Wisata pantai sekarang jadi primadona baru di Jogja. Tapi kalau ke Jogja dan cuma mampir ke Parangtritis atau pantai Indrayanti saja pasti sudah biasa. Terlalu banyak pantai-pantai baru di Jogja yang layak kamu sambangi sebenarnya.

Pernah dengar Pantai Torohudan? Pantai mungil yang terletak di Gunung Kidul ini bisa memberi pengalaman lebih dari sekedar ke pantai. Tersembunyi dan tidak banyak diketahui. Pantai Torohudan masih jarang dijamah wisatawan. Sebelum ramai kayak pasar kamu harus segera ke sana!

Pantai Torohudan bersebelahan dengan Pantai Ngrenehan. Masih sepi, berasa pantai milik sendiri

Pantai Ngrenehan dari atas via wisataku.net

Pantai Torohudan masih sangat sepi pengunjung. Berkunjung ke sini bikin kamu merasa kalau pantai ini seperti milikmu sendiri. Karena masih jarang dikunjungi, pantai ini juga masih bersih dari sampah lho, jadi jangan dikotori ya.

Kalau ingin ke pantai ini, kamu harus melewati pantai Ngrenehan karena pantai Torohudan berada di sebelahnya. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di sana lalu berjalan menuju Pantai Torohudan. Bisa juga mampir berenang di pantai ini karena airnya sangat tenang jadi aman untuk berenang.

Menuju Pantai Torohudan butuh perjuangan. Tapi dengan pemandangan indahnya, sepadan!

Advertisement

Bukit yang dilihat dari Pantai Ngrenehan via pasirpantai.com

Tak hanya berenang ke pantai, kamu juga bisa menikmati pendakian. Meski tidak terlalu tinggi, pendakian ini bisa cukup menantang karena penuh ladang penduduk yang menghalangi jalan. Tapi dari atas bukit kamu bisa melihat pantai Ngrenehan dengan laut birunya. Pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Sebaiknya jangan pergi ke Torohudan sendiri untuk pertama kali. Cari teman buat nyasar berjamaah

ladang penduduk di atas bukit via vhandojourney.blogspot.co.id

Kalau beruntung kamu bisa bertemu dengan petani yang sedang di ladang. Tapi kalau tidak ya mau tidak mau kamu harus mencari jalan sendiri. Memang ada jalan setapak, tapi jangan harap jalan itu langsung menuju arah pantai, yang ada justru jalan buntu. Tapi itulah tantangannya, untuk mencapai pantai itu sendiri saja tidak mudah. Tidak ada rumah warga juga di sekitarnya, jadi sebaiknya sebelum mulai mendaki tanyalah kepada warga di Pantai Ngrenehan.

Diapit dua bukit besar memberikan pemandangan yang tidak biasa, Pantai Torohudan akan memanjakanmu dengan ombak tenangnya

sudut pantai via vhandojourney.blogspot.co.id

Pantai Torohudan dikelilingi bukit dan batu karang besar yang bisa kamu gunakan untuk berteduh. Tak hanya itu, dua batu karang di kanan kirinya membuat ombak laut sangat tenang dan asyik untuk bermain air. Memang tidak bisa langsung berenang di pantainya karena penuh karang, tapi kamu bisa berjalan di atas bebatuan atau duduk sambil bermain air. Bahkan beberapa meter ke arah laut sudah bebas dari bebatuan dan bisa untuk berenang.

Pantai Torohudan tidak hanya memberi pemandangan untukmu, tapi bisa juga memberi petualangan. Bagi kamu yang bosan ke pantai hanya melihat pemandangan atau main air, pantai ini bisa jadi alternatif. Bisa juga memberi pengalaman untukmu bersama sahabat atau pacar untuk tidak hanya sekedar ke pantai, tapi juga mendaki1