Kali ini lupakan sejenak Bali dan Lombok, karena Hipwee ingin mengajak kamu berlibur lebih jauh ke arah timur Indonesia! Ke mana lagi kita kalau bukan ke gugusan pulau indah di tengah-tengah Sulawesi dan Papua? Yes, Maluku! Daerah yang juga sering disebut Ambon manise ini tidak mendapat sebutan tersebut hanya karena orang-orangnya yang hitam manis. Namun juga, karena pantai-pantainya yang nggak kalah manis!

Pantai-pantai apa saja sih yang layak kamu kunjungi jika berkesempatan pergi ke Ambon? Yuk intip satu-persatu untuk bekal next trip kamu!

1. Pantai Pintu Kota, pantai dengan tebing yang berbentuk seperti pintu

Pantai Pintu Kota Ambon via id.wikipedia.org

Pantai Pintu Kota ini dapat kamu tempuh selama 60 menit dari pusat kota Ambon. Selain menjadi objek wisata oleh para pendatang, pantai ini juga dijadikan ikonnya kota Ambon. Kenapa dinamakan “pintu kota”? Karena terdapat sebuah tebing yang diterpa laut selama bertahun-tahun dan meninggalkan lubang yang sangat besar dan berbentuk seperti pintu. Di balik pintu kota tersebut, kamu dapat melihat indahnya laut Ambon yang biru bersih. Jika kamu ingin menelusuri tebing tersebut, sebaiknya datanglah ketika air pasang tidak terlalu tinggi. Pasalnya, jika air pasang sedang naik, air laut di dekat tebing akan memiliki kedalaman yang cukup serius.

 

2. Pergilah juga ke Pombo, pulau tempat bersarangnya burung Pombo

Advertisement

Pulau Pombo via travel.kompas.com

Pulau kecil yang tidak berpenghuni: itulah gambaran pantai pulau Pombo. Di sini kamu hanya melihat sejajaran luas pantai dan eksotisnya laut yang biru. Kamu juga dapat melakukan diving di pulau ini, karena terdapat banyak terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik. Bersihnya laut pulau Pombo membuat kamu merasa lebih nyaman untuk main air laut lama-lama. Dan jika sedang beruntung, kamu dapat melihat burung Pombo — burung asli Maluku yang mirip-mirip merpati — asyik beterbangan di sekitar pulau tersebut.  Untuk dapat menikmati pulau yang hanya berukuran kurang lebih dari 4 km2 ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar dua jam menggunakan speed boat.

 

3. Mau foto pre-wedding yang beda dari biasanya? Coba deh ke Pantai Liang, yang indah untuk dijadikan background pre-wedding mu

Foto: Robby Eka Putra via travel.detik.com

Nah, kalau pantai ini sering digunakan untuk pemotretan pre-wedding. Pastinya karena Pantai Liang memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, belum lagi ditambah dengan gradasi biru yang menambah kecantikan pemandangan di sekitar pantai. Kamu dapat bersantai-santai dibawah rindangnya pohon kelapa yang tumbuh sepanjang pesisir. Disini kamu juga dapat memesan perahu yang digayuh oleh orang setempat untuk menikmati pemandangan yang terhampar.

4. Kamu suka pemandangan bawah laut? Wajib ke pantai Ora, pantai tersembunyi dengan seribu macam terumbu karang yang cantik

Pantai Ora via travel.kompas.com

Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih enam jam ini akan terbayarkan dengan pemandangan yang disodorkan oleh pantai Ora. Berlokasi di sebelah utara pulau Seram ini tidak hanya terkenal dengan pantainya, namun juga suasana yang dihadirkan oleh pantai tersebut. Disini kamu dapat menginap di cottage yang dibangun di atas air laut, sehingga saat kamu bersantai di teras, kamu langsung disodorkan oleh pemandangan laut yang luas dan para nelayan yang sedang mencari ikan. Di sini kamu juga dapat melakukan snorkeling, percaya deh di pantai Ora banyak sekali terumbu karang yang sehat dan berwarna sangat cantik.

5. Terakhir, jangan lupa sambangi pantai Natsepa, pantai kesayangan para keluarga!

Pantai Natsepa via visit.ambon.go.id

Ini nih pantai ‘jagoannya’ kota Ambon. Jika kamu berlibur kesini dan tidak sempat merasakan ke pantai Natsepa, tandanya kamu belum ke Ambon! Pantai ini sering menjadi rekreasi keluarga, sehingga jika akhir pekan pantai ini selalu ramai pengunjung. Jangan lupa untuk mencoba rujak di pantai Natsepa, yakin deh bikin ketagihan!

Dengan berlibur ke bagian Indonesia Timur dan mengenal banyak keragaman di sana, kamu akan belajar bahwa ada wajah lain dari Indonesia yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Kamu pun niscaya akan lebih mencintai Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, siapin perjalanan liburanmu!