Kata siapa Jakarta dan macet jadi dua hal yang nggak bisa dipisahkan? Keduanya akan berpisah kala lebaran tiba. Jakarta itu ibu kota, tempat banyak manusia berjejalan setiap hari di jalanan mencari rupiah sebagai sumber penghidupan. Kebanyakan yang berdomisili disana memang merupakan pendatang, bukan masyarakat asli Jakarta atau Betawi. Alhasil, ketika momen lebaran tiba, mereka pun berbondong-bondong pulang ke kampung masing-masing meninggalkan Jakarta. Berikut potret kelengangan Jakarta semasa lebaran 2016 ini! Kalau kamu nggak percaya, sekali-kali diamlah di Jakarta alias nggak usah mudik pas hari raya…

Ini serius Jakarta? Jakarta apa padang pasir? Sepi amaaat…. Asal hatimu enggak kan ya ~

hatimu sesepi ini setelah ditinggal mantan? Ahhh jangaaaan via kkcdn-static.kaskus.co.id

Selain banjir, masalah utama ibu kota ialah kemacetan. Bersyukurlah karena dalam kehidupan ini ada lebaran. Sebab, lebaran secara tak sengaja menjadi solusi agar macetnya Jakarta dapat teratasi (ya walau hanya dalam hitungan hari). Seenggaknya minimal dalam 2-3 hari kamu bisalah tiduran atau bahkan main bola dan layang-layang di jalanan. Mau pacaran ya silahkan~

Jakarta masih tetap Ibu Kota, hanya saja para penghuninya yang sudah pergi ke luar kota kala lebaran dan liburan tibaaa

kampung penuh, Jakarta lengang via instagram.com

Sejatinya orang Jakarta asli itu sedikit ya? yang banyak ya orang rantau. Ya gimana, disana banyak lapangan pekerjaan tersedia. Banyak orang rela jauh dari tanah kelahiran, meninggalkan orang tua, termasuk anak istri juga demi masa depan yang cerah katanya. Andai saja di kampung tersedia cukup banyak lapangan kerja dengan UMR yang nggak kecil-kecil amat, siapa pula yang mau hidup disiksa rindu akan keluarga dan kudu nunggu lebaran dulu buat ketemu? Ahhh Jakarta….

Nggak cuman tiduran dan main bola aja, bahkan kamu bisa renang di ‘pelataran’ Jakarta. Genangan air hujan aja bisa jadi epic begini

Advertisement

berasa di pantai ya sis.. tapi latarnya gedung bertingkat gituuu via www.instagram.com

Adalah Joh Juda, salah seorang warga Jakarta yang seringkali memotret lengangnya jalanan Jakarta. Dia sudah memulai aktivitas ini sejak 2013 silam. Lebaran kali ini, ada konsep berbeda yang dia bersama timnya gunakan. Ada komunitas IFGF Jakarta Photography yang digandengnya menggarap konsep Summer Time dengan tagar #JakartaSepi. Ya ini salah satu hasil jepretan mereka!

Eh tapi katanya bukan hanya lebaran aja lho yang sanggup bikin Jakarta selengang ini. Apa coba momen lainnya hayo?

ayo tebak duluuu via fimela.com

Warga Jakarta selalu berhore-hore kala padatnya kemacetan Jakarta berkurang drastis. Tapi tenang, lebaran ternyata bukan satu-satunya alasan. Coba tengok Ibu kota ketika libur akhir tahun deh. Walau tak sedrastis saat libur lebaran berkurangnya kemacetannya, tapi beneran lumayan berkurang kok. Soalnya cukup banyak warga Jakarta yang mengambil cuti untuk menhabiskan pergantian tahun di luar Jakarta. Seminggu sebelum akhir tahun gitu deh, udah pada cuti mereka. Selain itu, momen sepi lainnya ialah saat demonstrasi masa, event politik, dan bencana alam. Hiks!

Jakarta oh Jakarta ~ Macet memang nggak ada di tengah kota, tapi pindah ke pinggiran kota dan jalur mudik. Yaaa gimana?

kece ya, ini bukan editan via kkcdn-static.kaskus.co.id

Kamu yang merantau di Jakarta tetap merasakan kemacetan saat mudik lebaran? Cuma beda di tempat aja? Hahahaa… ya gimana atuh, volume kendaraan makin tahun makin banyak. Tapi jalanannya gimana? Yang sabar aja…

Itu Jakarta apa hati kamu pas ditinggal mantan? Sekarang udah ada yang ngisi lagi belum? Jangan banyak-banyak, entar macet #ehh

yang ngisi cuma satu doang, kaya hati aja via www.memecomic.id

Kalau hati mantanmu masih selengang ini, yakin kamu nggak ngajak balikan? Hahahaa… jangan, baikan aja, maaf-maafan mumpung lebaran. Biarlah sepi hanya milik Jakarta kini~

Saking sepinya Jakarta, orang-orang pada berlomba gitu bikin meme. Salah satunya ya ini, segala monster bebas datang dan jalan-jalan… Eh ada Ultraman jugaa

widih mereka perang di Jakarta pas sepi nih via instagram.com

Ya karena Jakarta sepi, begini akibatnya. Daripada jalanan kosong, gedung-gedung kosong, para Ultraman pun datang membasmi kejahatan. Jadi tahun-tahun berikutnya tenang aja, udah ada yang ngejagain Jakarta pas kamu nggak ada. Yang jagain mantanmu sekarang juga sudah ada, nggak usah dipikirin lagi

Tak hanya warga asli Jakarta, ada pula warga luar Ibu Kota yang memanfaatkan kelengangan ini untuk liburan dan foto-foto pun berasa sangat menyenangkan

karena kamu bebas gulung-gulung di jalanan macam ni via www.jakartatraveller.com

Coba begini di hari biasa alias pas hari efektif kerja, hmmmm beruntung kalau masih hidup -.-

Udah, kamu sesekali pokonya kudu membuktikan. Bebas mau pose kaya gimana aja mah di Jakarta kalau lagi sepi begini..

nggak rebutan kalau lagi sepi begini mah via 2.bp.blogspot.com

Jakarta sepi Jakarta sepi, maunya sih sering-sering begini. Tapi Idul Fitri setahun cuma sekali, kalau berkali-kali mah nggak istimewa jadinya. Tapi kalau mau minta maaf, nggak usah nunggu lebaran bisa kali.

Mau lari-larian muterin Jakarta ya silahkan kalau sanggup. Nggak bakal ada yang nglaksonin kamu kok walau di tengah jalan juga, tenang ajaa~

mau lari dari kenyataan ya silahkan via v-images2.antarafoto.com

Lari puluhan sampai ratusan kilometer nggak ada yang ngelarang. Mau lari dari kenyataan atau bayangan mantan ya silahkan…

Ada yang kangen kemacetan Jakarta juga ternyata, sampai meletakkan miniatur mobil-mobilan di jalanan begini. Hihii

gilak, Jakarta oh Jakarta via www.wiranurmansyah.com

Terakhir, buat Pak Gubernur, solusi kemacetan Jakarta itu cuma satu pak, lebaran dan liburan. Udah itu doang!

butuhnya cuma lebaran via instagram.com

Percayalah, semua foto disini bukan boongan, Jakarta beneran sepi ketika lebaran. Eh tapi mending mana menurutmu, terjebak kemacetan apa terjebak nostalgia sama mantan? Hahaaa apa terjebak kenangan masa silam yang pengen banget segera dienyahkan.

Dan hari ini, Jakarta telah kembali seperti semula. Selamat bermacet ria :p