Jadi Pemimpin Global untuk Safe Tourism, Turki Siap Sambut Wisatawan Musim Panas 2021

Turki safe tourism

Sejauh ini terdapat beberapa negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Dengan demikian, sektor pariwisata yang sempat terpukul telak pun mulai digelorakan kembali. Turki adalah salah satu negara tersebut. Negara di kawasan Mediterania ini kini bahkan dikenal sebagai pemimpin global untuk safe tourism atau pariwisata aman di tengah pandemi.

Advertisement

Predikat pemimpin global untuk safe tourism tersebut didapat setelah Turki meluncurkan Sertifikat Pariwisata Aman pada Juni 2020 lalu. Sertifikat tersebut berisi pernyataan bahwa Turki mematuhi standar keselamatan global untuk seluruh tempat yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari bandara, fasilitas akomodasi, restoran, kafe, pusat budaya, fasilitas seni dan kongres, hingga fasilitas hiburan.

Penerapan program Sertifikasi Pariwisata Aman, kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy, merupakan implementasi standar kemanan pariwisata yang paling sukses di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan kesuksesan Turki menyambut total 16 juta wisatawan dengan aman pada musim liburan di tahun 2020 lalu.

“Turki adalah salah satu negara pertama yang meluncurkan Program Sertifikasi Pariwisata Aman pada Juni 2020. Pada tahun 2020, Kami menerima 16 juta tamu di negara kami. Keamanan pariwisata merupakan prioritas utama kami selama setahun terakhir dengan program sertifikasi yang telah menjadi salah satu praktik terbaik di seluruh dunia,” kata Mehmet dalam keterangan tertulis, Rabu (26/5/2021).

Advertisement

Dengan berbagai langkah konkret untuk keamanan tingkat tinggi, Turki siap hadapi musim panas 2021

Salah satu sudut kota Artvin di timur laut Turki (dok. Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki) via www.hipwee.com

Tercatat hingga kini Sertifikat Pariwisata Aman telah diberikan otoritas Turki kepada lebih dari 9.800 bisnis. Bahkan mulai tahun 2021, otoritas Turki mewajibkan semua fasilitas akomodasi dengan kapasitas 30 tempat tidur ke atas untuk memiliki sertifikat tersebut. Selain itu, Turki juga telah memprioritaskan pekerja sektor pariwisata mengikuti program vaksin nasional.

“(Kami juga) meningkatkan frekuensi inspeksi untuk memastikan bisnis bersertifikat mempertahankan sertifikasi mereka. Dalam program vaksinasi nasional, lebih dari 27 juta dosis vaksin telah diberikan pada warga Turki hingga saat ini. Program vaksinasi, yang diprioritaskan pada pekerja pariwisata akan terus digencarkan di bulan Juni 2021,” lanjutnya.

Advertisement

Dengan berbagai langkah konkret tersebut, Mehmet menegaskan Turki siap menyambut wisatawan di musim panas 2021. Ia juga mengatakan kalau tahun 2021 akan menjadi tahun yang aman untuk musim pariwisata Turki, karena dipastikan 10.000 fasilitas wisata di seluruh wilayah Turki telah memiliki Sertifikat Pariwisata Aman.

“Turki adalah negara terdepan dalam bidang pariwisata yang aman tahun lalu. 2021 akan menjadi tahun dengan keamanan yang tinggi. Kami siap untuk menghadapi musim panas 2021 dengan lebih dari 10.000 fasilitas pariwisata yang bersertifikat di seluruh wilayah Turki,” tegas Mehmet.

Lebih lanjut disampaikan bahwa standar keselamatan yang telah dan terus dijalankan, akan diawasi oleh para duta besar berbagai negara di Turki. Hal ini, kata Mehmet, karena kementerian memiliki tujuan memastikan semua langkah-langkah pariwisata yang aman dapat dirasakan langsung oleh perwakilan misi luar negeri yang datang ke Turki.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE