Berbicara soal Malang, berbicara soal wisata dan kuliner yang selalu bikin betah nggak mau pulang ke rumah. Berbagai destinasi wisata dan kuliner tersebar marak di seantero Malang Raya dan sekitarnya. Belum lagi warga pribumi yang terkenal sungguh ramah. Jadi, tak ada alasan untuk tidak betah berkunjung ke Malang, bukan?

Untuk melepas penatmu atas pekerjaan dan beban skripsi yang melanda, ada baiknya kamu bertolak ke Kota Apel ini. Nah, kali ini Hipwee Travel ingin memberikanmu beberapa spot untuk kamu camping di kota Malang dan sekitarnya.

Main air di Pantai Goa China mungkin sudah biasa. Cobalah untuk cara lain, camping, misalnya.

Camping ke sinilah, biar nggak garing!

Camping ke sinilah, biar nggak garing! via surabaya.panduanwisata.id

Advertisement

Pantai Goa Cina memang memiliki daya pikat karena goanya. Konon, goa ini merupakan tempat persembunyian seorang bangsawan berdarah Cina. Sebagai tempat bertapa, hingga embusan napas terakhirnya. Makanya, sampai sekarang diberi nama Pantai Goa Cina. Pantai ini sudah bukan nirwana dunia yang masih belum terjamah. Untuk menyiasatinya, cobalah kamu camping di pantai ini. Nuansa berbeda yang akan kamu dapat bisa meregangkan otot dan otakmu dari kepenatan seminggu kerja loh. :p

Cobalah kemping di Kabupaten Malang, tepatnya di Pantai Ungapan. Kamu akan terlena dengan kecantikan matahari tenggelam dari pinggir pantainya!

Kemping berdua enak nih~

Kemping berdua enak nih~ via elangg.com

Pantai Ungapan ini terletak di desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Kira-kira kamu perlu menempuh 3 jam perjalanan atau 64 km dari Kota Malang. Ya, apalah artinya jarak jika di ujung jalan ada sebuah kepuasan alam yang menyalak? Apalagi, kalau kamu kemping di pantai berpasir putih ini sembari menunggu matahari tenggelam, duh! Cantik kali pesona alam dari balik tendamu. Yakin, deh!

Berkontemplasi di Pantai Batu Bengkung, kemping sembari berinstrospeksi diri atas kehidupan yang telah dilalui. #tsaah!

Salah satu pesisir Pantai Bengkung.

Salah satu pesisir Pantai Bengkung. via malangonline.com

Kemping di Pantai Batu Bengkung menjadi pilihan untukmu merenung dan memikirkan hal-hal yang telah, sedang, dan akan terjadi pada kehidupanmu di masa mendatang. Dengan suasana pantai yang masih begitu sepi, dapat dipastikan kamu akan dengan mudah mendapat ide-ide brilian atau sekadar mencari solusi atas masalah yang begitu rumit. Panorama indah akan kamu dapatkan ketika matahari terbit malu-malu nan genit.

Nggak cuma Bali yang punya Tanah Lot. Berkemahlah di Pantai Balekembang, miniatur Tanah Lot ala Kabupaten Malang ini juga layak kamu kunjungi loh!

Tanah Lot? Balekambang, keleus!

Tanah Lot? Balekambang, keleus! via pasarkaki5.blogspot.co.id

Advertisement

Bukan warga Malang kalau nggak tahu tempat fenomenal ini. Salah satu wisata andalan dari Kabupaten Malang sejak tahun 1985 ini merupakan tempat yang asyik buat kemping. Pantai yang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur ini sudah memiliki ‘paket lengkap’ untuk para pelancong berwisata ke sini. Mulai dari tempat makan, restoran, ruko-ruko yang menjajakan souvenir dan oleh-oleh, penginapan, camping ground, hingga wahana flying fox. Ya, kayak Tanah Lot gitu deh. Asyik banget nggak tuh kemping di sini? hehe….

Terima kasihlah karena Malang punya Bumi Perkemahan Coban Rais. Wisata air terjun dan tempat kemping yang romantis.

Kemping di sini juga asyik!

Kemping di sini juga asyik! via sandhysinyo.wordpress.com

Mungkin buat kamu para traveler, berkemah di Bumi Perkemahan Coban Rais sudah terlalu ekstrem. Ya, emang sih, karena bumi perkemahan ini telah menjadi primadona atau langganan para mahasiswa atau komunitas untuk mendirikan tenda. Coban Rais merupakan air terjun yang terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu. Tetapi, di sini tersedia camping ground yang sudah marak dikunjungi orang-orang. Meski ramai, kemping di sini cukup romantis kok buat kamu dan pasanganmu. :p

Kalau yang ini bukan lagi primadona wisata alam, melainkan ratunya! Ranu Kumbolo, tempat kemping yang sempurna untuk menyatakan cinta.

camping di sini, romantis kak...

camping di sini, romantis kak… via www.facebook.com

Siapa sih yang masih asing dengan nama Ranu Kumbolo? Bagi kamu yang tahu, bahkan udah pernah mendaki ke Semeru, nama Ranu Kumbolo sudah sungguh akrab di telingga dan jiwa. Mendirikan tenda di pinggir danau Ranu Kumbolo, bersama kekasih, tentu menjadi kenangan tersendiri yang nggak akan terlupa. Berbagai jenis ikan air tawar dan burung-burung belibis liar menambah sorak sorai ramainya kempingmu. Belum lagi padang rumput dan ilalang yang mengelilingi tendamu. Duh, romantis, Bo!

Tempat perkemahan yang sejuk dan menenangkan. Dirikanlah tendamu di Camping Ground Bendengan.

Sejuk tenan!

Sejuk tenan! via pariwisataindo.com

Wisata alam Bedengan ini terletak di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Awalnya, tempat ini bukanlah sebuah destinasi wisata yang bisa dikunjungi. PT Pertamina mengolah kawasan ini sebagai tempat untuk pembibitan tanaman atau pohon. Baru pada tahun 2007, kawasan ini dibuka sebagai wahana wisata bagi para pecinta alam. Banyak yang menjadikan Bedengan sebagai spot untuk mendirikan tenda. Apalagi Bedengan ini terletak di dataran tinggi, makanya banyak traveler yang suka berkemah di sini. Wong sejuk dan tenang suasananya kok.

Kalau udah nggak kuat mendaki Gunung Panderman, dirikan saja tenda di Latar Ombo. Rasakahlah suasana asri nan sejuk di tengah hutan!

Suasana Latar Ombo di Gunung Panderman.

Suasana Latar Ombo di Gunung Panderman. via www.backpackertroopers.com

Latar Ombo Gunung Panderman merupakan lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda. Berada di ketinggian yang relatif rendah (nggak masalah buat pemula), Latar Ombo sangat rekomen untuk kamu kunjungi. Lokasi yang nggak jauh dari sumber mata air pun melengkapi perkemahanmu di tengah hutan ini. Asyiklah pokoknya kemping di sini! 😉

Nah, itu dia spot di Malang dan sekitarnya yang asyik buat mendirikan tenda. Daripada kamu bosan menikmati liburan yang gitu-gitu aja, mending nge-camp deh! Kira-kira, tempat mana lagi yang asyik buat kemping di Malang, Gaes?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya