Meski tarifnya lebih mahal, melakukan perjalanan naik pesawat memang jadi favorit sebagian besar orang. Ya, dengan pesawat, kamu bisa lebih cepat sampai di tempat tujuan. Tapi, bukan berarti bepergian dengan pesawat itu gak ada kelemahannya, lho.

Penerbangan dengan pesawat—terutama bagi yang menempuh perjalanan jauh—kadang membuat kita “terdampar” beberapa lama akibat transit maupun penundaan keberangkatan alias delay. Tentu saja kamu bakal bosan terjebak berjam-jam di bandara kalau gak mengisinya dengan suatu kegiatan. Tapi, kalau kamu melakukan hal-hal berikut ini untuk membunuh waktu, dijamin kamu gak akan mati gaya ketika menunggu keberangkatan pesawatmu di bandara.

1. Manfaatkan WiFi gratis di bandara untuk internetan. Dengan gadget di tangan, kamu gak perlu takut mati bosan

Manfaatkan wifi gratis buat internetan

Manfaatkan wifi gratis buat internetan via hereandnow.wbur.org

Advertisement

Bandara biasanya menyediakan WiFi gratis buat kamu di ruang tunggu. Kalau merasa mager atau masa penantianmu gak terlampau lama, isi aja waktumu buat internetan gratis di gadgetmu. Kamu bisa sekadar mengecek akun medsosmu, baca berita online, dengerin musik terbaru, atau nyicil kerjaan.

Kesepian atau kangen sama orang terkasih yang jaraknya ribuan kilometer? Manfaatkan internet kencang di bandara buat menghubungi mereka via VOIP atau video call.

2. Sulut semangat petualangmu dan jamahi bandara sampai di tiap lekuknya. Siapa tahu ada hal istimewa yang membuatmu takjub di salah satu sudutnya

Taman cantik di Changi

Taman cantik di Changi via www.businessinsider.co.id

Daripada bosan menanti di ruang tunggu bandara, kenapa gak jalan-jalan menyusuri sudut-sudut bandara aja? Bandara-bandara internasional yang ada di berbagai tempat punya pesona menarik masing-masing. Bandara Changi di Singapura misalnya. Tempat ini memiliki bermacam taman yang asri, teater untuk nonton film secara gratis, sampai main perosotan di arena seluncurannya.

3. Bandara juga menjadi kesempatanmu untuk berbelanja bebas bea. Kalau gak minat belanja, cuci mata doang juga gak papa

Duty free shop

Duty free shop via www.nkiac.co.jp

Advertisement

Buat penggemar wisata belanja, bandara bisa menjadi salah satu tempat menarik buat berbelanja, lho. Kayak di Bandara Kualanamu Medan misalnya, bagian dalam bandaranya udah gak beda dengan mal. Di sejumlah bandara internasional seperti Changi, Dubai, atau Hongkong, tersedia juga duty free shop alias toko bebas bea. Siapa tahu, kamu bisa menemukan suvenir incaranmu di sini dengan harga miring. Kalau enggak, sekadar window shopping pun gak ada salahnya, ‘kan?

4. Lounge yang tersedia jangan dibiarkan sia-sia. Manfaatkan untuk nongkrong cantik, siapa tahu ketemu makanan enak atau calon jodoh di sana

VIP Lounge

VIP Lounge via flightfox.com

Nongkrong-nongkrong cantik sekalian membunuh waktu pun bisa kamu lakukan di bandara. Kamu yang memegang tiket kelas bisnis maupun kelas satu, bakal dimanjakan dengan fasilitas VIP lounge ekslusif yang gratis dan nyaman. Gak memegang tiket kelas satu? Tenang, biasanya kamu masih bisa bersantai di ruang tunggu eksklusif ini dengan membayar sejumlah biaya.

Tak cuma VIP Lounge, di bandara juga tersedia beragam kafe maupun food court yang mungkin lebih terjangkau di kantong. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat alternatif buat nongkrong. Siapa tahu jodohmu nyasar ke sini.

5. Mengobrol dengan sesama calon penumpang juga menjadi kegiatan pembunuh waktu yang menyenangkan

Manfaatkan ruang tunggu untuk mencari teman ngobrol

Manfaatkan ruang tunggu untuk mencari teman ngobrol via www.wkujournalism.com

Gak cuma kamu doang yang sebal sama masa transit atau delay yang cukup lama. Sesama calon penumpang di sekitarmu mungkin juga merasakan hal yang sama. Coba deh kenalan dan ajak ngobrol salah satu, siapa tahu nyambung dan berbuah jadi obrolan ngalor ngidul yang menyenangkan dan membuat waktu terasa berjalan lebih cepat.

6. Masa penantian yang lama membuatmu berkesempatan jalan-jalan ke luar bandara. Temukan tempat menarik di sekitar sana dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Berpose mainstream di landmark terkenal yagn dilewati free city tour

Berpose mainstream di landmark terkenal yagn dilewati free city tour via www.travelcafe.ph

Kalau masa penantianmu cukup lama, gak ada salahnya mengeksplorasi tempat-tempat menarik di sekitar bandara. Atau, coba cari apakah bandara tersebut menyediakan fasilitas tur gratis selama delay atau transit. Di Changi misalnya, tersedia tur keliling kota gratis selama dua jam, lho.

7. Tak kalah dengan tempat-tempat wisata, hiruk-pikuk di bandara pun cukup menarik untuk diabadikan lewat lensa kamera

Semburat fajar di bandara

Semburat fajar di bandara via www.flickr.com

Buat kamu yang hobi motret, gak ada salahnya membunuh waktu dengan berburu foto di bandara. Bandara yang sibuk dengan hiruk pikuk manusia-manusia di dalamnya cukup menarik untuk diabadikan lewat lensa. Aktivitas dan ekspresi wajah-wajah asing ini bisa bercerita lebih banyak ketika kamu tangkap ke dalam frame. Selain itu, mengeksplorasi sudut-sudut cantik dari arsitektur bandara juga cukup seru buat dilakukan.

8. Terlalu lelah untuk melakukan itu semua? Tidur adalah alternatif yang bijaksana

Tidur aja deh

Tidur aja deh via luhtasela.wordpress.com

Kalau kebagian transit atau delay di malam hari, kamu mungkin terlalu lelah buat melakukan hal lain. Di saat seperti ini, tidur adalah alternatif yang bijaksana. Kamu bisa memanfaatkan bangku-bangku panjang di ruang tunggu atau menggelar sleeping bag di karpetnya.

Capek tapi gak bisa tidur? Manjakan dirimu lewat perawatan tubuh dengan spa dan pijat yang biasanya tersedia di dalam bandara.

Sekarang gak perlu menggerutu gara-gara kelamaan nunggu jadwal transit dan delay pesawatmu,’kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya