Indonesia yang tersusun atas beribu kepulauan ini memang memiliki kelebihan dibanding negara lainnya. Kamu harus berbangga hati, Gaes! Dari sekian banyak pulau yang tersebar dari Sabang hingga Marauke, nggak sedikit pulau kecil yang memiliki keindahan di atas rata-rata. Seenggaknya, bisa bikin kamu menganga deh melihat panorama yang ada di sana.

Mari simak, seperti apa pulau-pulau kecil nan memesona yang ada di Indonesia ini. Berikut yang bisa Hipwee Travel sajikan buat kamu, Travelers!

Dari ujung terbarat Nusantara, Pulau Weh di Aceh menjadi pulau terindah dengan Tugu Nol Kilometer dan kedua pantainya.

Area untuk snorkeling nih. Ajib!

Area untuk snorkeling nih. Ajib! via www.initempatwisata.com

Advertisement

Pulau terujung dari Nusantara ini memang layak masuk ke dalam daftar pulau terindah di Indonesia. Selain berdirinya Tugu Titik Nol Kilometer, di pulau ini juga memiliki dua pantai yang menawan. Pantai Teupin Layeu yang berpasir putih bersih dan sebuah pantai karang alias Pantai Teupin Sirkui. Tapi, cuma di Pantai Karang atau Pantai Teupin Sirkui kamu bisa berolahraga bahari loh, ya. Kalau mau tiduran, di pasir putihnya aja! Ajib, Gaes!

Salah satu destinasi favorit mendiang Paul Walker ternyata ada di Indonesia loh! Ternyata pantai di Pulau Mentawai selalu menjadi tambatan hati aktor Fast and Furious ini!

Pulau Mentawai.

Pulau Mentawai. via www.dronestagr.am

Pulau Mentawai memang terkenal memiliki ombak yang bagus untuk wisata bahari. Olahraga yang nggak boleh kamu lewatkan adalah surfing. Pantai di Pulau Mentawai merupakan surganya para surfer di Sumatera Barat. Pantas saja kalau mendiang Paul Walker menjadikan pantai di sini sebagai destinasi liburan favoritnya!

Negeri Laskar Pelangi ini memang memiliki keindahan yang nggak biasa. Selalu bisa bikin kamu pengin balik lagi ke sana.

Tanjung Kelayang, Belitung.

Tanjung Kelayang, Belitung. via www.asherwisatabangka.com

Pulau yang kian meroket karena sebuah buku dan film Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata ini memang benar-benar memiliki keindahan yang nggak terbantahkan. Pulau yang juga dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi ini ‘ditumbuhi’ bebatuan granit dengan berbagai ukuran di sekitar pantainya. Selain pantai, ada juga destinasi wisata unik lainnya, seperti Museum Kata Andrea Hirata.

Pulau Pahawang, primadona baru di Bandar Lampung. Dua pulau cantik yang siap membuang penatmu.

Pahawang Kecil

Pulau Pahawang Besar. via www.bersosial.com

Advertisement

Sebagai primadona baru di Bandar Lampung, Pulau Pahawang layak masuk ke dalam jajaran pulau indah di Indonesia. Terlebih, terdapat dua pulau Pahawang di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran ini. Pulau Pahawang Besar adalah spot terbaik untukmu snorkeling, yang sudah ramai rumah-rumah penduduk. Sementara untuk photo shoot, cobalah ke Pulau Pahawang Kecil. Sebab di sini masih sepi, nggak ada penghuni sama sekali. Cuma ada sebuah rumah, entah milik siapa, dan nggak pernah dihuni.

Pulau Pagang, pulau kecil nan cantik dari pesisir Sumatera Barat. Pulau ini berhasil mengalahkan kecantikan Pulau Sikuai loh!

Pulau Pagang, asri nan tenang.

Pulau Pagang, asri nan tenang. via pulaupagang.com

Pulau kecil yang berada nggak jauh dari Ibukota Padang ini memang memiliki pesona alam yang patut kamu sambangi. Berpasir putih dan berombak cukup tenang menjadikan pantai di pulau ini dinobatkan sebagai pulau tercantik di pesisir Sumatera Barat.

Ibukota juga mengirimkan wakilnya untuk sebuah pulau terindah di Indonesia. Pulau Onrust di Kepulauan Seribu punya wisata alam yang nggak biasa!

Pulau Onrust.

Pulau Onrust. via instagram.com

Salah satu pulau kecil dalam gugusan pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta ini ternyata menyimpan keindahan alam yang memesona. Selain pesisir pantainya yang bersih dan sering dijadikan spot memancing oleh para wisatawan, pulau ini juga menyimpan situs bersejarah peninggalan Belanda. Sebuah bangunan mirip pondasi sebuah mercusuar tertambat di tengah pulau ini. Coba deh, foto dengan latar belakang bangunan ini. Cantik banget! Dan nggak sedikit loh yang foto prewedd di pulau ini.

Tak perlu lagi meragukan kemolekan pulau raksasa Indonesia, Kalimantan. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya wisata bahari di Pulau Derawan.

Kapan ke sini, Kak?

Kapan ke sini, Kak? via instagram.com

Pulau Derawan yang berada di Kalimanatan Timur ini merupakan gugusan empat pulau yang terdiri dari Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Dari keempat pulau ini, begitu banyak wisata yang disajikan yang bisa kamu nikmati. Dari snorkeling, menanti sunset, diving, hingga jalan-jalan di perut pulau sampe gempor!

Tiga gugus pulau di sebelah utara Pulau Dewata kini menjadi sorotan para traveler; Pulau Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Peninda. Kamu suka yang mana?

Salah satu pantai di sudut Pulau Nusa Penida, Bali.

Salah satu pantai di sudut Pulau Nusa Penida, Bali. via conservenusapenida.wordpress.com

Berada di antara dua pulau, Pulau Nusa Peninda dan Pulau Nusa Lembongan, menjadikan Pulau Nusa Ceningan bagai intan di antara dua berlian. Nahloh! Panorama alamnya dari pesisir pantai berpasir putih inilah yang menjadi magis bagi para traveler untuk mengunjungi ketiga pulau ini. Ketiga pulau ini memiliki garis pantai yang nyaris sama, berpasir putih, dan bersuasana tenang. Oh, ya. Saat ini sudah ada sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Nusa Lembongan dengan pulau berluas sekitar 300 ha ini loh.

Pulau cantik berpasir merah muda ini berasal dari Indonesia loh! Pink Beach dari Pulau Komodo, 1 dari 7 pantai pasir merah muda di dunia.

Yang pasir merah, jangan sampai lolos!

Yang pasir merah, jangan sampai lolos! via zoomzoomlane.com

Apa yang harus kamu dustakan lagi, kalau melihat sebuah pulau dengan pantai membara di tanah Komodo ini? Tanah berwarna merah muda ini tercipta akibat pasir putih yang tercampur oleh serpihan karang, cangkakng kerang, kalsium karbonat dari biota laut, dan beberapa spesies pendukung lainnya. Nah, Begitu kamu menginjakkan kaki di Kawasan Taman Snorkeling Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, dijamin kamu nggak akan berhenti terkagum-kagum! Snorkeling dan diving menjadi agenda yang nggak boleh kamu lewatkan, karena di sini tersimpan ratusan biota laut yang menawan! Keep them safe, ya!

Bertetangga dengan Gili Trawangan, Gili Meno di Lombok juga menyimpan surga dunia yang menakjubkan!

Dari ketiga Gili yang ada di Pulau Lombok, sebenarnya Gili Meno-lah yang memiliki keindahan luar biasa. Ya, karena surga ini selalu tersembunyi dan jarang orang yang mengunjunginya, dibanding Gili Trawangan dan Gili Air. Kamu bisa loh berjalan mengelilingi pulau ini hanya dengan waktu 90 menit! Berjalan di pasir putih, suasana tenang yang bisa menyegarkan pikiran, dan panorama bawah laut yang menakjubkan!

Tak seseram namanya, Pulau Seram bagaikan intan di antara berbagai pulau kecil di Provinsi Maluku. Jangan pernah menyangsikan keindahannya!

Pantai Ora, Pulau Seram.

Pantai Ora, Pulau Seram. via www.ilmitour.com

Meski bernama Pulau Seram, ternyata pulau ini jauh dari kata Seram loh. Justru, pulau ini akan menjadi seram dan kelam kalau kamu atau traveler alay merusak biota alam yang ada di pulau ini. Pulau ini juga memiliki keindahan alam yang nggak kalah cantik. Biota laut di pantainya menjadi salah satu destinasi yang perlu kamu kunjungi. Apalagi spot snorkeling di desa Sawai yang terletak di kaki tebing kapur. Beuh! Cakep maksimal deh!

Berlayar ke ujung timur Nusantara, tengoklah Pulau Waigeo di Raja Ampat ini. Sepotong surga duniawi yang Tuhan ciptakan untuk umat manusia di Ibu Pertiwi!

Pasir putih dan gugusan pulau-pulau kecil Raja Ampat

Pasir putih dan gugusan pulau-pulau kecil Raja Ampat via www.indonesia.travel

Gugusan pulau di ujung timur Nusantara ini patut kamu banggakan! Karena, nggak cuma warga lokal saja yang suka berlibur ke Pulau Waigeo ini. Nggak sedikit turis asing yang melancong ke pulau yang beribukota di Raja Ampat ini. Di pulau ini terdapat sebuah pembudidayaan mutiara, yang sayangnya dikelola oleh negara tetangga, Australia. Hemm! Nah, di pantai pulau inilah surganya para  diver. Banyak sekali coral laut dan biota laut asing yang pasti jarang sekali kamu temui di laut manapun. Nggak percaya?

Nah, itulah 12 pulau yang terangkum dalam pulau-pulau terindah di Indonesia versi Hipwee Travel. Menurutmu, mana lagi pulau indah nan cantik yang ada di Indonesia? Masih banyak kan, ya. Tulis di kolom komentar ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya