5 Creative Space di Jakarta yang Jadi Pusat Kreativitas dan Seni. Wajib Banget Ke Sini!

Creative space di Jakarta

Semakin ke sini, industri kreatif dan dunia digital semakin diminati oleh para generasi muda. Maka dari itu, semakin banyak creative space yang bermunculan demi mendukung kemampuan dan kreativitas dari para pegiat seni. Kalau biasanya kita hanya bisa menyaksikan pertunjukan seni di acara tertentu, di kawasan kreatif ini kamu bisa puas menikmatinya.

Advertisement

Yup, tempat yang diusung menjadi creative space biasanya terdiri dari area kompleks mulai dari ruang pertemuan, pertunjukan seni, hingga menjadi sentra kuliner. Nah, daripada penasaran dengan tempat dan suasananya, yuk langsung simak ulasan Hipwee Travel berikut ini!

1. Kawasan M Bloc Space jadi salah satu tempat yang digandrungi anak muda karena bisa mencoba beragam aktivitas seni

Area kreatif ini terletak di Jalan Panglima Polim No.37, RT.1/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kawasan kreatif ini dibangun di atas lahan bekas Kompleks Peruri dengan nuansa vintage yang khas. Di Sini, kamu bisa menikmati beragam aktivitas mulai dari mencicipi kuliner, pertunjukan musik dan seni, hingga menjadi tempat berkumpulnya beragam komunitas.

Advertisement

Kata ‘M’ dalam M Bloc Space sendiri memiliki beragam makna mulai dari musik, meetings, makers, millenials, market, message, mission, movement, movies, Melawai dan money. Intinya, tempat ini menjadi tempat bertemunya para pegiat di dunia kreatif untuk menciptakan dan menikmati karya seni.

2. Meski terkenal sebagai sentra kuliner di Jakarta Utara, Pantjoran PIK juga memiliki creative space untuk anak muda mengasah kreativitas

Advertisement

Melipir dari bagian Selatan Jakarta, kamu juga bisa mengunjungi Pantjoran PIK yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kawasan ini terkenal sebagai kawasan pecinan sekaligus sentra kuliner yang menyajikan banyak makanan lezat dari yang modern hingga tradisional. Selain jadi pusat kuliner, tempat ini juga memberikan ruang bagi anak-anak muda untuk saling berbagi pengalaman dan informasi sehingga dijadikan sebagai creative space.

Kamu juga bisa menikmati beragam pertunjukan seni mulai dari seni tari hingga barongsai. Pihak pengelola juga turut mengadakan beberapa lomba seni seperti lomba mural.

3. Setelah melipir ke Jakarta Utara dan Selatan, kamu bisa mengunjungi Kawasan Petak Enam di Jakarta Barat

Berada di kawasan yang berdekatan dengan Petak Sembilan, Petak Enam yang terletak di Jalan Pancoran No.43, RW.6, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat ini lebih dikenal sebagai salah satu sarana kreatif di Jakarta Barat.

Kalau dulu masih agak sulit menemukan cafe di kawasan Glodok, saat ini kamu bisa menikmati kuliner sembari bercengkrama dengan teman atau komunitas. Tak hanya itu, kamu juga bisa puas berbelanja dan menjelajahi sudut foto yang terdapat di bangunan dua lantai ini.

4. Kumulo Creative Compound jadi salah satu creative space yang terkenal dan populer di wilayah Tangerang

Area publik kreatif ini tertletak di The Breeze BSD City, Unit Lake Level 77A, Sampora, Tangerang, Banten. Tempat ini juga merupakan area kompleks yang bisa digunakan untuk banyak hal mulai dari menikmati kuliner, berbelanja, hingga mengajak hewan peliharaanmu menikmati suasana alam yang berpadu dengan bangunan minimalis.

Tak hanya itu, kamu juga bisa saling bertukar informasi seputar karya seni dengan komunitas karena tempat ini juga menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk mengembangkan kemampuannya.

5. Terakhir, ada creative space yang baru saja diresmikan yaitu Pos Bloc yang dibangun di atas bekas Gedung Pos

Memiliki nuansa yang serupa dengan M Bloc Space, Pos Bloc yang belum lama ini diresmikan juga menjadi wadah dan ruang kreatif bagi para kalangan muda di Jakarta. Sarana publik ini terletak di Jalan Pos No.2, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat dan terdiri dari area dalam dan luar ruangan. Selain menjadi tempat berkumpulnya anak muda dan komunitas, kamu juga bisa berbelanja beragam produk ekonomi kreatif lo!

Nah itu dia beberapa lokasi creative space yang bisa kamu sambangi jika sedang berada di sekitaran Jakarta. Area mana nih yang pengin banget kamu kunjungi SoHip?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE