Meskipun Indonesia sebagai negara baru berusia 73 tahun, namun sejatinya peradaban di nusantara telah berusia sangat tua. Seperti diketahui zaman sejarah di bumi nusantara telah bermula sejak era Kerajaan Kutai Kertanegara pada abad ke 3. Setelah itu permukiman dan perdagangan pun berkembang pesat. Pusat-pusat permukiman dan perdagangan tersebut lama kelamaan menjadi sebuah kota. Ada kota-kota yang masih ada sampai sekarang. Tak sedikit pula yang telah hilang dihapus sejarah.

Coba deh jawab pertanyaan ini, berapa usia kota kelahiranmu? Pasti tak banyak yang hafal usia kotanya masing-masing. Ternyata usia kota di Indonesia nggak cuma puluhan tahun, ada pula yang ratusan bahkan ribuan tahun! Kira-kira bisa menebak nggak nih kota mana yang usianya lebih dari 1 millenium?

Advertisement

Daripada penasaran, simak ulasan Hipwee Travel tentang daftar 10 kota paling tua di Indonesia ini. Kita urutkan dari yang paling muda ya. Kota kamu masuk nggak nih?

10. Ibu Kota Jakarta berada di posisi 10 kota paling tua di Indonesia. Pada tahun ini Jakarta berusia 491 tahun

jakarta sudah 491 tahun via www.nationsonline.org

Kota Jakarta punya sejarah yang cukup panjang. Awalnya kota ini berawal dari pelabuhan bernama Sunda Kelapa, daerah kekuasaan Kerajaan Sunda. Pada tanggal 22 Juni 1527, Sunda Kelapa berhasil direbut dari tangan Portugis oleh Fatahillah. Kota ini kemudian disebut dengan nama Jayakarta, Batavia kemudian Jakarta setelah Indonesia merdeka. Usia Jakarta sudah 491 tahun dan punya sejarah panjang yang berarti bagi bangsa Indonesia.

9. Siapa sangka Kota Bogor jadi salah satu kota tertua di Indonesia? Kota Bogor adalah ibukota Kerajaan Pajajaran dengan rajanya Prabu Siliwangi

istana bogor via hallobogor.com

Kerajaan Sunda beribukota di Pajajaran yang diyakini berpusat di Bogor. Pada tanggal 3 Juni 1482, dinobatkan Prabu Siliwangi sebagai raja di Pajajaran. Hari penobatannya dijadikan sebagai hari jadi Kota Bogor. Tahun ini Bogor telah berulang tahun ke 536. Ya meskipun cukup kurang pas sih tanggal penobatan Prabu Siliwangi jadi hari jadi Bogor. Hehehe. Oh iya, di zaman Belanda, Bogor disebut Buitenzorg.

8. Kota Udang Cirebon juga jadi salah satu kota tertua di Indonesia. Kota di pesisir utara Jawa ini telah berusia 630 tahun!

Advertisement

Sebagai kota di daerah pesisir, Cirebon berawal dari sebuah desa dan pelabuhan kecil bernama Muara Jati. Desa ini kemudian berkembang jadi kota di masa kerajaan Sunda Galuh. Tanggal berdiri kota udang ini disepakati pada tanggal 31 Desember 1388.

7. Probolinggo sudah ada sejak akhir masa Majapahit. Dulunya hanya berbentuk desa kecil di muara sungai Banger

bromo terletak di probolinggo via www.exploreindo.com

Kawasan yang berada di tepi pantai ini lahir pada tanggal 4 Sept 1359, di akhir masa Majapahit. Probolinggo terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di tapal kuda pulau Jawa bagian pesisir utara. Kota ini berulang tahun ke 659 pada tahun ini. Wisata terkenal Probolinggo adalah Gunung Bromo.

6. Kota Pahlawan Surabaya genap berusia 725 tahun pada tahun 2018. Kota ini sangat legendaris dan sudah jadi pelabuhan yang ramai sejak masa Kerajaan Majapahit

kota surabaya sudah 725 tahun via www.goodnewsfromindonesia.id

Tanggal 31 Mei 1293 adalah momen di mana Raden Wijaya (raja pertama Majapahit) meraih kemenangan atas pasukan Mongol yang datang menyerang Jawa. Hari kemenangan itulah yang dijadikan hari jadi kota Surabaya. Kota ini tumbuh besar terutama semenjak dikuasai Hindia Belanda karena pelabuhannya yang begitu ramai.

5. Serambi Mekah Banda Aceh juga masuk dalam kota tertua di Indonesia. Kota ini sudah berusia 813 tahun. Tua bener ya ternyata kota di ujung barat Indonesia ini

Banda Aceh adalah ibukota Kesultanan Aceh Darussalam, salah satu kerajaan Islam yang paling awal datang ke nusantara.  Hari jadi Banda Aceh adalah 22 April 1205. Kini usia kota yang pernah dihantam tsunami pada tahun 2004 ini sudah mencapai 813 tahun.

4. Kota Magelang sudah berdiri sejak zaman Kerajaan Mataram Hindu. Kini kota bunga ini sudah berusia 1111 tahun, alias lebih dari 1 milenium!

borobudur terletak di magelang via www.lonelyplanet.com

Tanggal 11 April 907 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Magelang berdasar sebuah prasasti Mentyasih. Disebutkan dalam prasasti tersebut bahwa Desa Mentyasih dan Desa Glanggang jadi tanah perdikan alias tidak dikenai pajak dan dipimpin oleh seorang patih. Mantyasih inilah yang kemudian berubah menjadi Meteseh, sedangkan Glangglang berubah menjadi Magelang.

3. Kota Kediri sudah eksis sejak tahun 804, di mana waktu itu pusat peradaban masih berada di Jawa Tengah (Mataram Kuno)

simpang lima gumul kediri via widyaningrumkharomah.student.umm.ac.id

Menurut prasasti Hairinjing, bertanggal 25 Maret 804, nama Kediri sudah disebut pada tahun tersebut. Pada akhirnya Kediri menjadi besar dan dikenal sebagai kerajaan Panjalu lalu jadi kerajaan Kediri. Kini usia Kediri sudah 1.214 tahun. Sangat tua dan legendaris memang kota yang satu ini.

2. Kamu nggak akan nyangka kalau Salatiga jadi kota tertua nomer 2 di Indonesia. Kota ini sudah berdiri sejak 24 Juli 750. Sekitar 150 tahun lebih tua dari Kediri!

kota salatiga via www.kodesingkatan.com

Mirip seperti Magelang, hari jadi Salatiga juga berdasarkan prasasti. Dalam prasasti Plumpungan tahun 750, desa ini dijadikan kawasan perdikan yang tidak dipungut pajak karena berjasa bagi raja. Dengan begitu, usia Salatiga sudah mencapai 1.268 tahun. Nggak nyangka ya sudah setua itu.

1. Buat kamu warga Palembang, kota yang kamu tinggali ternyata kota tertua di Indonesia. Usianya kini sudah 1.335 tahun

kota palembang via properti.kompas.com

Sejarah Palembang tak bisa dilepaskan dari Kerajaan Sriwijaya. Dalam prasasti Kedukan Bukit menyebutkan bahwa Palembang sudah berdiri sejak tanggal 17 Juni 683. Kota ini jadi salah satu pusat kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada masa itu. Tak cuma terkenal di nusantara, pamornya sampai ke mancanegara. Usianya kini telah 1.335 tahun. Tak banyak kota di dunia yang lebih tua dari Palembang.

Jadi, kota tempat tinggalmu jadi salah satu kota tertua di Indonesia nggak nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya