Midnight Sun, Saat Matahari Bersinar 24 Jam Nonstop di Norwegia. Tengah Malam Berasa Siang Hari!

Midnight Sun Norwegia

Tinggal di negara 4 musim memang sepertinya mengasyikkan ya. Kamu bisa merasakan musim dingin dengan salju di mana-mana. Selain itu bisa merasakan musim semi dan musim gugur yang menjanjikan pemandangan taman dan bunga yang cantik. Buat yang pengen cuaca cerah, kamu bisa menikmatinya di musim panas. Terlihat menyenangkan ya tinggal di negara-negara tersebut.

Advertisement

Tapi sebenarnya repot lho tinggal di negeri beriklim subtropis alias negeri 4 musim. Bayangin aja, di musim dingin harus siap suhu minus. Bahkan di negara Skandinavia bisa mencapai -20 derajat Celcius. Nah di musim panas suhu sangat panas. Agak sulit beradaptasi dengan kondisi iklim yang berubah tiap 3 bulan itu. Apalagi kalau mendekati sumbu ekstremnya. Salah satu fenomena unik di negeri 4 musim, terutama di negara Skandinavia terdapat midnight sun. Musim di mana tidak ada malam hari meski tengah malam sekalipun. Lho kok bisa?

Di negara yang berlokasi dekat dengan kutub utara, ada fenomena Midnight Sun yang cukup unik. Di musim panas, tidak ada malam sama sekali karena matahari tidak terbenam

midnight sun via www.wallpaperflare.com

Midnight Sun adalah fenomena saat hadirnya matahari sepanjang hari, bahkan sampai malam hari. Jadi meskipun tengah malam, suasana masih tampak terang dan seolah matahari berhenti pada pukul 15.00. Menjelang dini hari pun masih terlihat seperti sore hari. Matahari bersinar cerah sepanjang hari selama 24 jam nonstop. Hal ini terjadi di beberapa negara yang lokasinya dekat dengan kutub utara.

Salah satu negara yang mengalami Midnight Sun adalah Norwegia. Kota Tromso sudah biasa dengan fenomena tersebut

tromso norwegia via travel.detik.com

Dalam setahun Norwegia akan kebagian Midnight Sun selama 2 bulan lamanya. Waktunya tepat di musim panas, yaitu pertengahan Mei hingga pertengahan Juli. Di musim panas tersebut, tidak ada malam hari di Tromso, salah satu kota di Norwegia. Setelah jam 3 sore waktu seolah berhenti sampai 12 jam kemudian sampai di pagi hari berikutnya. Sepanjang hari matahari menyinari kota dan warga pun senang berada di luar rumah. Bisa dibayangkan senengnya warga yang sering kena suhu dingin ketika mendapat matahari sepanjang hari.

Midnight Sun jadi ide wisata yang menarik di Norwegia. Jika kamu berencana liburan ke sana, pilihlah musim panas ya!

midnight sun via www.ayresadventures.com

Midnight Sun pasti jadi pilihan wisata yang menarik bagi negara-negara Asia terutama yang beriklim tropis. Seru banget pastinya menyaksikan dunia tanpa malam hari sehingga langit tetap terang meski dini hari. Apalagi bunga-bunga bermekaran di sana karena mendapat cahaya matahari yang cukup sepanjang hari. Cocok juga untuk menelusuri jalanan kota Tromso. Cuma agak repot jam sholat aja sih ya, hehehe.

Tertarik menikmati Midnight Sun di Norwegia?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE