7 Kuliner Khas Kalimantan yang Harus Kamu Coba Jika Berkunjung ke Pulau 1000 Sungai Ini!

Kuliner Kalimantan

Apa yang terlintas di kepala SoHip jika ditanya soal Kalimantan? Mungkin akan muncul berbagai macam hal seperti orang utan, sungai Kapuas, suku Dayak, atau malah kamu teringat dengan cerita mistis hantu kuyang? Hahaha, Kalimantan emang punya beragam hal menarik sih!

Advertisement

Tetapi selain keindahan kota, sungai, dan hutannya yang misterius, sebenarnya Kalimantan juga memiliki banyak makanan khas yang mungkin baru pertama kali kamu dengar.  Buat kamu yang penasaran dan ingin punya rencana untuk menjelajah pulau 1000 sungai ini Hipwee udah nyiapin 7 rekomendasi makanan khas Kalimantan yang bisa kamu coba kalau mengunjungi pulau ini!

Hekeng, saudara jauh siomay yang gurih-guruh garing asli Kalimantan

Nah makanan pertama ini namanya hekeng, untuk bentuk dan rasanya kamu bisa bayangin siomay yang diproses dengan cara di goreng kali ya? Karena seperti siomay, tentunya hekeng menggunakan beberapa bahan sebagai campuran agar makanan ini terasa guruh dan nikmat. Ada banyak jenis isian hekeng, mulai dari udang, daging, hingga babi untuk hekeng non halal. Selain di goreng, hekeng juga disajikan dengan kuah asam manis atau pedas yang pastinya bisa menambah selera kamu dalam menyantap hekeng!

Chai kue, snack asli Pontianak yang mirip sama dimsum atau gyoza

Choi pan (atas) bersama hidangan khas Pontianak Lainnya | Foto oleh Fitri Penyalai via commons.wikimedia.org

Chai kue atau choi pan ini adalah salah satu makanan ringan khas kota Pontianak. Bentuknya mirip-mirip dimsum atau gyoza dengan isian lobak dan ebi, karena perpaduan isi yang unik ini, maka rasa yang dimiliki makanan ini juga unik, tapi tenang, tetap enak kok SoHip rasanya! Chai Kue ini biasanya disantap dengan sambal pedas asam, biar lebih nikmat!

Advertisement

Ketupat kandangan, ketupat anti mainstream yang makannya pake ikan kuah santan, bukan opor ayam

Ketupat kandangan beserta ikan yang menyertainya | Foto oleh Midori via commons.wikimedia.org

Ketupat hipster ini adalah salah satu makanan otentik yang wajib hukumnya buat SoHip cobain kalau berkunjung ke Kalimantan!. Ketupat ini nggak dimakan dengan daging atau opor ayam seperti ketupat kebanyakan, tetapi menggunakan ikan panggang dan kuah santan rempah yang rasanya gurih-gurih mantap! Ikan yang dipakai untuk sajian ini biasanya adalah ikan gabus, jadi ikannya pasti juicy dan lembut!

Juhu umbut sawit, sayur yang bahan dasarnya kelapa, ajaib, tapi rasanya tetep ajib!

Nah kalau sayur yang satu ini masih termasuk golongan yang anti mainstream! Sayur ini memiliki bahan dasar berupa pohon kelapa muda atau umbut, sebuah bahan dasar yang agak-agak janggal karena nggak ditemukan di daerah lain! Masakah khas masyarakat Dayak ini selain memang sepintas seperti sayur rebung, tapi jangan salah karena bahan dasarnya tidak biasa makanya makanan ini punya rasa yang juga unik!

Iwak pakasam, ikan yang diawetkan dengan garam dan dan beras ketan sebelum di goreng

Iwak pakasam yang sudah di goreng | Foto oleh Ezagren via commons.wikimedia.org

Advertisement

Kalau yang ini sebenarnya ikan goreng, tetapi sebelum menjadi ikan goreng seutuhnya, iwak pakasam harus melalui proses yang uni nih SoHIp! Ikan air tawar yang biasanya menjadi bahan dasar makanan ini (biasanya ikan gabus, mangki, atau separ) akan difermentasi terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu garam, beras ketan, dan rempah-rempah. Setelah proses fermentasi selesai, maka ikan siap dikonsumsi dengan cara di goreng. Karena udah di fermentasi, tentu saja rasa bumbu yang dimiliki ikan ini meresap sampai ke dalam dan membuat daging ikan terasa gurih!

Kerupuk basah, saudara jauh pempek yang terpisah pulau

Dilihat bentuknya mirip pempek, rasanya juga mirip pempek, tapi namanya kerupuk basah, makanan khas Kalimantan Barat! Makanan yang berbahan dasar ikan toman atau ikan belida ini sangat digandrungi di daerah Kalimantan Barat dan mudah banget ditemui, bahkan di pinggir jalan. Karena cara penyajiannya dikukus, maka makanan ini punya tekstur kenyal dan biasa disajikan dengan sambal sebagai penggugah rasa

Soto Banjar, soto asli Kalimantan yang sudah kesohor di seluruh Indonesia

Soto Banjar yang siap dinikmati | Foto oleh Crisco 1492 via commons.wikimedia.org

Soto asli Kalimantan Selatan ini udah tersohor di seluruh Indonesia sebagai salah satu kuliner khas pulau Kalimantan. Soto kuah bening yang punya isi suwiran ayam dan dihidangkan dengan ketupat ini memiliki cita rasa yang unik. Rasa unik ini hadir dari salah satu rempah yang digunakan yaitu kayu manis. Perpaduan kayu manis dan kuah soto yang segar menjadikan makanan ini sangat lezat dan harus SoHip coba jika sedang berkunjung ke Kalimantan!

Nah SoHip, itulah beberapa kuliner yang  wajib kamu cobain jika sedang mengunjungi Kalimantan. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu lebih mengenal lagi makanan khas berbagai daerah di Indonesia dan bisa mengeksplorasinya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE