Meskipun sudah mendunia dan digemari banyak orang, masih banyak yang menilai fotografi sebagai hobi yang mahal. Sebab, mereka berpandangan bahwa untuk menghasilkan foto yang bagus, seseorang harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli kamera profesional.  Anggapan itu 100 persen salah! Waktu awal fotografi diperkenalkan sekitar tahun 1800-an, fotografi memang mahal dan eksklusif. Tapi sekarang semua sudah berubah. Karya fotografi yang indah bisa dihasilkan dengan kamera sederhana, termasuk kamera handphone alias hape.

Kali ini Hipwee Travel mau menunjukkan ke kamu semua bahwa fotografi itu nggak harus mahal. Deretan foto pemenang kontes fotografi Iphone 2016 ini buktinya. Disimak baik-baik ya, siapa tau bisa jadi sumber inspirasi!

Pemenang kategori “bunga” datang dari Swiss. Dia adalah Lone Bjorn, dengan foto berupa serangkaian bunga di tepi jalan.

Bunganya semakin kelihatan cantik dengan latar belakang langit yang eksotik via www.standard.co.uk

Bjorn tak sengaja menemukan kumpulan bunga itu saat pulang kerja. Dia memotretnya dengan kombinasi yang cantik antara bunga dan latar belakang langit. Alhasil, foto ini terpilih jadi juara. Sebuah foto yang sederhana, tapi kelihatan indah luar biasa!

Xia Zhenkai menjadi pemenang kategori manusia dengan foto seorang lelaki yang sedang mandi di Sungai Gangga, India.

Foto semacam ini pasti bisa mudah didapat di Kali Ciliwung Jakarta via www.standard.co.uk

Advertisement

Xia Zhenkai memotret momen seorang pria mandi di Sungai Gangga, India. Selama ini Sungai Gangga dikenal sebagai sungai suci. Zhenkai memotretnya dengan cara yang berbeda. Momen itu ia potret saat sedang membuat film dokumenter di sana.

Kategori “anak-anak” dimenangi KK Changsha. Dia menampilkan foto anak-anak bermain ice sketing di sungai yang membeku.

Berselancar nggak harus di laut, di sungai yang beku pun jadi via www.standard.co.uk

Changsha memotret dua orang anak yang sedang bermain ice sketing di atas Sungai Songhua yang sedang membeku. Papan selancar yang digunakan anak-anak itu dibuat dari barang bekas cuma saat musim dingin datang. Momen ini diabadikan Changsha di Kota Harbin, Tiongkok.

Jian Wang memenangi kategori “arsitektur” dengan foto arsitektur cantik dan menarik yang dipotret di Beijing Olympic Park.

Bayangan dari sinar matahari bikin arsitekturnya kelihatan luar biasa via www.standard.co.uk

Jian menamai foto ini dengan judul China Red. Foto ini diambil di Beijing Olympic Park, tepat di depan tembok merah tradisional Tiongkok. Sebetulnya itu tembok biasa, tapi kehadiran bayangan dari atap stadion membuat foto itu tampak berbeda.

Foto segerombolan rubah yang lucu dan imut-imut ini membawa Erica Wu dari Jepang sebagai pemenang kategori “binatang”.

Kesan mengerikan dari rubah ini hilang dan berganti dengan wajah yang lucu via www.standard.co.uk

Sebelum foto ini menang, Erica sudah berkeliling ke 47 prefektur atau provinsi di Jepang demi mencari spot-spot terbaik untuk memotret binatang. Erica adalah pecinta binatang. Dia hobi mengabadikan binatang-binatang dengan cara yang tak biasa.

Yuki Cheung Hong Kong memenangi kategori “gaya hidup” dengan foto tiga perempuan yang sedang liburan santai di Finlandia.

Foto liburan santai bareng teman-teman pun bisa jadi juara via www.standard.co.uk

Bagi Yuki dan teman-temannya, pergi berlibur ke Finlandia adalah sebuah mimpi yang menjadi nyata. Finlandia juga dikenal sebagai salah satu negara impian para fotografer di dunia. Sebab, negara ini punya bentang alam yang indah.

Carolyn Borlenghi menempati posisi ketiga dalam kategori “overall winner” dengan foto bertema manusia berkepala rusa.

Memang agak absurd si, tapi buktinya menang. Gampang kan bikin foto begini. via www.standard.co.uk

Foto manusia berkepala rusa ini merupakan bagian dari projek mingguan Carolyn di Instagram yang dia tampilkan dengan tagar #WHPwonderland. Carolyn memang hobi mengabadikan momen liburan bersama keluarganya dengan cara yang unik dan anti mainstream.

Lewat foto perempuan berpayung merah di padang rumput, Robin Robertis menempati posisi kedua di kategori “overall winner”.

Jangan takut berkreasi karena ide ada dimana-mana via www.standard.co.uk

Robin memotret perempuan yang membawa patung dengan pakaian serba merah di sebuah padang rumput di Cape Co, Massachusetts, Amerika Serikat. Kehadiran elemen manusia dengan warna merahnya membuat sunset di belakangnya terlihat lebih menarik.

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu. Juara kategori “overall winner” dalam kontes ini adalah Siyuan Niu dari Tiongkok.

Foto ini memang pantas juara karena dihasilkan lewat keberanian via www.standard.co.uk

Siyuan Niu mengabadikan foto keberanian seorang lelaki tua di Xinjiang yang hidup bertahun-tahun bersama ratusan burung elang. Lelaki tua itu juga merawat dan membesarkan elang-elang ganas itu di sekitar rumahnya. Selamat pak Siyuan!

Gimana, keren-keren kan? Sekali lagi, fotografi itu nggak harus mahal! Jangan minder kalau kamu suka foto-foto tapi cuma pake kamera hape. Kamu harus ingat bahwa kreativitas itu datang dari keterbatasan. Semangat berkarya!