Viral. Mungkin kata itulah yang menggambarkan hebohnya pramugari Garuda Indonesia yang ramai dibicarakan publik. Betapa tidak, gambar seorang pramugari Garuda Indonesia menggendong seorang nenek di dalam pesawat jadi pemandangan yang menentramkan hati. Setelah munculnya banyak masalah di dunia penerbangan akhir-akhir ini, potret pramugari menggendong nenek di pesawat bagaikan oase di padang pasir. Sejuk.

Apa yang sebenarnya terjadi sih dengan pramugari ini? Daripada bingung, yuk kita kepoin aja sama-sama…

Pada Sabtu, 7 Januari malam, netizen bernama Budi Soehardi mengunggah di akun Facebook-nya sebuah foto pramugari sedang menggendong nenek di dalam pesawat. Foto itu bikin rame dunia maya!

pramugari dan nenek

pramugari dan nenek via www.facebook.com

Advertisement

Jagad Facebook mendadak ramai dengan share foto sesosok pramugari Garuda Indonesia yang terlihat menggendong seorang nenek di kabin pesawat, Sabtu (7/1) malam. Foto ini pertama kali diunggah oleh akun Facebook, Budi Soehardi, mantan pilot yang kini melakukan pemberdayaan masyarakat di Nusa Tenggara Timur. Sejenak, posting-an seperti ini menyejukkan linimasa sosial media yang akhir-akhir ini kisruh berita hoax dan ribut-ribut Pilkada DKI.

Siapa sih sebenarnya pramugari ini, dan apa yang sedang ia lakukan?

luar biasa

luar biasa via www.facebook.com

Menurut penjelasan dari Vice President Corporate Communication, Benny S Butarbutar, pramugari yang bernama Vera ini membantu nenek yang sedang menunggu kursi roda. Diketahui Vera bertugas di pesawat ini GA 821 Kuala Lumpur-Jakarta.

“Ketika penumpang sudah keluar semua, terlihat seorang penumpang perempuan lanjut usia masih terduduk di kursi 41C dengan ditemani salah seorang anggota keluarganya. Tanpa menunggu lama, awak kabin Vera, mendatangi penumpang tersebut yang terlihat membutuhkan kursi roda untuk bisa keluar dari dalam pesawat,” jelas Benny seperti dikutip dari KompasTravel, Minggu (8/1/2017).

Advertisement

Dari obrolan singkat dengan sang nenek, diketahui bahwa ia merupakan rombongan umroh dan akan melanjutkan perjalanan berikutnya. Karena pramugari juga harus bersiap menuju penerbangan selanjutnya, maka Vera berinisatif untuk menggendong nenek menuju ke pintu pesawat. Tak lama kemudian, kursi roda pun datang.

Pantas saja Garuda Indonesia mendapat predikat World Best Cabin Crew dari Skytrax, lha pramugarinya kaya gini. Salut untuk pelayanan Garuda!

world best cabin crew

world best cabin crew via www.garuda-indonesia.com

Tak salah apabila Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen memberikan predikat prestisius, World Best Cabin Crew kepada Garuda Indonesia. Penghargaan ini sudah diterima Garuda untuk ketiga kalinya. Hal ini sesuai dengan prosedur pelayanan di maskapai plat merah ini untuk melayani dengan setulus hati. Kalau di maskapai lain, pramugari banyak yang terlibat skandal, semoga Garuda tetap mampu menjaga kredibilitasnya.

Tapi, ada juga netizen yang kritis dan mempertanyakan tentang fasilitas inflight wheelchair. Apakah maskapai di Indonesia nggak ramah penyandang disabilitas?

screenshot_2017-01-08-20-18-28

Tak semua netizen mengapresiasi, ada juga yang kritis terhadap sikap pramugari. Netizen bernama Surya Steve mempertanyakan kenapa tidak ada kursi roda di dalam kabin untuk para penyandang disabilitas. Karena jika terjadi apa-apa kepada si nenek, pramugari nantinya yang akan disalahkan. Akan tetapi jika terjadi apa-apa, ataupun cedera kepada pramugari, pramugari sendirilah yang akan menanggung karena itu atas pilihan sikapnya.

Mau bagaimanapun apresiasi tinggi patut diberikan pada Mbak Vera, pramugari yang baik hati ini. Cocok banget deh jadi istri idaman. Hihihi…

garuda indonesia

garuda indonesia via www.garuda-indonesia.com

Meski sederhana, sikap pramugari bernama Vera ini patut diacungi jempol. Dia membuktikan bahwa pelayanan kepada pelanggan adalah yang utama. Tidak banyak yang tulus ikhlas melakukan hal tersebut. Dan sikap tulus dan ikhlas dalam menolong sesama itulah yang seharusnya ada di kriteria istri idaman. Pastikan gebetan atau kekasih kamu punya karakter welas asih semacam itu. Kalau nggak, cari lagi aja deh kaya Mbak Vera. Hehehe.

Nah, sekarang giliran kamu. Yuk ciptain kebaikan-kebaikan kecil yang inspiratif. Awalnya kecil namun ketika dilandasi dengan niat tulus ikhlas, semangatnya pun membesar dan bermanfaat untuk banyak orang. Salut untuk pelayanannya, Garuda Indonesia!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya