Promosikan Warisan Kuliner, Macao Luncurkan Database Masakan yang Bebas Diakses Siapa Saja

Resep kuliner Macao

Sebagai wilayah termuda Republik Rakyat Tiongkok yang terletak di kawasan pantai China bagian tenggara, Macao merupakan wilayah yang mengagumkan. Setidaknya bisa dilihat dari kekayaan kuliner yang mengantar Macao kepada predikat Kota Kreatif Gastronomi UNESCO sejak 2017.

Advertisement

Diketahui, Macao yang juga terkenal sebagai tempat favorit pemain casino di Asia ini memiliki ragam keahlian memasak yang mewakili 400 tahun perjalanan budaya makanan. Mencakup metode memasak Portugis yang digabungkan dengan metode India, Malaysia, Afrika, dan penduduk Tionghoa setempat. UNESCO bahkan turut mengganjar keahlian memasak Macao ini sebagai warisan budaya tak benda sejak 2012.

Nah, agar warisan dan teknik kuliner Macao yang mengagumkan tersebut makin populer, Dinas Pariwisata Pemerintah Macao bersama Macao Institute for Tourism Studies meluncurkan sebuah inisiatif berupa database yang bisa diakses siapa saja bernama “Macanese Cuisine Database”. Buat yang kehabisan ide masak selama di rumah aja bisa diintip, nih.

Nggak cuma hadirkan resep masakan, database ini juga punya video masak dan ragam pengetahuan menarik tentang budaya Macao

(dok. gastronomy.gov.mo) via www.gastronomy.gov.mo

Dihadirkan dalam laman web gastronomy.gov.mo, database ini memiliki 26 buku digital dan publikasi tanda tangan, 19 manuskrip, 297 resep masakan yang bisa dicoba siapa saja, dan delapan video tentang kuliner yang ciamik. Dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Jumat (4/12/2020), konten terkait ragam kuliner akan ditambahkan secara periodik ke dalam database ini.

Advertisement

Secara tampilan, database ini cukup sederhana sebagaimana umumnya laman resep. Resep disusun secara abjad sehingga mudah untuk dicari. Selain itu juga tersedia kolom pencarian kalau kamu sudah punya nama masakan yang dibutuhkan. Tinggal ketuk resep yang diinginkan, lalu akan tampil bahan-bahan yang diperlukan berikut metode memasaknya.

Video masak-masaknya juga disajikan dengan menarik dan informatif, kendati jumlahnya belum begitu banyak. Manuskrip-manuskrip lawas juga terdokumentasikan dengan apik. Salah satu yang menarik adalah resep kue dari masa Portugis masih “menyewa” di Macao nih.

(dok. gastronomy.gov.mo) via www.gastronomy.gov.mo

Lebih lanjut dijelaskan, laman web yang menghimpun Macanese Cuisine Database nggak hanya menawarkan dokumentasi mendalam mengenai warisan budaya tak benda Macao, yaitu keahlian memasak saja. Melainkan juga menawarkan pengetahuan budaya, program edukasi, sastra dan teknologi, melalui pendekatan lintas bidang kreatif yang sejalan dengan agenda pembangunan berkelanjutan tahun 2030.

Dalam kesempatan ini, selain meluncurkan database, Dinas Pariwisata Pemerintah Macao juga turut mendirikan sudut bertema gastronomi, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan kuliner Macao di Macao Institute for Tourism Studies. Nah, buat yang senang travelling dan kulineran tapi berhubung pandemi belum bisa icip-icip langsung di daerah asalnya, bisa dicoba nih, masak sendiri di rumah dengan resep yang tersedia di Macanese Cuisine Database.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE