PBB melalui Sustainable Development Solutions Network (SDSN) merilis daftar negara paling bahagia di dunia pada tahun 2018. Daftar ini disusun berdasarkan berbagai indikator kebahagiaan di sebuah negara. Tahun ini, SDSN memilih Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia. SDSN menilai Finlandia unggul di sejumlah faktor penentu kebahagiaan suatu negara, yakni tingginya harapan hidup, keadilan sosial, dan perhatian pemerintah.

Sebagai negara Skandinavia, wajar apabila warga Finlandia yang beribukota di Helsinki ini begitu bahagia. Seperti yang kita semua tahu, kualitas pendidikan dan tingkat kesejahteraan negara-negara Nordik ini bisa disebut terbaik di dunia. Dengan segala aspek fundamental dalam suatu negara seperti harapan hidup maupun keadilan sosial yang baik, maka warga negara tersebut tentunya akan bahagia.

Advertisement

Yuk simak saja daftar 10 negara paling bahagia di dunia tahun 2018.

Peringkat 1-3 dan juga 9 seluruhnya didominasi oleh negara Skandinavia. Apa memang negara-negara tersebut begitu nyaman ditinggali hingga warganya begitu bahagia?

finlandia via www.visitfinland.com

Tahun lalu negara paling bahagia di dunia adalah Norwegia. Kali ini Norwegia turun di peringkat kedua. Sementara Denmark berada di posisi ketiga. Negara Skandinavia lainnya yaitu Swedia ada di posisi ke 9. Sudah jadi rahasia umum memang kalau fasilitas publik dan pendidikan di Skandinavia sangatlah bagus. Bahkan sering disebut terbaik di dunia. Dengan kualitas sumber daya manusia yang baik, wajar apabila warganya hidup bahagia. Meskipun pajak sangat tinggi namun hal itu diimbangi dengan jaminan sosial yang luar biasa baiknya.

Peringkat 4-6 adalah negara Eropa, Islandia, Swiss dan Belanda. Negara Eropa bahagia juga ya ternyata

islandia emang juara via www.boredpanda.com

Untuk negara yang paling bahagia selanjutnya diisi oleh trio Eropa, Islandia, Swiss dan Belanda. Selain karena jaminan sosial di ketiga negara tersebut sangatlah baik, fasilitas publik di negara tersebut juga mumpuni. Siapa sih yang menafikan indahnya alam Islandia, panorama Swiss yang aduhai dan budaya bersepeda di Belanda?

Sementara Kanada berada di posisi 7, negara tetangga di selatan Indonesia yakni Australia dan Selandia Baru juga masuk ranking 8 dan 10

morainne lake, kanada via www.gocollette.com

Advertisement

Kanada punya Perdana Menteri yang kece badai ini memang terlihat damai-damai saja ya. Alamnya indah, ekonominya oke banget, pemerintahannya pun dipercaya oleh rakyatnya. Wajar kalau tingkat kebahagiannya tinggi. Berbeda dengan Amerika yang justru nyungsep di posisi 18. Sementara Australia dan Selandia Baru juga masuk 10 besar, masing-masing di peringkat 8 dan 10. Dua negara ini memang relatif adem ayem ya.

Lalu di peringkat berapa Indonesia?

orang indonesia happy? via jadiberita.com

Untuk Indonesia sendiri berada di posisi ke-96, tepat di atas posisi Bhutan dan di bawah posisi Vietnam. Sementara itu, tiga negara tetangga Indonesia seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand bisa dibilang jauh lebih bahagia. Hal ini dikarenakan masing-masing berada di posisi ke-35, ke-34, dan ke-46. Wah, apa benar orang Indonesia kurang bahagia? Kalau benar, kira-kira apa penyebabnya? Faktor ekonomi atau jangan-jangan masalah politik kali ya. Atau karena mudah diadu domba dengan berita HOAX? Hehehe.

Berikut ini ialah daftar 10 negara paling bahagia di dunia pada tahun 2018

1. Finlandia
2. Norwegia
3. Denmark
4. Islandia
5. Swiss
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Swedia
10. Australia

Nah, apapun yang terjadi, entah kondisimu sedang jomblo atau ekonomi sulit selalu ada alasan untuk bahagia kok. Ketika ada 1 alasan untuk bersedih maka masih ada 1000 alasan untuk bahagia. Sepakat?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya