Selain mengejar sunrise, biasanya saat liburan orang juga sangat suka melihat sunset. Alasannya sih simpel, bukan hanya soal keindahannya saja berburu matahari terbenam juga banyak disenangi orang karena biasanya kamu dapat menikmatinya dengan gratisan alias gak perlu mengeluarkan uang.

Kalau sebelumnya Hipwee sudah pernah mengulas berbagai tempat yang cocok disambangi kala sedang kangen melihat matahari keluar dari peraduannya di Yogyakarta, kali ini kamu akan diajak menelusuri berbagai tempat yang epik untuk melihat matahari terbenam. Mau tahu di mana saja? Yuk mending langsung baca artikel Hipwee yang satu ini!

1. Sunset di Bukit Moko terkenal indah tak ada dua. Saking indahnya kamu bisa mematung ketika menyaksikannya

Advertisement

Di kota yang terkenal dengan udaranya yang sejuk ini terdapat banyak potensi wisata yang luar biasa. Gak cuma ada spot asyik untuk melihat lampu kota, tempat ini juga menawarkan tempat spektakuler untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Salah satu lokasi untuk menengok kecantikan sunset terletak di Bukit Moko.

Terletak berada di ketinggian 1.500 mdpl pengunjung akan disajikan pemandangan ciamik matahari yang mulai turun ke belakang punggung gunung. Bila kamu berasal dari daerah Cicaheum maka jarak untuk sampai ke bukit ini adalah kurang lebih 8 KM. Sesampainya di sana, nikmatilah kecantikan pemandangan matahari terbenam yang bisa dilanjutkan dengan menelusuri syahdunya malam di tempat yang sama.

2. Ada surga nyelip di Pantai Tirang Semarang yang cocok kamu jadikan tempat berburu matahari terbenam

Pantai Tirang via kotawisataindonesia.com

Kalau kamu jalan-jalan ke kota yang terkenal dengan kuliner Wingko dan Lumpianya ini, wajib hukumnya untuk melihat keindahan matahari yang berpulang tugas di Pantai Tirang Semarang. Meskipun gak populer tapi keelokan sunset di sini haram untuk disepelekan.

Advertisement

Jika kamu bingung arah Pantai Tirang, letaknya berada di dekat lokasi Pantai Maron. Namun meski judulnya ‘berdekatan’ kamu harus bertanya lokasi persisnya pantai tersebut karena katanya pantai ini sedikit sulit ditemukan karena keberadaan petunjuk jalan yang maish terbatas.

3. Bagi kamu yang jengah dengan suasana hiruk pikuk ibukota cobalah berbelok melihat keelokan sunset di Utara Jakarta

Pelabuhan Sunda Kelapa via www.jakarta.go.id

Di kota yang terkenal dengan kesibukannya yang terus berjalan selama 24 jam ini, masih ada beberapa spot yang menyediakan pemandangan sunset epik. Salah satu lokasi yang cocok kamu datangi adalag Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di Jakarta Utara.

Saat sore hari banyak masyarakat sekitar yang sengaja meluangkan waktu untuk melepas lelah dengan menikmati sang surya yang akan pulang ke peraduannya. Tidak sedikit pula fotografer ibukota yang membawa kameranya untuk berburu keelokan matahari di sana.

4. Bukan cuma pecelnya yang mampu menggoyang lidahmu, sajian matahari sore di Wadung Bening Madiun pun selalu sukses memesona orang yang datang ke sana

Waduk Bening Madiun via adf.ly

Berkunjung ke kota Madiun rasanya belum lengkap belum mencicipi pecelnya yang super enak. Tambah gak lengkap lagi kalau kamu tidak mendatangi salah satu tempat tempat wisatanya yang bernama Waduk Bening atau lazim disebut Waduk Widas. Terletak sejauh 15 KM di sebelah barat Kota Nganjuk, kedatanganmu di sana akan disambut dengan keseksian waduknya.

Menghabiskan waktu di sana memang bisa dijadikan pilihan saat berpelesir ke Madiun. Menjelang sore kamu juga akan dipertemukan dengan cantiknya matahari yang perlahan mulai menukik turun memasuki jam ‘istirahatnya’.

5. Labuan Bajo punya sejuta kejutan yang salah satunya bisa kamu jemput di Bukit Cinta, dengan pesona matahari remang-remangnya

Kalau suatu saat kamu memiliki kesempatan untuk bervakansi ke Pulau Komodo, pastikan pula kamu menyediakan beberapa hari untuk eksplorasi di Labuan Bajo. Pasalnya di pulau ini ada banyak tempat wisata yang sayang dilewatkan yang salah satunya adalah Bukit Cinta yang bisa membuatmu menganga karena cantiknya.

Tidak cuma landscape-nya saja yang memang menggelitik untuk di datangi, saat hari berubah gelap tampilan matahari yang diam-diam mulai bersembunyi juga jadi tampilan yang menawan. Mengajak seseorang punya tempat istimewa di hatimu pasti akan menambah indahnya sore yang kamu lewatkan di sana.

6. Pantai Ngeliyep Malang siap menyambutmu dengan matahari petang yang sangat menawan

Pantai Ngeliyep via surabaya.panduanwisata.id

Nampaknya setelah Yogyakarta kota lainnya yang juga memiliki pesona serupa adalah Malang. Di tempat ini, para wisatawan dimanjakan dengan aneka wisata. Mulai dari wisata budaya sampai dengan alam. Di sini juga terdapat berbagai pantai yang terhitung masih sepi dan bersih.

Kalau kamu penasaran ingin tahu di mana pantai cantik yang layak ditelusuri datanglah ke Pantai Ngeliyep terletak di Selatan Kota Malang. Meski harus menempuh perjalanan jauh sepanjang 62 KM tapi percayalah kepuasan sebanding. Tidak cuma pantainya saja, sunset di sana juga menawarkan sensasi serupa.

7. Kejarlah sajian spektakuler sunset ala Gili Trawangan yang akan membuat ingatanmu sulit lekang

Gili Trawangan via adalrico.net

Tidak perlu bingung mencari di mana tempat paling pas untuk melihat sunset di Gili Trawangan. Di sepanjang garis pantainya kamu hampir di pastikan bisa menikmati pemandangan ini dengan bebas. Kayuh sepeda atau berjalan kaki saja kalau memang ingin memandangi keelokan matahari terbenam di pulau cantik ini.

Sembari menunggu matahari yang secara perlahan mulai turun, kamu bisa memesan es kelapa di pinggirnya. Ditemani deburan ombak dan semilir angin pemandangan alam tersebut bisa semakin menyempurnakan acara liburanmu.

8. Pastikan kamu menyempatkan diri untuk menjepret foto siluet sunset di Candi Ratu Boko yang keseksiannya selalu sukses membuat orang melongo

Apabila kamu berkunjung ke Yogyakarta dan berencana mengejar kecantikan sunset di kota ini datanglah ke Candi Ratu Boko yang terletak tidak jauh dari Prambanan. Di candi kecil tersebut kamu dijamin bisa melihat secara langsung betapa indahnya pemandangan yang ada di sana.

Keagungan ukiran alam karta Tuhan memang terpampang nyata di sana. Silahkan mengabadikan banyak gambar yang bisa kamu puas jepret di Ratu Boko. Pastikan kamu juga mengeksplorasi candinya yang bagus banget itu ya.

9. Keelokan sunset di Pantai Melasti akan membuat ingin berkunjung ke sini berulang kali

Pantai Melasti via liburanbali.net

Nama Pantai Melasti mungkin tidak sepopuler Kuta atau Nusa Dua tapi soal keindahan tidak perlu kamu meragukannya. Terletak di kawasan Ungasan, sunset di Melasti adalah salah satu palimg epik di Pulau Dewata. Di kelilingi dengan batuan kapur raksasa bersiaplah untuk menikmati keindahan alam yang pasti memanjakan mata.

Pantai yang tenang belum terlalu ramai juga menjadi nilai tambah tempat liburan yang satu ini. Jangan lupa untuk mengambil berbagai momen menarikmu selama di sana.

Nah itu tadi berbagai spot asyik yang wajib kamu datangi kalau memang sudah ‘gate;’ ingin berburu keindahan sunset. Jangan lupa bawa kamera dan ajak orang tersayangmu untuk diajak ke sana ya. Dijamin kecantikan matahari terbenam akan semakin syahdu dinikmati bersama orang yang memang spesial.

Featured Image by: liburanbali.net

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya