Rasanya memang kurang lengkap kalau berenang di tempat wisata tanpa ada perosotan air atau yang biasa kita sebut waterboom. Karena tujuan orang memutuskan berenang di tempat wisata biasanya selain memang ingin berenang mereka juga mencari wahana air yang tentu akan membuat liburan lebih menyenangkan. Bandingkan saja dengan tempat wisata yang hanya menyediakan kolam renang tanpa wahana air, tentu tempat yang memiliki berbagai wahana akan lebih digandrungi.

Di samping itu, ternyata bermain di wahana air seperti perosotan memiliki beberapa manfaat baik untuk kita lho. Seperti mengurangi stress, membuat lebih aktif, dan meningkatkan rasa percaya diri. Manfaat-manfaat tersebut akan mampu membuat perasaan kita lebih bahagia setelahnya sehingga menjadikan kita lebih semangat menghadapi rutinitas kembali keesokan harinya.

Advertisement

Berbagai tempat wisata di dunia menawarkan perosotan air yang beragam jenisnya. Mulai dari yang biasa saja, sampai yang ekstrem. Tak tanggung-tanggung, beberapa bahkan ada yang tingginya mencapai puluhan meter! Berikut 7 perosotan air paling ekstrem di dunia, cocok banget untuk memicu adrenalin..

1. Summit Plummet di Disney’s Blizzard Beach, Florida, Amerika Serikat

Ini sih dewa seremnya via www.thethemeparkguy.com

Wahana ini tidak disarankan bagi orang-orang yang takut akan ketinggian. Bagaimana tidak, perosotan yang ada di taman wisata Disney’s Blizzard Beach ini berada di ketinggian 36 meter dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat! Kamu akan meluncur dengan kecepatan mencapai 80 km/jam lho. Tidak ada ban karet yang akan membantu kamu meluncur melainkan hanya kamu dan tubuhmu. Bahkan untuk ke atas kamu perlu naik Chairlift atau angkutan pemain ski, menuju Mount Gushmore. Karena kalau naik tangga akan sangat memakan waktu dan tenaga saking tingginya.

2. Insano di Porto das Dunas, Fortaleza, Brazil

Nggak kalah serem via www.dailymail.co.uk

Sama halnya dengan Summit Plummet, perosotan ini tidak berlika-liku seperti waterboom pada umumnya. Tapi jangan salah, karena justru kecuramannya mampu membuat jantung serasa mau copot! Tinggi perosotan ini mencapai 41 meter, setara dengan 14 lantai gendung bertingkat. Jika kamu meluncur dari atas kecepatannya mencapai 65 km/jam dan hanya berlangsung selama 5 detik! Perosotan ini pernah masuk catatan Guinness Book of World Records sebagai seluncuran paling ekstrem dan cepat di dunia. Menurut pengunjung yang pernah menjajal wahana yang dibangun 1989 ini, mereka merasakan sensasi jatuh dari ketinggian bahkan saking cepatnya tubuh mereka tidak menyentuh permukaan perosotan alias melayang. Yakin kamu berani?

3. The Tower of Power di Tenerife, Spanyol

Yakin berani? via plus.kapanlagi.com

Advertisement

Terletak di wahana bermain Siam Park, Spanyol. Salah satu dari berbagai wahana air yang ada di tempat wisata tersebut disebut sebagai yang tertinggi di Spanyol dengan ketinggian mencapai 28 meter! Sebelum sampai ke air yang ada di bawahnya, kamu akan melewati terowongan transparan yang berada di dalam kolam penuh hiu. Tentu saja dengan kecepatan tinggi yang akan sukses menarik perhatian para hiu mendekat. Hiii…

4. Leap of Faith di Atlantis, Bahama

Serasa berenang sama hiu-hiu via oddstuffmagazine.com

Masih perosotan dengan derajat kemiringan hampir vertikal. Meski wahana ini tidak lebih tinggi dari dua wahana sebelumnya, yakni hanya 18 meter, namun jangan pernah meremehkan yang satu ini Guys! Jalurnya sih mungkin bisa dibilang pendek, tapi kemiringannya hampir 90 derajat lho. Kamu akan merasakan sensasi melayang. Dan begitu sampai bawah kamu akan disambut kolam penuh dengan hiu, sama halnya dengan The Tower of Power di Spanyol.

5. Quad Aqualoop di Carribean Bay (Everland Resort), Yongin, Korea Selatan

Kayak jalur roller coaster via www.whitewaterwest.com

Jika kamu kurang tertantang dengan jalur perosotan yang hanya turun ke bawah, kamu bisa merasakan sensasi mencoba perosotan yang jalurnya mirip jalur roller coaster. Kalau roller coaster sih pengamannya jelas ya. Tapi seluncuran ini tidak menyediakan ban atau apapun lho. Cuma bawa badan saja dan kamu akan dibawa meluncur dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Siap-siap pusing deh!

6. Walhalla Wave di San Antonio, Texas, Amerika Serikat

Seru karena bisa meluncur bareng via www.boombastis.com

Perosotan ini menawarkan sensasi meluncur melewati 6 lantai labirin yang jalurnya juga seperti roller coaster! Di beberapa titik, kemiringannya juga terlihat hampir vertikal, membuat kamu akan merasakan berada di daerah dengan gravitasi nol. Walhalla Wave yang berada di taman bermain Aquatiq ini bisa dinikmati ramai-ramai menggunakan perahu karet. Seru bareng, teriak bareng deh!

7. Summit Tower di Ontario, Kanada, Amerika Utara

Pilih yang mana nih? via www.calypsopark.com

Kabarnya perosotan yang terletak di taman bermain Calypso ini dinobatkan sebagai seluncuran tertinggi di Amerika Utara! Dari puncak yang sama, kalian bisa memilih di antara 8 jalur berbeda yang kesemuanya sama-sama menguji adrenalin karena tingginya juga yang mencapai 17 meter. Tidak sembarang orang boleh meluncur melalui Summit Tower ini. Beberapa persyaratan umum seperti tidak diperuntukkan bagi wanita hamil, orang dengan gangguan jantung dan leher atau tulang belakang, diberlakukan secara ketat. Selain itu juga ada syarat minimum dan maksimum berat dan tinggi badan.

Gimana nih? Tetap berani atau makin ciut? Yang paling ditakutkan sih sepertinya kalau sampai keluar jalur saking tingginya kecepatannya ya..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya