Menelusuri Desa Tak Berpenghuni Terduga Lokasi KKN Desa Penari. Benarkah Mereka KKN di Sini?

Lokasi KKN Desa Penari

KKN Desa Penari masih terus diperbincangkan hingga kini. Mulai dari adaptasi ke novel hingga permintaan netizen untuk dibikin film. Lalu masih banyak pula yang mencari tahu lokasi detailnya. Hal yang paling gila adalah, netizen pun mencoba mencari tahu identitas di balik nama Nur, Widya, Ayu, Bima, Wahyu dan Anton. Kayanya sampai semua terungkap, netizen nggak akan berhenti sih.

Advertisement

Terakhir, beberapa orang pun sudah disinyalir menemukan desa Penari yang konon ditinggal penghuninya itu. Tak jauh dari Rawa Bayu terdapat kampung yang sudah tidak berpenghuni. Apakah benar desa yang tinggal puing-puing itu adalah desa di KKN Desa Penari?

Ada sebuah kelompok pemuda yang berada di balik akun Youtube Mirror Genk melakukan investigasi untuk menemukan desa Penari yang didatangi KKN 2009 lalu

Rasa penasaran netizen cukup besar terkait lokasi KKN Desa Penari ini. Banyak banget Youtuber mencari lokasi ini demi kebutuhan kontennya. Lumayan mumpung lagi hype yang liat bakal banyak. Salah satunya Youtuber bernama Mirror Genk ini yang merupakan sekelompok pemuda lokal Banyuwangi yang tergerak mencari lokasi KKN Desa Penari. Meskipun telah disamarkan sedemikian rupa, namun rasa penasaran netizen jauh lebih besar. Menemukan lokasi desa ini pun tinggal menunggu waktu.

Mirror Genk menemukan desa Darungan yang lokasinya persis seperti di deskripsi SimpleMan dalam cerita KKN Desa Penari

desa tanpa penghuni via www.youtube.com

Rawa Bayu muncul jadi lokasi yang disinyalir jadi tempat KKN Desa Penari. Ada sendang dan juga pemandian di sana. Lokasinya juga berada di dalam hutan. Cukup mirip dengan lokasi. Meski diklarifikasi SimpleMan kalau itu bukan lokasinya tetap saja banyak yang tetap berasumsi Rawa Bayu lah tempatnya karena lokasi tersebut juga terbilang mistis.

Advertisement

Namun, tak jauh dari Rawa Bayu, sekitar 2 km masuk ke dalam hutan ternyata ada jalan setapak yang ditelusuri merupakan jalur menuju sebuah dusun atau kampung. Jalurnya sangat kecil dan nggak bisa dilewatin mobil, motor pun agak kesulitan masuk ke sana. Kampung itu bernama Pendarungan atau disebut Darungan. SimpleMan juga menyebut lokasinya di hutan D, bisa dianggap hutan Darungan. Di sana terdapat beberapa bangunan rumah yang sudah mangkrak dan tidak ditinggali. Tidak banyak rumah di sana, namun menyiratkan sebuah perkampungan kecil di masa lalu.

Menurut narasumber yang merupakan warga terdekat, kampung ini sudah ditinggalkan sejak 10 tahun lalu. Tepat persis ketika kejadian tragis KKN Desa Penari

desa yang ditinggalkan via www.youtube.com

Kampung Darungan ini sudah tidak berpenghuni sama sekali. Sebenarnya masih ada kampung lain yang jaraknya sekitar 2 km dari lokasi yakni kampung Bujuk, Sebani dan Arjosari. Namun kebanyakan sudah tinggal puing bahkan rata dengan tanah. Kampung Darungan inilah yang paling terakhir ditinggalkan. Dahulunya ada 300 keluarga di kampung-kampung ini. Namun kini tidak ada yang tersisa selain puing-puingnya saja.

Advertisement

Menurut narasumber yang juga merupakan penduduk terdekat dari kampung tersebut, penduduk Darungan pindah sejak tahun 2000-an, dan terakhir tahun 2009. Dari waktunya saja sudah cukup relevan dengan kisah KKN di Desa Penari. Hanya saja belum ditemukan sendang dan sanggar tempat Badarawuhi bersemayam. Karena kemalaman, mereka belum sempat mengeksplorasi lebih lanjut.

Menurut kamu gimana nih? Apakah benar desa yang ditinggalkan ini merupakan lokasi KKN Desa Penari? Netizen kalau udah penasaran nekat juga ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE