Sikap romantis tak selalu harus ditunjukkan dengan candle light dinner dan memberi hadiah mahal. Mengajak pasanganmu menjelajahi tempat baru bisa juga menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selain menyegarkan pikiran yang suntuk karena rutinitas sehari-hari, dengan traveling berdua kamu akan lebih mudah mengenal satu sama lain.

Tapi nggak semua tempat cocok kamu jelajahi berdua. Kamu harus pintar-pintar memilih destinasi agar waktu kalian bersama tidak sia-sia. Jadi mana saja sih tempat-tempat yang bisa kalian datangi agar sah digelari pasangan romantis?

1. Goa Jomblang Yogyakarta adalah definisi kata ‘romantis’ yang sebenarnya. Agar lancar menjelajahinya, kalian harus bekerjasama sebagai tim dan mengandalkan satu sama lain

Goa Jomblang

Goa Jomblang via www.tamasyeah.com

Advertisement

Menghabiskan waktu bersama pacar pergi ke tempat romantis memang menyenangkan. Tapi gak ada salahnya kalau sesekali kamu juga mencoba kegiatan yang menantang adrenalin. Salah aktivitas yang bisa dilakukan untuk menguji keberanian sekaligus merekatkan hubungan kalian adalah dengan melakukan goa caving. Di Yogyakarta tepatnya di kawasan Gunung Kidul ada kawasan goa yang bernama Goa Jomblang. Goa ini menawarkan sensasi menjelajah perut gua dengan menggunakan tali yang diikatkan ke tubuhmu.

Setelah memakai perlengkapan dengan standar khusus, barulah kamu akan diturunkan secara perlahan di dalam gua. Letak keindahan berwisata di tempat ini adalah keunikan dan keindahan yang akan kamu lihat di dalam sana. Bahkan karena kecantikannya, acara sekelas Amazing Race America pun pernah melakukan pengambilan di sini. Cahaya matahari yang menyelinap ke dalam tembok gua turut pula menambah eksotisme di sana. Kamu dan kekasihmu bisa bersama-sama merasakan serunya menelusuri perut gua yang keindahannya akan menambah sisi romantisme dengan pengalaman berbeda.

2. Miliki pengalaman petualangan di Taman Nasional Baluran. Sembari menabung bulan madu di benua Afrika yang sebenarnya?

Baluraaan

Baluraaan via zulfikaralex.com

Tidak ada yang dapat menyangsikan keindahan Baluran. Taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini disebut-sebut sebagai “Afrika van Java” karena di sana terdapat padang rumput mirip dengan yang ada di Afrika, Di tempat tersebut, pengunjung disajikan pemandangan alam luar biasa yang sulit dicari tandingannya di tempat lainnya. Deretan vegetasi tumbuhan dan binatang yang menjadi penghuni tempat ini seolah berkolaborasi menyambut pengunjung yang ingin dimanjakan matanya dengan keanggunan alam nusantara.

Advertisement

Menyusuri savana Bekol dengan berjalan kaki sembari menikmati pemandangan yang ada di sana akan menyisakan kesan tersendiri. Menjadi saksi rusa-rusa yang berlarian di atas padang rumput tentu menjadi sajian tidak bisa kalian saksikan setiap hari. Di sinilah kamu dapat membuktikan betapa kayaknya flaura fauna yang ada di Indonesia. Jangan lupa untuk melihat sunset di Pantai Bama yang semakin menyempurnakan perjalanan kalian.

3. Wajib hukumnya bagi pasangan seromantis kalian untuk merasakan serunya berenang melawan arus di Green Canyon

Green Canyon

Green Canyon via denisugandi.com

Jika di Yogyakarta ada Goa Pindul sebagai tempatnya rafting paling dicari oleh wisatawan, maka di daerah Jawa Barat ada Green Canyon yang jadi incaran para penjelajah di wilayah tersebut. Di tempat ini kamu dapat melakukan kegiatan body rafting yakni menyusuri goa dengan menggunakan life vest. Cobalah pengalaman berenang di dalam goa yang pasti memberikan sensasi berbeda dari yang lainnya.

Berenang di sungai yang mengalir di antara dinding gua memang jadi tawaran menarik yang layak untuk dicoba. Kamu dan pasangan harus memasukkan kegiatan ini ke dalam daftar kegiatan yang patut dilakukan supaya hubungan kalian semakin berwarna. Kalau memang suka, kalian juga dapat mencoba rasanya melompat dari batuan stalagtit setinggi 8 meter yang ada di wisata ini,

4. Kalau ingin menguji level kekompakanmu bersama pacar, cobalah menjajal ketinggian Gunung Prau!

Gunung Prau adalah gunung yang terletak di daerah Wonosobo. Pada akhir pekan biasanya gunung ini akan ramai dikunjungi oleh para pendaki yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Memiliki ketinggian 2.565 mdpl, puncak Gunung Prau memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Ya, dari atas sini pengunjung dapat melihat betapa indahnya ukiran alam ciptaan Sang Maha Esa.

Tidak hanya cocok didaki bersama teman saja, Gunung Prau juga menjadi spot yang cocok untuk dijelajahi bersama kekasih hati. Trek pendakian yang harus ditempuh untuk sampai di puncak yang terkadang berliku, licin, dan curam bisa menguji kekompakanmu dengan pacar jika ingin sukses mencapai puncak bersama. Setelah menempuh perjalanan panjang, sajian ukiran alam di puncak menjadi hadiah tersendiri yang patut disyukuri.

5. Sekali seumur hidupmu cobalah untuk merasakan serunya camping di Pantai Klayar, Pacitan. Ambil gambar yang banyak, ya!

Pantai Klayar Pacitan akhir-akhir ini muncul sebagai primadona wisata di Jawa Timur. Keberadaan batu yang menyerupai bentuk patung sphinx di pantai menjadi salah satu daya tersendiri pantai yang memiliki debit ombak tinggi ini. Keindahan pantai Klayar tidak hanya cocok dinikmati dengan cara one day trip saja, tapi juga bisa dengan melakukan camping di sana.

Dengan melakukan camping kamu dapat menikmati suasana pantai Klayar yang terasa sangat romantis di malam hari. Taburan bintang di atas langit malam Pacitan tentu menjadi sajian yang sayang untuk dilewatkan. Akan tetapi bila kamu memang tertarik  untuk melakukan camping di sini jangan lupa membawa perlengkapan sendiri ya. Soalnya di daerah Pacitan, belum ada jasa penyewaan tenda yang tersedia.

6. Nikmati suasana malam Yogyakarta berdua, dengan berkeliling naik sepeda tandem di Alun-Alun Selatan

sepeda tandem

sepeda tandem via wisata.kompasiana.com

Kalau kamu berwisata Yogyakarta pergilah ke Alun-Alun Selatan. Tidak hanya bisa mencoba berbagai kuliner khas Kota Pelajar yang mampu menggoyang lidah. Di tempat ini, kamu juga bisa mencoba permainan sepeda tandem yang dihias dengan lampu-lampu berkelap-kelip. Bermain sepeda tandem adalah salah aktivitas seru yang bisa dicoba kala sedang berlibur kota wisata ini.

Biasanya untuk sekali bermain penjaja sepeda tandem akan menawarkan harga Rp20.000-Rp25.000 untuk tiga kali putaran. Kamu bisa menikmati berputar-putar di sekitar alun-alun sembari menikmati suasana malam yang semarak. Jangan lupa juga untuk mencoba sajian wedang ronde yang menghangatkan tubuh.

7. Selami pemandangan alam bawah laut di Pulau Seribu yang keanggunannya cocok untuk dijelajahi oleh pasangan muda seperti kalian

Karimun Jawa

Karimun Jawa via tebejowo.com

Penyuka wisata pantai yang tinggal di ibukota tidak perlu jauh-jauh berwisata ke luar kota untuk mencari pantai cantik karena di daerah Pulau Seribu ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. Ada Pulau Bidadari, Pramuka, Ayer, serta sederet pantai lainnya yang menunggu untuk dijamah.

Dengan menggunakan speedboat umumnya pantai-pantai cantik tersebut bisa dijangkau dalam waktu 45-60 menit. Tidak hanya pemandangan pantainya saja yang memanjakan mata namun alam bawah lautnya dijamin akan membuat siapa saja selalu ingin kembali ke sana. Menyelami keindahan kehidupan laut di Pulau Seribu akan membuatmu merasa beruntung pernah menjejakkan kaki di ana.

Dari beberapa kegiatan di atas, mana nih yang menurutmu paling menarik untuk dilakukan? Pesan Hipwee jangan lupa untuk mempersiapkan stamina dalam kondisi terbaik ya agar rencana traveling bersama pacar tidak batal karena terkendala faktor kesehatan.

Featured Image by: arsiyawenty.wordpress.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya