Panduan New Normal Buat Kamu yang Mau Staycation di Hotel. 5 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Panduan New Normal Menginap di Hotel

Masa pandemi Corona bikin orang nggak bepergian ke luar kota maupun tempat wisata. Akhirnya sektor pariwisata jatuh ke titik nadir dan sulit untuk bangkit. Hal ini tentunya berdampak secara langsung pada industri perhotelan. Hotel-hotel terdampak karena tidak ada wisatawan yang datang di masa pandemi. Alhasil, banyak hotel yang tutup beberapa bulan terakhir.

Advertisement

Memasuki bulan Juli, beberapa negara telah mulai membuka pariwisata. Di Indonesia sendiri, tempat wisata akan dibuka secara perlahan sehingga lambat laun hotel akan beroperasi dengan normal. Memang sih, di masa pandemi ini agak riskan menginap di hotel. Tapi kamu yang mau staycation setidaknya mengikuti panduan ‘new normal’ agar tetap bisa enjoy menikmati hotel tanpa khawatir tertular virus Corona.

Pertama, hindari kerumunan di lobby hotel. Duduklah dulu di kursi sembari menjaga jarak dengan tamu lain

lobby hotel via venuemagz.com

Lobby hotel merupakan lokasi yang biasanya cukup ramai dengan pengunjung yang lalu lalang. Sebisa mungkin hindari kerumunan dan jaga jarak saat check in. Ketika menyerahkan dokumen seperti KTP lalu menerima kunci, ada baiknya kamu segera mencuci tangan kembali. Segera setelah mendapat kunci lalu bergegas menuju ke kamar. Pencet tombol lift dengan punggung tangan atau siku.

Saat masuk kamar, cek dulu sprei dan kebersihan ruangan. Jangan ragu minta ganti sprei bila tampak berdebu atau kotor

perhatikan kebersihan kamar via www.99.co

Kini saatnya kamu harus ‘bawel’ sebagai tamu. Cek dulu kebersihan kamar, mulai dari kasur, sofa, gelas minum dan juga alasnya. Usapkan 1 jari tangan di masing-masing barang. Sehabis itu cuci tangan lagi. Jika tampak masih berdebu nggak usah malu minta sprei baru atau bantal baru. Jangan sungkan karena memang tak semua sprei di hotel diganti setiap harinya. Cuci ulang gelas dan sendok yang tersedia di kamar.

Gunakan selalu masker dan rutin cuci tangan setiap keluar masuk kamar

mbak maskernya dipake dong~ via nusadaily.com

Meskipun klise, namun anjuran penggunaan masker memang dirasa sangatlah penting apalagi jika berinteraksi dengan banyak orang yang tidak dikenal. Saat keluar masuk kamar jangan lupa masker selalu dipakai ya. Hal ini dikarenakan kamu akan bertemu orang lain di lift, berpapasan di lorong, atau bertemu di tempat makan. So, masker jangan sampai kelupaan. Saat masuk ke kamar juga selalu cuci tangan terlebih dahulu.

Jika sarapan disediakan oleh hotel, usahakan datang di awal waktu terutama saat baru dikeluarkan. Lebih baik jika minta petugas hotel membawa ke kamar

sebisa mungkin pesan sarapan di kamar via www.klikdokter.com

Sarapan di hotel biasanya disajikan dengan konsep ala prasmanan. Nah, tentu konsep ini cukup berbahaya jika untuk melayani tamu hotel yang beraneka macam. Biar aman, kamu datang aja lebih awal sehingga kamu bisa jadi orang pertama yang sarapan. Kalau males bangun pagi ya udah sih telpon aja minta diantar ke kamar. Simpel kan?

Hindari penggunaan kolam renang hotel. Kamu tidak tahu kan siapa saja yang sudah masuk ke sana. Termasuk juga pusat kebugaran jika ada

Advertisement

hindari kolam renang via www.agoda.com

Paling seru sih emang renang di hotel saat pagi hari sembari menunggu sarapan. Atau sore hari ketika menunggu senja. tapi di masa new normal ini, sebaiknya tunda dulu deh keinginan nyebur ke dalam kolam renang, apalagi kolam renang hotel. Kita tidak pernah tau siapa yang sudah nyemplung ke sana dan riwayat kesehatannya bukan? Ya meskipun airnya diganti terus tapi tau sendiri kan banyak cairan tubuh ke luar saat sedang berenang?

Jika kamu mau staycation, ya udah nggak masalah. Yang penting jauhi kerumunan dan jaga kebersihan ya. Tetap enjoy liburan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE