pemandangan surga gitulah. Nggak heran kalau lokasi tersebut dikenal miniaturnya Raja Ampat. Destinasi yang satu ini dibuat populer gegara postingan di media sosial.

 

Jawa Timur punya Bendungan Sampean Baru, spot Instagram-able 

Bendungan Sampean Baru via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Bagi kamu yang berasal dari Bondowoso, Situbondo atau sekitarnya, nama Bendungan Sampean Baru pasti nggak asing di telinga. Khusus Instagram, bendungan ini jadi omongan hangat para netizen di akhir 2015. Arsitektur uniknyalah yang bikin orang kesengsem. Nggak heran kalau sekarang jadi spot Instagram-able di daerah Jawa Timur.

Berkat viral di media sosial, Hutan Pinus Imogiri di Yogyakarta jadi tempat wajib yang harus dikunjungi 

Hutan Pinus Imogiri via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi tumbuh subur di sebuah daerah bernama Imogiri, Yogyakarta. Awalnya lokasi ini nggak banyak diketahui. Beberapa orang hanya mengetahui tempat tersebut sebagai lokasi foto pre-wedding. Namun berkat kekuatan sosial media, apalagi saat film Twilight hits, hutan pinus ini jadi terkenal. Buat kamu yang ada niat main ke Jogja, pokoknya wajib datang ke sini. Destinasi itu udah tertata banget dan memberikan peluang usaha tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Tebing Keraton pecah di tahun 2014. Gara-gara media sosial juga nih

Buat anak hits Bandung, nama Tebing Keraton mungkin nggak asing lagi. Lokasi ini udah pecah sejak 2014. Ya, gimana nggak, spot ini berhasil viral akibat media sosial. Pemandangan indah dari ketinggian jadi suguhan menyegarkan bagi setiap mata yang memandangnya. Sampai saat ini, Tebing Keraton masih jadi spot favorit unuk mereka pencari foto Instagram di Bandung.  Jumlah penggunaan tagar #tebingkeraton di Instagram pun sudah mencapai 80.000 lebih.

Eksotisnya Pulau Padar di kawasan Taman Nasional Komodo bikin mupeng banyak orang gara-gara Instagram 

Pulau Padar memang diketahui sebagai Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO. Itu juga karena masuk wilayah Taman Nasional Komodo. Nggak banyak yang tahu Pulau Padar memiliki keindahan tersendiri. Namun berkat beberapa influencer media sosial, banyak orang yang jadi tergoda untuk pergi ke sana. Panorama indah perbukitan dan berbagai sudut pulau yang cantik pokoknya bikin kamu eyegasm.

 

Nah itulah lokasi-lokasi yang berhasil terkenal gara-gara pengaruh Instagram. Sebenarnya banyak banget lho lokasi-lokasi tersembunyi di Indonesia. Tugas kita bareng-bareng membantu pekembangan pariwisata Indonesia nih. Dan yang pasti harus bersama menjaga itu semua biar nggak rusak.