10 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Jogja, Dari Suasana yang Seru hingga Syahdu

tempat ngabuburit di Jogja

Jogja emang selalu ngangenin ya bagi siapapun yang pernah tinggal di sana. Bagi orang-orang yang pernah kuliah atau menetap di Jogja, momen ngabuburit menjadi ajang yang tepat untuk menghabiskan waktu di tempat-tempat dengan suasana yang asyik, entah itu ke tempat wisata atau masjid yang menyediakan buka puasa gratis.

Advertisement

Meski begitu, kebanyakan lebih memilih pergi ke tempat wisata untuk ngabuburit, lalu dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan teman-temannya. Kalau kamu suka yang gimana? Cari gratisan atau cari spot yang asyik buat nunggu buka? Nah, Hipwee Travel kali ini akan kasih 10 ide tempat ngabuburit buat siapapun kamu yang tengah berpuasa di Jogja.

1. Mencoba paralayang di Parangendog kece juga buat ngabuburit. Kalau nggak berani duduk-duduk aja menanti senja

tempat ngabuburit di jogja

bukit paralayang | Photo by Instagram @buruhphoto

Parangendog menyediakan fasilitas paralayang buat kamu yang pengen coba ngerasain paralayang di atas pantai Parangtritis. Tapi kalau kamu takut nggak masalah sih, bisa nongkrong santai saja sambil menanti senja. Di sini juga ada beraneka macam jajanan yang bisa kamu nikmati saat waktu buka puasa sudah tiba, lho. Pasti suasananya sangat syahdu ditemani pemandangan pantai dan senja!

2. Masih soal senja, menanti berbuka di candi Ijo bakalan asyik sih sembari menyaksikan pesawat yang landing di bandara Adisucipto

candi ijo | Photo by www.alodiatour.com

Candi Ijo adalah candi yang berada pada lokasi tertinggi di Jogja. Lokasinya di atas bukit sehingga bisa menyaksikan panorama kota Jogja dan Prambanan. Ngabuburit di candi Ijo Jogja tentu jadi momen yang mengasyikkan bagi kamu dan teman-temanmu atau bersama sang kekasih. Kamu bakalan ditemani pesawat yang take off dan landing. Syahdunya~. Meski begitu, jika kamu datang saat masa pandemi seperti saat ini, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di sana, ya!

Advertisement

3. Ngabuburit di Bukit Bintang oke juga. Nunggu buka sambil menatap kerlap kerlip lampu kota

bukit bintang | Photo by www.alodiatour.com

Buat kamu yang pengen nyari tempat seru buat ngabuburit bisa cobain Bukit Bintang di Patuk Gunungkidul. Ketika jelang maghrib tiba, lampu-lampu kota menyala dan bikin pemandangan di sini sangat indah. Buka puasa juga gampang karena banyak warung makan.

4. Masjid Kauman Jogja, suasana keagamaan begitu kental di kawasan ini. Kalau datang di hari Kamis dapat gulai kambing lho

tempat ngabuburit di jogja

masjid kauman jogja | Photo by mblusuk.com

Ngabuburit berfaedah tentu saja di kawasan masjid, ya. Masjid Kauman di barat alun-alun utara Jogja jadi salah satu tempat ngabuburit yang perlu kamu datangi. Setiap hari ada buka bersama gratis buat kamu semua. Khusus hari Kamis menunya gulai kambing, lho. Jangan lewatkan!

5. Agak bergeser ke barat, menikmati keindahan pantai Glagah saat senja ditemani lalu lalang pesawat di bandara baru Yogyakarta International Airport bakal seru banget sih

tempat ngabuburit di jogja

sunset di glagah | Credit Instagram @pristober

Bandara baru YIA baru saja dibuka. Kamu bisa menyaksikan lalu lalang pesawat di udara ketika akan memasuki bandara ini dari pantai Glagah yang tak jauh dari bandara. Apalagi ada sunset yang indah yang bisa disaksikan dari sana. Ngabuburit pun bisa kamu lakuin di salah satu pantai Jogja ini. Dijamin, suasananya sangat syahdu dan asyik. Kalau perlu, bawa bekal sendiri juga boleh, kok. Akan tetapi, tetap patuhi protokol kesehatan, ya, saat masa pandemi.

Advertisement

6. Ngabuburit sekalian camping di akhir pekan kayanya seru juga tuh. Lokasinya di Bukit Kosakora, Gunungkidul

ngabuburit di jogja

puncak kosakora | Photo by masbidintravel.net

Bulan puasa tetep bisa liburan kok. Cobalah ajak temen-temenmu camping di bukit Kosakora mulai dari ngabuburit, sampai menginap di sana. Esok pagi setelah sahur baru kembali ke rumah. Menarik, kan?

7. Gumuk pasir di Parangkusumo bisa jadi alternatif ngabuburit seru di Bantul

gumuk pasir parangkusumo | Photo by www.jejakpiknik.com

Berpuasa dan bermain di padang pasir ala Parangkusumo tentu terasa kaya di Timur Tengah. Hehehe. Salah satu tempat unik di Jogja ini wajib jadi opsi kamu untuk ngabuburit bersama teman-teman. Pasalnya, di Gumuk Pasir Parangkusumo kamu juga bisa, lho, bermain sandboarding. Nggak cuman itu, kamu juga bisa sambil hunting foto untuk di-upload di Instagram. Mantep banget deh!

8. Kampung Ramadan Jogokaryan harus jadi bucketlist kamu kalau lagi puasa di Jogja. Lengkap banget kalau buat berbuka puasa

tempat ngabuburit di jogja

kampung ramadan jogokaryan | Photo by indonesiainside.id

Kampung Jogokaryan dikenal sebagai kampung yang sangat islami di Jogja. Setiap tahunnya ada kampung ramadan Jogokaryan di mana terdapat 200-an pedagang yang aktif menjual berbagai jenis takjil hingga pakaian muslim dan kebutuhan sholat. Pokoknya lengkap banget deh, apalagi kudapan untuk buka puasa.

9. Lembah UGM jadi tempat ngabuburit yang paling banyak kenangannya bagi mahasiswa yang dulunya kuliah di Jogja

jajanan lembah ugm | Photo by bonvoyagejogja.com

Pada masa jayanya, lembah UGM berisi full penjual makanan serba ada untuk berbuka puasa. Tempat ini jadi opsi andalan bagi mahasiswa di Jogja untuk ngabuburit bersama teman-temannya. Namun, kini lembah UGM tidak semeriah dulu karena banyak jalur yang ditutup UGM.

10. Seven Sky, menunggu sunset dan berbuka puasa dari pusat kota Jogja. Salah satu tempat nongkrong hits di Jogja

tempat ngabuburit di jogja

seven sky | Photo by explorewisata.com

Nikmati sunset nan cantik dan suasana tongkrongan yang asyik di Seven Sky, rooftop Mall Lippo Plaza. Lokasinya yang berada di rooftop menyajikan pemandangan kota Jogja yang cantik. Ada spot foto instagramable juga.

Nah, sudah ada 10 pilihan tempat ngabuburit di Jogja yang asyik-asyik nih dari Hipwee. Kira-kira kamu bakalan pergi ke mana untuk ngabuburit hari ini? Pastikan, saat pergi tetap memakai masker dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya, selama masa pandemi!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE