Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang hingga saat ini masih dipenuhi banyak bangunan tua bersejarah dengan bermacam kisah dan misteri. Mulai dari fasilitas umum, properti pariwisata, tempat-tempat penginapan, hingga bangunan terbengkalai. Salah satunya yang paling terkenal adalah Hotel Niagara yang terletak di kawasan Lawang, Malang, Jawa Timur.

Meski telah mengalami peremajaan, kengerian bangunan yang dulunya merupakan villa tersebut cukup terkenal. Apalagi di kalangan masyarakat setempat. Bertahan dengan gaya klasiknya, hotel ini seolah-olah menyimpan rapat-rapat kisah kelam di masa lalunya. Seperti apa sih? Simak yuk!

Begini nih penampakan Hotel Niagara saat ini. Bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 1918 ini, punya kisah horor di tiap lantainya

Dulu bukan hotel, tapi vila via travelingyuk.com

Advertisement

Pada awal mula berdirinya di tahun 1918 lalu, tempat ini bukan merupakan sebuah hotel, melainkan bangunan berbentuk vila. Dilansir dari Malang Merdeka, bangunan yang telah berumur cukup tua ini dibangun oleh seorang pria keturunan Brazil dan membutuhkan waktu selama 15 tahun untuk menyelesaikannya. Kepemilikan villa tersebut pertama kali dipegang oleh seorang Tionghoa bernama Liem Sian Joe.

Setelah berpindah tangan kepada pengusaha Tionghoa lainnya yang bernama Ong Kie Jay, vila tersebut pertama kalinya berubah fungsi dan dilakukan perubahan pada beberapa bagiannya. Sejak saat itulah tempat tersebut bernama menjadi Hotel Niagara.

Di hotel inilah pernah beredar mitos seorang perempuan Belanda yang bunuh diri di lantai empat

Misteri Hotel Niagara via www.misteraladin.com

Layaknya hotel-hotel tua pada umumnya, Niagara juga memiliki kisah yang melegenda sepanjang masa. Meski perihal kebenarannya tidak diketahui secara pasti alias masih simpang siur, namun berita ini banyak dipercaya oleh masyarakat. Pada lantai empat hotel tersebut, pernah terjadi kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang perempuan Belanda pada beberapa tahun silam.

Advertisement

Akibat kejadian itu, pihak pengurus hotel sempat menghentikan operasional mereka, khususnya di lantai tempat kasus itu terjadi. Bahkan, beberapa warga sekitar mengaku pernah melihat sosok perempuan yang berdiri di lantai empat ketika malam hari. Padahal, tempat di mana sosok perempuan tersebut muncul adalah sebuah kamar yang tak berpenghuni.

Tak hanya di lantai empat, kisah tentang Three Beautiful Ghost Hotel yang berada di lantai tiga pun tak kalah terkenal

Salah satu bagian dalam hotel via (instagram.com

Selain terkenal dengan hantu korban bunuh diri yang ada di lantai empat, ternyata Hotel Niagara juga menyimpan sejuta misteri perihal 3 sosok noni Belanda yang ada di lantai tiga. Saking cantiknya para arwah noni Belanda tersebut hingga muncul julukan Three Beautiful Ghost Hotel dari para pengunjung yang pernah melihatnya secara langsung.

Meskipun jarang menampakkan dirinya, namun ketiga noni Belanda ini dipercaya sering melakukan aktivitas yang sedikit mengganggu seperti tertawa di lorong hotel ataupun di kamar, hingga mengetuk pintu kamar para tamu. Tapi, dengan terkenalnya cerita ini, ternyata malah banyak membuat banyak orang penasaran tentang keberadaan si hantu cantik tadi.

Konon, ruang bawah tanah hotel ini juga diduga menjadi saksi bisu pembantaian dan pembuangan mayat

Ngerinya ruangan bawah tanah via plus.kapanlagi.com

Berdirinya Hotel Niagara pada zaman penjajahan di Indonesia membuat citra bangunan tersebut semakin ngeri. Salah satu bagian hotel yang juga menjadi cerita terkenal di kalangan masyarakat adalah keberadaan ruang bawah tanahnya. Disinyalir, ruangan terbawah hotel ini merupakan tempat yang paling memiliki aura mistis.

Pasalnya, pada tempat itulah dipercaya menjadi area pembantaian dan pembuangan mayat beberapa orang Belanda. Hingga saat ini, keberadaan dan kebenaran berita tentang “kuburan masal” tersebut belum ada yang membuktikannya secara langsung. Namun, menurut pengakuan beberapa orang seperti yang ditulis di laman Malang Today, disebutkan bahwa mereka pernah melihat sesosok manusia dengan badan berlumuran darah di tempat ini.

Meskipun menyimpan banyak kisah menyeramkan dan terkenal hingga seluruh penjuru kota, namun keeksotisan gaya klasik yang dipertahankan oleh hotel yang memiliki lima lantai ini memang tak diragukan lagi. Hal tersebut yang membuat Niagara tak pernah kesepian pengunjung meski diterpa isu-isu miring yang belum jelas tentang kebenarannya.

Bahkan, tak jarang juga lo saat ini banyak pengunjung dari luar kota dan luar negeri menyempatkan diri untuk menginap di hotel tersebut selagi mereka melancong di Kota Malang. Sebagian karena memang ingin merasakan sentuhan klasiknya, sebagian lagi juga karena penasaran dengan berbagai kisah mistisnya.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya