Es Nini Thowong, Kuliner Legendaris di Kota Solo. Rasanya Maknyuss dan Seger Banget!

Kuliner Legendaris Es Nini Thowong

Jalan-jalan ke Solo, nggak lengkap kalau nggak cobain kuliner legendaris yang ada di sana. Kamu bisa ngicipin Nasi Liwet, Selat Solo ataupun Sate Kambing Bunthel Segaran. Banyak banget kuliner khas Solo yang menggugah selera. Kalau kamu punya menu favorit nggak nih di Solo?

Advertisement

Kuliner nggak melulu cuma makanan aja ya. Penjual minuman atau es yang khas juga bisa dijadikan tujuan wisata kuliner. Nah di Kota Solo ini terdapat beberapa minuman yang legendaris dan tak lekang dihantam zaman. Salah satunya adalah Es Nini Thowong. Seperti apa kesegaran es yang satu ini? Yuk simak ulasan Hipwee Travel yang datang ke Solo untuk cobain esnya secara langsung.

Beralamat di Jl Arifin No 32, Jebres, Solo, es Nini Thowong adalah minuman khas Solo yang harus kamu cobain saat liburan ke sana!

es nini thowong via www.hipwee.com

Es Nini Thowong adalah kuliner khas Solo yang cukup legendaris. Es ini sangat menyegarkan dan diisi dengan buah-buahan. Buah-buahan itu di antaranya adalah pisang raja, leci, nangka, dan nanas. Selain itu, ada pula kacang hijau, agar-agar, cendol, dan kolang-kaling. Tak lengkap tanpa es serut, santan dan susu kental manis. Wah rasanya maknyuss banget. Seger dan rasanya masih bertahan sejak tahun 1980 silam.

es cinderella via www.hipwee.com

Dilansir dari Solopos, Pemilik Depot Es dan Masakan Indonesia Nini Thowong, Eddy Widodo, mengaku minuman tersebut diciptakan sejak 1980. Pada saat itu, kawasan Jl. Arifin, merupakan pusat jajanan es di Kota Solo. Seiring waktu, para penjualnya tidak bisa bertahan dan akhirnya gulung tikar. Namun Es Nini Thowong tetap bertahan hingga saat ini.

Advertisement

Selain es Nini Thowong, ada juga es bumi hangus, es sarang burung, es gempol pleret, es teler durian, es cinderella dan durian kopyor. Berbagai jenis es ini bikin bingung sih mana yang mau dicobain. Biar nggak bingung cobain semuanya aja deh. Hehehe.

Tentu saja nggak cuma es yang jadi andalan rumah makan ini. Menu makan khas Solo juga ada di sini

ada soto, selat dst via www.hipwee.com

Tempat makan ini juga menyediakan berbagai masakan tradisional, termasuk gudeg, soto, racikan selat, dan bakmi ketoprak. Sotonya enak banget, kuahnya gurih dan bumbunya sangat nikmat. Selat Solo agak terlalu manis, malah kerasa seperti makan di Jogja. Buat yang suka manis bakal suka banget sama Selat Solo di Nini Thowong. Kombinasi menu makanan tradisional seperti ini dengan es yang juga legendaris seperti Nini Thowong bakalan jadi perpaduan yang sempurna di lidah. Banyak orang kangen ke sini karena citarasanya sama dan tidak berubah selama bertahun-tahun.

Harga es Nini Thowong 19 ribu rupiah, sama dengan harga es Cinderella. Untuk makanan bervariasi antara 14 ribuan sampai 30 ribuan

es nini thowong via www.hipwee.com

Harga menu makanan dan minuman di Nini Thowong cukup terjangkau, mulai dari 14 ribuan sampai 30 ribuan. Menu sotonya agak kecil sih, jadi sebaiknya kamu pesen 2 biar mantap. Harganya 14 ribu. Enak banget soto dagingnya, serius. Minumnya es Nini Thowong harganya 19 ribu, hampir sama dengan es-es lainnya. Es Cinderella juga enak banget sih. Campuran monte, alpukat, kelapa muda, kolang-kaling dan susu putih berasa sangat menyegarkan.

Mau cobain es Nini Thowong dan menu lainnya? Yuk main ke Solo.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE