Pernahkah kamu mendengar nama Ternate dan Tidore? Kalau kamu masih ingat, sewaktu sekolah dulu ada pelajaran tentang sejarah kerajaan Ternate dan Tidore. Harusnya kalau sekolahnya rajin bakalan inget dong ya. Yap, tau kah di mana letak Ternate dan Tidore? Dua pulau ini lokasinya berada di Provinsi Maluku Utara. Tepat berada di sebelah barat pulau Halmahera.

Kota Ternate ini sebelumnya pernah menjadi ibukota Provinsi Maluku Utara sebelum digantikan oleh Sofifi. Kota yang berada dalam pulau yang relatif kecil ini ternyata punya banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Hipwee Travel sempat mengeksplorasi pulau yang terkenal dengan Gunung Gamalama-nya ini. Ada 8 destinasi wisata yang keren di Ternate yang patut kamu kunjungi. Yuk kita simak ulasannya.

Pantai Sulamadaha ini punya keindahan paripurna dengan airnya yang begitu bening sehingga kapal yang berada di atasnya serasa melayang. Indahnya tiada duanya!

kapal seolah melayang via djavavista.co.id

Advertisement

Pantai Sulamadaha ini jaraknya tidak begitu jauh dari bandara Ternate. Kurang lebih sekitar 30 menit perjalanan, kamu sudah sampai pantai yang indah ini. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan karena lokasinya yang menjorok ke daratan (teluk). Jika kamu datang ke sana sekilas tak terlihat seperti pantai, namun laguna atau danau di tengah hutan. Kamu juga bisa snorkeling atau naik kapal di sana. Keren banget ini tempatnya!

Berfoto di Pantai Fitu, destinasi yang terdapat di uang seribu rupiah. Siapkan uang 1000 jika mau ke sana!

pantai fitu via www.ulinulin.com

Pantai Fitu ada di uang 1000 yang kamu gunakan sehari-hari. Gambar dua pulau Maitara dan Tidore dengan satu kapal yang tengah lewat di tengah laut bisa kamu saksikan sendiri di Ternate. Kalau ke sana jangan lupa bawa uang seribuan ya. Apalagi sekarang ada anjungan dari kayu untuk berfoto-foto. Mantap deh.

Bagi yang suka mendaki, Gunung Gamalama jelas jadi tujuan pendakian yang oke banget. Pemandangan dari puncaknya bikin merinding

gunung gamalama via www.instagram.com

Ternate nggak cuman ada pantai aja, kamu pendaki gunung bisa kok mendaki gunung di sana. Ada Gunung Gamalama yang punya ketinggian 1.715 mdpl. Dengan ketinggian yang tidak seberapa, kamu bisa melihat pulau-pulau di sekitar Ternate dari puncaknya. Gunung ini meletus terakhir pada tahun 2015.

Danau Laguna Ngade kini jadi destinasi hits di Ternate. Pasalnya, ada ayunan yang instagramable dan cocok buat foto-foto

danau ngade via www.instagram.com

Advertisement

Danau Ngade ini sebenarnya biasa saja kalau dilihat dari bawah, ya seperti danau-danau lainnya. Tapi kalau dilihat dari atas, beuh, keindahannya luar biasa. Ada gardu pandang, spot foto sampai ayunan di atas bukit sana. Kalau kamu datang ke Ternate, nggak lengkap kalau nggak berfoto di sana. Masuknya cuma 5000 rupiah aja kok.

Nggak cuma di Jepang, bunga sakura juga ada di Ternate lho. Yuk dateng ke Taman Sakura di Ternate

taman sakura via www.instagram.com

Taman Sakura kini ada di Ternate. Taman ini ramai dikunjungi oleh pengunjung pada libur tahun baru 2018. Bunga ini sejatinya bukan sakura namun bernama Tabebuya. Bunga ini bakal mekar di bulan Desember sampai Maret. Nggak perlu jauh-jauh ke Jepang lagi dong ya. Hehehe.

Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang masih berdiri megah di Ternate

dari atas bentuknya unik ya via www.indonesiakaya.com

Seperti halnya benteng lain di Ternate, Benteng Tolukko pada awalnya merupakan bangunan buatan Portugis yang menguasai hampir seluruh perdagangan rempah di Ternate pada abad ke-16. Benteng ini diberi nama Santo Lucas. Namun karena lidah orang Ternate, benteng ini pun jadi disebut Tolukko (San-Tolukas).

Belum sah ke Ternate kalau belum mampir ke Pantai Falajawa, pantai buat gaul anak muda Ternate

pantai falajawa via www.instagram.com

Pantai Falaajwa yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Ternate ini memang populer di kalangan traveler. Belum gaul rasanya kalau belum ke Pantai Falajawa. Jika kamu ke Ternate sempatkanlah mampir ke pantai yang cantik ini. Ada payung warna-warni yang cocok untuk foto-foto selfie.

Pantai Jikomalamo punya surga bawah laut yang indah banget. Pecinta snorkeling wajib ke sini!

pantai jikomalamo via www.instagram.com

Berada di Ternate bagian utara, Pantai Jikomalamo ini termasuk sebuah pantai yang baru. Garis pantainya cuma 100 meter memang, tapi bawah lautnya kece banget. Pokoknya kalau ke sini wajib deh snorkeling. Cantik banget deh terumbu karang di pantai ini.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Kota Ternate?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya